Hubungan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar PKN pada siswa SMP Negeri 17 Malang / Bimma Rindra Mahindra

Main Author: Mahindra, Bimma Rindra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/51475/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMahindraBimmaRindra.2009.HubunganKeaktifanBelajarTerhadapPrestasiBelajarPKnPadaSiswaSMPNegeri17Malang.SkripsiProgramStudiS1PendidikanPancasiladanKewarganegaraanJurusanHukumdanKewarganegaraanFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.YayikSayektiSHM.Hum(2)Dra.SriUntariM.SiKataKunciKeaktifanbelajarsiswaprestasibelajarPKnKeaktifanbelajarmerupakansalahsatudaribanyakfaktoryangmempengaruhiprestasibelajarsiswa.UntukmengetahuihubunganantarakeeaktifanbelajardenganprestasibelajarsiswaSMPNegeri17Malangmakadilakukanpenelitianini.Adapuntujuanpenelitianiniadalahuntuk(1)menjelaskankeaktifanbelajarsiswapadamatapelajaranPKndiSMPNegeri17Malangtahunajaran2008-2009(2)mendeskripsikanprestasibelajarPKnsiswaSMPNegeri17Malang(3)mengetahuihubunganantarakeaktifanbelajarsiswadenganprestasibelajarPKnpadasiswaSMPNegeri17Malang.PenelitianinidilakukandiSMPNegeri17Malang.Variabelbebasdalampenelitianinikeaktifanbelajarsiswa(X)sedangkanvariabelterikatnyaadalahprestasibelajarPKn(Y).Jenispenelitianiniadalahdeskriptifkorelasional.SubyekpenelitianiniadalahsiswasiswiSMPNegeri17Malangpadasemester1tahunpelajaran2008/2009.Populasipenelitianiniberjumlah756siswadansampelberjumlah100siswa.TeknikpengambilansampelyangdigunakanadalahProporsionalRandomSamplingteknikacakyangmemanfaatkansubjek-subjekyangada/tersediasebatasyangditemukanolehpenelititanparencanaterlebihdulumengenaisampleyangdiambilitu.Untukmengujikelayakaninstrumendigunakanujivaliditasdanreliabilitas.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanangketdandokumentasi.Penelitianinimenggunakanteknikanalisisdeskriptifdananalisiskorelasional.KeseluruhananalisisinimenggunakanbantuanprogramSPSS15.0forWindows.Berdasarkandistribusifrekuensirata-ratanilairaporsiswakelasVIIVIIIdanIXdapatdilihatbahwaprestasipelajaranPKnsiswadapatdikatakanbaiksecarakeseluruhan.Darijawabanrespondenyangmenjawabkuesioner/angketternyatapenyikapansiswaSMPNegeri17MalangpadapelajaranPKnbiasa-biasasajaataudalamhalinidapatdikatakancukupmendukungdalampembelajaranPKn.BerdasarkandatayangdiperolehdapatdiketahuiprosentasetertinggikeaktifanbelajarsiswapadamatapelajaranPKnberdasarkantempatbelajaryaitusebesar51%sedangkanprosentasekeaktifanbelajarterendahyaitukekatifanbelajarberdasarkanwaktuyaitusebesar0%.DaridatatersebutmakakeaktifanbelajarsiswaSMPNegeri17MalangdapatdikatakanBaik.BerdasarkandatayangdiperolehuntukPrestasibelajarPKnrata-ratamencapai7.79%sehinggadapatpuladikatakanbahwaprestasibelajarPKndiSMPNegeri17MalangadalahBaik.DaridatayangdipaparkanbahwarhitunglebihbesardarirtabelmakadapatdisimpulkanbahwaHayangberbunyiterdapathubunganpositifyangsignifikanantarakeaktifanbelajarpadamatapelajaranPKnterhadapprestasibelajarPKnditerima.Penelitianinidapatdisimpulkan(1)BerdasarkandatahasilpenelitiankeaktifanbelajarsiswaSMPNegeri17Malangmenunjukkanbahwasebanyak5siswa(5%)siswakeaktifanbelajaryangdimilikiadalahsangatbaiksebanyak43siswa(43%)memilikikeaktifanbelajaryangbaik40siswa(40%)kurangbaikdalamkeaktifanbelajar11siswa(11%)menyatakantidakbaikdalamkeaktifanbelajardan1siswa(1%)beradapadaklasifikasisangattidakbaik.DariketerangandiatasdapatdisimpulkanbahwasiswaSMPNegeri17Malangmemilikikeaktifanbelajaryangbaik(2)Hasilkesimpulananalisisprestasibelajarpadapenelitianiniyangdiambildaridokumentasiraportsiswayangdiukurmenggunakannilairata-ratahasilbelajarsiswapadasemesterganjiltahunpelajaran2008/2009diperolehprosentasesebanyak6900(69%)dari69siswaberadapadakriteriabaiksehinggadapatdisimpulkanbahwaprestasibelajarPKnsiswaSMPN17Malangadalahbaik(3)Dengannilaiprobabilitas005yakni000danrhitung(0762)rtabel(0195)makaHoditolakdanHiditerima.Artinyaadahubunganpositif(0762)dankuat(karena05)antaravariabelKeaktifanBelajarSiswa(X)danPrestasiBelajarPKn(Y).SemakintinggiKeaktifanBelajarSiswa(X)makaPrestasiBelajarPKn(Y)akansemakintinggipula.Berdasarkansimpulandiatasmakadikemukakansaransebagaiberikut(1)Bagilembagasekolahhendaknyakepalasekolahmembuatkebijaksanaanuntukselalumenjagahubungankomunikasiyangbaikdenganorangtua/wali.(2)BagiguruhendaknyatidakhanyaberfungsisebagaipenyampaimateripelajaransajatetapijugamemberikanbimbingandanmotivasikepadasiswanyahalinidimaksudkanagarpenyikapansiswaterhadappelajaranPKnlebihbaiklagi.(3)Bagipenelitiselanjutnyapenelitisebaiknyamenggunakanprosentasesampleyanglebihbanyakagardatayangdiperolehlebihrepresentative