Pendayagunaan non penal dalam menanggulangi penyalahgunaan narkotika di kalangan pelajar (studi di SMA Negeri Ponorogo) / Hendrik Kristiana

Main Author: Kristiana, Hendrik
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/51462/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKristianaHendrik.2009PendayagunaanNonPenalDalamMenanggulangiPenyalahgunaanNarkotikadiKalanganPelajar(StudidiSMANegeriPonorogo).SkripsiProgramStudiPendidikanPancasiladanKewarganegaraanFIPUM.Pembimbing(I)Drs.EdiSuhartonoSHM.Pd(II)SutoyoSHM.HumKatakunciNonPenalMenanggulangiNarkotikaPelajarDalampenulisanskripsiinipenulismenelitidanmembahaspermasalahanmengenainarkotikayanglebihtepatnyamembahastentangPendayagunaanNonPenalDalamMenanggulangiPenyalahgunaanNarkotikadiKalanganPelajar.PenelitianinidititikberatkankepadaperansekolahMenengahAtasdalammencegahpenggunaannarkotikadiPonorogo.HalinidilatarbelakangiolehadanyafaktayangditemukanbahwaterdapatsejumlahpelajarSekolahMenengahAtasdiPonorogoyangpernahataumenggunakannarkotikawalaupuntelahadaundang-undangyangmelarangmenggunakannarkotikayaituUUNo.22tahun1997.Undang-undangsebagaisaranapenalbelummampumenekanpenyalahgunaannarkotikamakacarayangdirasalebihefektifadalahmenggunakansarananonpenalyaitudenganmemberdayakansekolahsebagailembagapendidikanyangdirasakanlebihdapatmencegahpenggunaannarkotikadikalanganpelajarkarenasebagianbesarwaktupelajardihabiskandisekolah.Dalamupayamemperolehdanmengetahuitentangpendayagunaansarananonpenaldalampenanggulanganpenyalahgunaannarkotikapenulismenggunakanmetodependekatanyuridissosiologisyaitudenganmengkajidanmenganalisapermasalahanyangtimbuldikalanganpelajar.DalammelakukanpenelitianinipenulismengambilpelajarSMAdangurusebagairesponden.Kemudianseluruhdatayangdidapatdianalisasecaradeskriptifanalisis.BerdasarkanhasildaripenelitianpenulismendapatkanjawabandaripermasalahanyangadabahwaupayayangdilakukanolehsekolahuntukmencegahterjadinyapenyalahgunaannarkotikaadalahdenganmelakukancarasebagaiberikutmembuattatatertibsekolahdengansanksiyangtegasmemaksimalkantugasgurupembimbingatauBK(BimbinganKonseling)melakukanrazia-raziasecaraintensifbekerjasamadenganinstansilainuntukmelakukanpenyuluhanmenggunakanekstrakurikulersebagaisaranapencegahanmemasukkanmateritentangnarkotikakedalamkurikulumsekolah.Selainitudalammelakukanupayapencegahaniniterdapatbeberapakendalayangdihadapiantaralaintidakadanyakerjasamaantargurudanjugakurangnyapengawasanorangtuaterhadapanaknya.SetelahmelakukanberbagaiupayaakhirnyasekolahmendapatkanhasilyangcukupmemuaskanyaituadanyapenurunantingkatpelanggaranpenyalahgunaannarkotikadikalanganpelajardiSMA.Denganmelihatberbagaifaktadarihasilpenelitianyangdilakukanmakapenulisberpendapatbahwadenganbegitubesarmanfaatsekolahsebagaisaranauntukmencegahpenyalahgunaannarkotikaseharusnyapihaksekolahterutamagurulebihmemahamilagitentangnarkotikasupayaparagurudapatmenjadipanutanyangtepatbagiparasiswanya.