Partisipasi masyarakat dalam peningkatan kualitas pendidikan di SDN Turen 06 Kabupaten Malang / Nanang Fatkhurrozi

Main Author: Nanang Fatkhurrozi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/51382/
Daftar Isi:
  • Partisipasimasyarakatmerupakanbentukketerlibatandankeikutsertaanmasyarakatsecaraaktifdansukarelabaikkarenaalasan-alasandaridalamdirinya(intrinsik)maupundariluardirinya(ekstrinsik)dalamkeseluruhanproseskegiatanyangbersangkutan.Bentukpartisipasitersebutdapatberupakontribusimateralmaupunnonmaterialkeikutsertaansecaraaktifmaupunnonaktif/pasif.PartisipasimasyarakatdalampenyelenggaraanpendidikanpadatingkatsatuanpendidikanperluperluditampungdandisalurkanmelaluisebuahlembagaataubadanmandiriyangdisebutKomiteSekolah.PeranyangdijalankanKomiteSekolahharusbertumpupadalandasanpartisipasimasyarakatdalammeningkatkankualitaspelayanandanhasilpendidikandisekolah.Penghambattimbulnyapartisipasimasyarakatterhadappeningkatankualitaspendidikandisekolahdasaradalahterjadinyajurangpemisahantarapihaksekolahdenganorangtuamuridataumasyarakat.Hendaknyapendidikanmerupakantanggungjawabbersamaantarapihaksekolahdenganmasyarakatyangmelakukansuatuaktivitasbersamadalammewujudkanperbaikankualitaspendidikan.TujuanyangingindicapaiadalahmenganalisispeningkatankualitaspendidikandiSekolahDasarNegeriTuren06KabupatenMalangmeliputi(1)PeranmasyarakatdalampenyelenggaraanpendidikandiSDNTuren06KabupatenMalang(2)PeranKomiteSekolahdalammewadahipartisipasimasyarakatdiSDNTuren06Malangdan(3)PartisipasimasyarakatdalampeningkatankualitaspendidikandiSDNTuren06KabupatenMalang.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdengantahap-tahappenelitianyangterdiridari(1)TahapPersiapanyaitupenelitianawalmenyusunrancanganpenelitianperijinandanpersiapanpengumpulandata(2)ProsesdiLapanganyaitueksplorasiawaleksplorasimendalamdanmengeceksertamengkonfirmasikanhasilpenelitian.PenelitianinidilaksanakandiSekolahDasarNegeriTuren06KabupatenMalang.SubyekpenelitianiniadalahterdiridaritigaunsurpertamayaitupihakinstitusisekolahyangmeliputiKepalaSekolahparadewangurusiswasertadata-datasekolahyangdapatdijadikanreferensi.PihakyangkeduayaituKomiteSekolahyangmeliputiketuaKomiteSekolahbesertastrukturkepengurusanyangterlibatdalamkegiatanKomiteSekolah.Sedangkanpihakketigaadalahmasyarakatbaikyangtergabungdalampaguyubanorangtuamuridmaupunyangberpartisipasisecaratidaklangsung.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwabanyaksekaliproblematikadalampendidikannasionalyangharussegeradiselesaikandanhaltersebutsangatmemerlukanpartisipasimasyarakatdalamupayapenyelesaianmasalah-masalahtersebut.HaliniterbuktidalamhasilpenelitianyangkamilaksanakandiSekolahDasarNegeriTuren06bahwapartisipasimasyarakatdapatmeningkatkankualitaspendidikan.Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankan(1)BagimasyarakatKecamatanTurenhendaknyaberpartisipasilebihaktifdalampenyelenggaraanpendidikan.HaltersebutdapatdilakukanmelaluilembagaKomiteSekolahmaupunsebagaianggotapaguyubanwalimuridkarenapartisipasimasyarakatsangatberperanpentingdalammeningkatkankualitaspendidikan.(2)Bagisekolahbilahendakmengadakanpembangunangedungatauprogrampengadaanfasilitasyanglainseharusnyadimusyawarahkanterlebihdahuludenganseluruhwalimuridsehinggamengetahuikemampuanmasing-masingwalimurid.(3)BagiKomiteSekolahhendaknyalebihmenampungaspirasidanmenyalurkanaspirasimasyarakatuntukpeningkatankualitaspendidikandiSDNTuren06KabupatenMalang.SelainituKomiteSekolahharusmemberikanmotivasidanpenghargaankepadatenagapendidikanataukepadaseseorangyangberjasapadasekolahsecaraprofesionalsesuaidengankaidahprofesionalguruatautenagaadministrasisekolah.(4)Bagipenelitiyanginginmenelitihalyangsamabisamenelititentangpartisipasimasyarakatdalampeningkatankualitaspendidikandalambidangnonakademik.(5)BagilembagakhususnyajurusanPendidikanPancasiladanKewarganegaraanselakubagiandaricivitasakademikahendaknyalebihmeningkatkanperanannyadalamupayapeningkatankualitaspendidikandiSekolahDasar.HaltersebutdapatdilakukandenganmengadakanseminartentangpentingnyapartisipasimasyarakatdalampeningkatankualitaspendidikanSekolahDasar.