Kompetensi andragogi instruktur pada Lembaga Pelatihan Kerja UPT PK Singosari dan UPT PK PPTKLN Wonojati / Nur Vita Galih Putri

Main Author: Putri, Nur Vita Galih
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/5136/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPutriNurVitaGalih.2015.KompetensiAndragogiInstukturpadaLembagaPelatihanKerjaUPTPKSingosaridanUPTPKPPTKLNWonojati.SkripsiJurusanPendidikanLuarSekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.SupriyonoM.Pd(2)Drs.H.M.A.PrawotoM.PdKatakunciandragogikompetensiandragogiinstrukturpelatihanPenelitianinidilaksannakandengantujuanuntukmendeskripsikankompetensiandragogiinstukturpadalembagapelatihankerjaUPTPKSingosaridanUPTPKPPTKLNWonojati.Berdasarkanjenisdatanyapenelitianinimerupakanjenispenelitiankuantitatifsedangkanmenurutpenjelasannyapenelitianinimerupakanpenelitiandeskriptif.AdapunpopulasidalampenelitianiniadalahseluruhinstrukturdiUPTPKSingosaridanUPTPKPPTKLNWonojatiyangberjumlah52orangsedangkanjumlahsampelyangdigunakanadalah46orang.Tekniksamplingyangdigunakandalampenelitianiniyaituprobabilitysamplingmenggunakanteknikclustersampling.Jenispengumpulandatayangdigunakanadalahangkettesdandokumentasi.SemuaprosesanalisisdatadalampenelitianinimenggunakanprogramSPSS16forWindows.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaprofilpribadidansosialinstrukturdilihatdari(1)karakteristikumurrata-rataumurinstrukturadalah50tahun(2)karakteristikjeniskelaminlebihbanyakinstrukturberjeniskelaminlaki-lakidaripadayangberjeniskelaminperempuan(3)karakteristikstatusperkawinanpadaumunyastatusperkawinaninstrukturadalahmenikah(4)karakteristikgolonganjabatanpadaumumnyainstrukturmemilikigolonganjabatantertinggiyaituinstrukturmadyadan(5)karakteristikriwayatpengalamanpekerjaanpadaumunyainstrukturtidakmemilikiriwayatpekerjaanlain.ProfilpendidikanformalterakhiryangditempuhinstrukturadalahStrata1denganjurusanatauproramstudisangatsesuaidenganbidangmateriyangdiajarkanolehinstruktur.Profilpendidikannonformaldilihatdaridiklatfungsionalpadaumumnyainstrukturmemilikipengalamanterkaitdengandiklatfungsionalinstruktur.Rata-ratajumlahkeikutsertaaninstrukturdalammengikutidiklatfungsionaladalahdelapankali.Pendidikannonformaldilihatdaridiklatteknispadaumumnyainstrukturmemilikipengalamanterkaitdengandiklatteknisinstruktur.Rata-ratajumlahkeikutsertaaninstrukturdalammengikutidiklatteknisadalahlimakali.Penguasaanteoriandragogidilihatdarisegi(1)pengetahuaninstrukturtentangkonsepdasarandragogidapatdikatakansangatbaik(2)pengetahuaninstrukturtentangasumsi-asumsiandragogidapatdikatakansangatbaikdan(3)pengetahuaninstrukturtentangmetodedanteknikandragogidapatdikatakansangatbaik.Penerapanandragogidalampraktikpembelajarandisimpulkanbahwa(1)instrukturselalumenerapkanteoriandragogidarisegipenampilaninstruktur(2)instrukturselalumenerapkanteoriandragogidilihatdarisegipengorganisasiandanpenyeleksianmateribelajar(3)instrukturselalumenerapkanteoriandragogidilihatdarisegimetodepembelajaran(4)instrukturselalumenerapkanteoriandragogidilihatdarisegipengelolaanlingkunganbelajar.Darihasilpenelitiandisarankanpada(1)lokasipenelitianhendaknyapihaklembagadapatmempertahankanpredikatkondisipengetahuanteoriandragogiinstrukturyangdisimpulkansangatbaikdanmempertahankanpredikatkondisipenerapaninstrukturterhadapprinsip-prinsipandragogiyangdisimpulkandenganpredikatselalumenerapkansalahsatunyadengancaramemperbanyakmenyelenggarakankegiatandiklat-diklatteknisyangberhubungandenganmateriajardandiklat-diklatfungsionalyangberhubungandenganprofesikeinstrukturanmengingatterdapattemuanpenelitianyangmenyebutkanbahwarata-ratajumlahdiklatfungsionalyangdiikutiinstrukturadalahhanyadelapankalidanrata-ratajumlahdiklatteknisyangdiikutiinstrukturadalahhanyalimakaliterdapatpulasatuinstrukturyangbelumpernahmengikutidiklatfungsionaldanduainstrukturyangbelumpernahmengikutidiklatteknisdan(2)instrukturpelatihandiharapkandapatmempertahankanpredikatkondisipengetahuanteoriandragogiinstrukturyangdisimpulkansangatbaikdanmempertahankanpredikatkondisipenerapaninstrukturterhadapprinsip-prinsipandragogiyangdisimpulkandenganpredikatselalumenerapkandengancaramemperbanyakmengikutikegiatandiklatteknisdandiklatfungsionalyangdiselenggarakanolehpihaklembagamaupundiluarlembagamengingatkemajuanperkembanganilmupengetahuanteknologiyangsemakintahunsemakincanggih.