Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di rintisan sekolah bertaraf internasional ( Studi kasus di SMP negeri 1 Bojonegoro ) / Dewi Wahyuningtyas

Main Author: Wahyuningtyas, Dewi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/51466/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKWahyuningtiasDewi.2009.PembelajaranPendidikanKewarganegaraandiRintisanSekolahBertarafInternasional(StudiKasusdiSMPNegeri1Bondowoso).SkripsiProdiPendidikanPancasiladanKewarganegaraanJurusanHukumdanKewarganegaraanFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.SuparlanM.Si(II)Dra.SriUntariM.Si.KatakuncipembelajaranPendidikanKewarganegaraanRintisanSekolahBertarafInternasional(RSBI)SalahsatuupayauntukmenyelenggarakanpendidikanyangbermutusebagaimanadiamanatkanolehUndang-UndangNomor20tahun2003tentangSistemPendidikanNasionalpadapasal50ayat(3)yakniPemerintahdan/atauPemerintahDaerahmenyelenggarakansekurang-kurangnyasatusatuanpendidikanpadasemuajenjangpendidikanuntukdikembangkanmenjadisekolahbertarafinternasional.MeskipunsecaraformalbelumdinamakanSekolah/MadrasahBertarafInternasionalsaatinisejumlahsekolahdiIndonesiatelahmelakukanrintisankearahSekolah/MadrasahBertarafInternasional.SesuaiamanatUndang-UndangNomor20tahun2003tentangSistemPendidikanNasionalpasal37ayat(1)yangmenyebutkanKurikulumpendidikandasardanmenengahwajibmemuatsalahsatunyaPendidikanKewarganegaraanmakadalamkerangkapenyelenggaraanpendidikannasionalPendidikanKewarganegaraanmenempatikedudukanyangsentral.OlehkarenaituuntukmemenuhistandarpenyelenggaraanSekolah/MadrasahBertarafInternasionalmakapembelajaranPendidikanKewarganegaraandiRintisanSekolah/MadrasahBertarafInternasionalseharusnyamulaibahkantelahmemenuhiStandarProsesyangdiisyaratkanolehStandarPendidikanNasionaldandiaturlebihlanjutdalamPeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor41Tahun2007tentangStandarProsesuntukPendidikanDasardanMenengah.Penelitianinimerumuskanmasalahsebagaiberikut.(1)BagaimanaperencanaanprosespembelajaranPendidikanKewarganegaraandiRintisanSekolahBertarafInternasionalSMPNegeri1Bondowoso(2)BagaimanapelaksanaanprosespembelajaranPendidikanKewarganegaraandiRintisanSekolahBertarafInternasionalSMPNegeri1Bondowoso(3)BagaimanakahpenilaianhasilpembelajaranPendidikanKewarganegaraandiRintisanSekolahBertarafInternasional(RSBI)SMPNegeri1Bondowoso(4)BagaimanakahpengawasanprosespembelajaranPendidikanKewarganegaraandiRintisanSekolahBertarafInternasional(RSBI)SMPNegeri1BondowosoPenelitianinidilaksanakandiSMPNegeri1Bondowosopadasemestergenaptahunpelajaran2008/2009denganmenggunakanpendekatankualitatifyangbersifatdeskriptif.Jenispenelitianiniadalahpenelitianstudikasus.SubjekpenelitianadalahkelasVIIAyangmerupakankelasrintisansekolahbertarafinternasionalSMPNegeri1Bondowoso.Teknikpengumpulandatayangdigunakanpadapenelitianiniadalahobservasipadasaatprosespembelajaranberlangsungwawancaradandokumentasi.Datayangdiperolehdianalisissecaradeskriptif.iiHasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)Silabusdanrencanapelaksanaanpembelajaran(RPP)PendidikanKewarganegaraandiRintisanSekolahBertarafInternasional(RSBI)SMPNegeri1Bondowosobaikkomponenpengembangandanpenyusunannyatelahmemenuhikriteriasilabusdan(RPP)sebagaiperencanaanprosespembelajaranyangdiamanatkanPeraturanMenteriPendidikanNasionalNomor41Tahun2007tentangStandarProsesuntukPendidikanDasardanMenengah.(2)PelaksanaanprosespembelajaranPendidikanKewarganegaraandiRintisanSekolahBertarafInternasionalSMPNegeri1Bondowosotidakdapatdilaksanakansamapersissepertikegiatanpembelajaranyangdirencanakandalamrencanapelaksanaanpembelajaran(RPP).NamunprosespembelajarannyasebagianbesartelahmemenuhipelaksanaanpembelajarandalamLampiranPeraturanMenteriNomor41Tahun2007tentangStandarProsesuntukPendidikanDasardanMenengah.(3)PenilaianhasilpembelajaranPendidikanKewarganegaraandiRintisanSekolahBertarafInternasional(RSBI)SMPNegeri1Bondowosotidakselalumelaluitestulismelainkandilakukandenganberagamteknikpenilaian.(4)PengawasanprosespembelajaranPendidikanKewarganegaraandiRintisanSekolahBertarafInternasionalSMPNegeri1Bondowosoterdiridaripemantauan(monitoring)supervisidanevaluasiolehkepalasekolahsertaevaluasijugadilakukanolehsiswauntukmenujutingkatkepuasaansiswadalampembelajaran.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisarankan(1)kepalasekolahharuslebihaktifdansedapatmungkinmelakukanpengawasanterhadapkinerjagurudalamprosespembelajaranagarmutupendidikanyangditerapkandiRintisanSekolahBertarafInternasional(RSBI)SMPNegeri1Bondowososemakinmeningkatsehinggamasyarakatakanteruspercayaterhadapkualitaspendidikandidalamnya(2)guruPendidikanKewarganegaraanRintisanSekolahBertarafInternasional(RSBI)SMPNegeri1Bondowosodiharapkanmampumelakukanpengembangansilabusdanrencanapelaksanaanpembelajaran(RPP)secaramandiri(3)guruPendidikanKewarganegaraanyangmerupakankunciutamadalamprosesbelajarmengajarPendidikanKewarganegaraanhendaknyabisamenciptakankreativitasdaninovasibarudalampembelajaranmenggunakanmetodeyangbervariasisertaberupayamenciptakansuasanbelajaryangkondusifsehinggasiswatidakjenuhdanmudahdalammenerimamateriyangdiajarkan(4)siswa-siswiRintisanSekolahBertarafInternasional(RSBI)SMPNegeri1Bondowosohendaknyaterusberupayauntukmempertahankanprestasiyangselamainidiraiholehsekolahdanberupayalagiuntukmeningkatkanprestasibaikdibidangakademikmaupundalambidangnonakademik.Sehinggakepercayaanpemerintahdanmasyarakatkepadapihaksekolahbisaterusmeningkatsehinggamudahdalammelakukankerjasama.