Pendayagunaan non penal dalam menanggulangi penyalahgunaan narkotika di kalangan pelajar (studi di SMA Negeri Ponorogo) / Hendrik Kristiana
Main Author: | Kristiana, Hendrik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/51462/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKristianaHendrik.2009PendayagunaanNonPenalDalamMenanggulangiPenyalahgunaanNarkotikadiKalanganPelajar(StudidiSMANegeriPonorogo).SkripsiProgramStudiPendidikanPancasiladanKewarganegaraanFIPUM.Pembimbing(I)Drs.EdiSuhartonoSHM.Pd(II)SutoyoSHM.HumKatakunciNonPenalMenanggulangiNarkotikaPelajarDalampenulisanskripsiinipenulismenelitidanmembahaspermasalahanmengenainarkotikayanglebihtepatnyamembahastentangPendayagunaanNonPenalDalamMenanggulangiPenyalahgunaanNarkotikadiKalanganPelajar.PenelitianinidititikberatkankepadaperansekolahMenengahAtasdalammencegahpenggunaannarkotikadiPonorogo.HalinidilatarbelakangiolehadanyafaktayangditemukanbahwaterdapatsejumlahpelajarSekolahMenengahAtasdiPonorogoyangpernahataumenggunakannarkotikawalaupuntelahadaundang-undangyangmelarangmenggunakannarkotikayaituUUNo.22tahun1997.Undang-undangsebagaisaranapenalbelummampumenekanpenyalahgunaannarkotikamakacarayangdirasalebihefektifadalahmenggunakansarananonpenalyaitudenganmemberdayakansekolahsebagailembagapendidikanyangdirasakanlebihdapatmencegahpenggunaannarkotikadikalanganpelajarkarenasebagianbesarwaktupelajardihabiskandisekolah.Dalamupayamemperolehdanmengetahuitentangpendayagunaansarananonpenaldalampenanggulanganpenyalahgunaannarkotikapenulismenggunakanmetodependekatanyuridissosiologisyaitudenganmengkajidanmenganalisapermasalahanyangtimbuldikalanganpelajar.DalammelakukanpenelitianinipenulismengambilpelajarSMAdangurusebagairesponden.Kemudianseluruhdatayangdidapatdianalisasecaradeskriptifanalisis.BerdasarkanhasildaripenelitianpenulismendapatkanjawabandaripermasalahanyangadabahwaupayayangdilakukanolehsekolahuntukmencegahterjadinyapenyalahgunaannarkotikaadalahdenganmelakukancarasebagaiberikutmembuattatatertibsekolahdengansanksiyangtegasmemaksimalkantugasgurupembimbingatauBK(BimbinganKonseling)melakukanrazia-raziasecaraintensifbekerjasamadenganinstansilainuntukmelakukanpenyuluhanmenggunakanekstrakurikulersebagaisaranapencegahanmemasukkanmateritentangnarkotikakedalamkurikulumsekolah.Selainitudalammelakukanupayapencegahaniniterdapatbeberapakendalayangdihadapiantaralaintidakadanyakerjasamaantargurudanjugakurangnyapengawasanorangtuaterhadapanaknya.SetelahmelakukanberbagaiupayaakhirnyasekolahmendapatkanhasilyangcukupmemuaskanyaituadanyapenurunantingkatpelanggaranpenyalahgunaannarkotikadikalanganpelajardiSMA.Denganmelihatberbagaifaktadarihasilpenelitianyangdilakukanmakapenulisberpendapatbahwadenganbegitubesarmanfaatsekolahsebagaisaranauntukmencegahpenyalahgunaannarkotikaseharusnyapihaksekolahterutamagurulebihmemahamilagitentangnarkotikasupayaparagurudapatmenjadipanutanyangtepatbagiparasiswanya.