Hubungan perilaku petugas, faktor kebutuhan, dan akses informasi dengan pemanfaatan pelayanan rawat jalan pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Puskesmas Dinoyo Kota malang / Putri Ines Anggraini

Main Author: Anggraini, Putri Ines
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/51363/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAnggrainiPutriInes.2017.HubunganPerilakuPetugasFaktorKebutuhanDanAksesInformasiDenganPemanfaatanPelayananRawatJalanPasienBadanPenyelenggaraJaminanSosial(BPJS)KesehatanDiPuskesmasDinoyoKotaMalang.Skripsi.FakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SupriyadiM.Kes(II)NurnaningsihHeryaUlfahS.K.M.M.Kes.KataKuncipemanfaatanpelayanankesehatanBPJSKesehatanperilakupetugasaksesinformasiSelamasatutahunBadanPenyelenggaraJaminanSosial(BPJS)beroperasikepesertaanJaminanKesehatanNasional(JKN)diIndonesiaterusmeningkatsetiaptriwulannyasehinggaterjadipertumbuhanpesertasebanyak23jutajiwa(91%).Padaakhirtahun2015cakupankepesertaanJKNdiKotaMalangsebesar586%daritotalpendudukKotaMalangdanterusmeningkat.HaliniberbandingterbalikdenganpemanfaatanpelayananRawatJalanTingkatPertama(RJTP)olehpasienBPJSyangmasihmencapai20%selamatahun2016.Bahkanmasihterdapatkecamatanyangmemilikitingkatpemanfaatandibawahrata-ratayaituKecamatanLowokwaru(13%).DalammemanfaatkanpelayananrawatjalanpesertaBPJSdisebabkanolehbeberapafaktordiantaranyaadalahfaktorperilakupetugasfaktorkebutuhandanfaktoraksesinformasi.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuihubunganantarafaktorperilakupetugasfaktorkebutuhandanfaktoraksesinformasidenganpemanfaatanpelayananrawatjalanpasienBPJSKesehatandiPuskesmasDinoyoKotaMalang.Desainpenelitianyangdigunakanadalahkuantitatifkorelasional.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhpesertaBPJSKesehatanyangberdomisilidiwilayahkerjaPuskesmasDinoyo.Sampelpenelitiandiambilmenggunakanteknikpurposivesamplingdenganjumlahsampel88responden.Analisisdatadilakukanmenggunakanujichisquaredanujiregresilogistik.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwavariabelyangmemilikihubunganyangbermaknadenganpemanfaatanpelayananrawatjalanadalahfaktorkebutuhan(p0003)danaksesinformasi(p0007).Sedangkanvariabelperilakupetugastidakmemilikihubunganyangbermaknadenganpemanfaatanpelayananrawatjalan(p0756).Kesimpulandaripenelitianadalahtidakterdapathubunganyangbermaknaantaraperilakupetugasdenganpemanfaatanpelayananrawatjalandanterdapathubunganyangbermaknaantarafaktorkebutuhandanaksesinformasidenganpemanfaatanpelayananrawatjalan.Sedangkanperilakupetugasfaktorkebutuhandanaksesinformasisecarabersama-samamemilikihubunganyangbermaknadenganpemanfaatanpelayananrawatjalanpasienBPJSKesehatan.Diharapkanpetugaskesehatandapatmeningkatkankecepatanpelayananlebihramahdanrapidalammemberikanpelayananagarpasienmerasapuasdanmeningkatkanmotivasipasienuntukmemanfaatkanpelayanan.DanbagipihakpuskesmasdiharapkanuntukmemanfaatkanmediamadingdanmenyediakanleafletagarpasienBPJSdapatdenganmudahmengaksesinformasitentangprogram/pelayananBPJSKesehatan.