Kompetensi andragogi instruktur pada Lembaga Pelatihan Kerja UPT PK Singosari dan UPT PK PPTKLN Wonojati / Nur Vita Galih Putri
Main Author: | Putri, Nur Vita Galih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/5136/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPutriNurVitaGalih.2015.KompetensiAndragogiInstukturpadaLembagaPelatihanKerjaUPTPKSingosaridanUPTPKPPTKLNWonojati.SkripsiJurusanPendidikanLuarSekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.SupriyonoM.Pd(2)Drs.H.M.A.PrawotoM.PdKatakunciandragogikompetensiandragogiinstrukturpelatihanPenelitianinidilaksannakandengantujuanuntukmendeskripsikankompetensiandragogiinstukturpadalembagapelatihankerjaUPTPKSingosaridanUPTPKPPTKLNWonojati.Berdasarkanjenisdatanyapenelitianinimerupakanjenispenelitiankuantitatifsedangkanmenurutpenjelasannyapenelitianinimerupakanpenelitiandeskriptif.AdapunpopulasidalampenelitianiniadalahseluruhinstrukturdiUPTPKSingosaridanUPTPKPPTKLNWonojatiyangberjumlah52orangsedangkanjumlahsampelyangdigunakanadalah46orang.Tekniksamplingyangdigunakandalampenelitianiniyaituprobabilitysamplingmenggunakanteknikclustersampling.Jenispengumpulandatayangdigunakanadalahangkettesdandokumentasi.SemuaprosesanalisisdatadalampenelitianinimenggunakanprogramSPSS16forWindows.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaprofilpribadidansosialinstrukturdilihatdari(1)karakteristikumurrata-rataumurinstrukturadalah50tahun(2)karakteristikjeniskelaminlebihbanyakinstrukturberjeniskelaminlaki-lakidaripadayangberjeniskelaminperempuan(3)karakteristikstatusperkawinanpadaumunyastatusperkawinaninstrukturadalahmenikah(4)karakteristikgolonganjabatanpadaumumnyainstrukturmemilikigolonganjabatantertinggiyaituinstrukturmadyadan(5)karakteristikriwayatpengalamanpekerjaanpadaumunyainstrukturtidakmemilikiriwayatpekerjaanlain.ProfilpendidikanformalterakhiryangditempuhinstrukturadalahStrata1denganjurusanatauproramstudisangatsesuaidenganbidangmateriyangdiajarkanolehinstruktur.Profilpendidikannonformaldilihatdaridiklatfungsionalpadaumumnyainstrukturmemilikipengalamanterkaitdengandiklatfungsionalinstruktur.Rata-ratajumlahkeikutsertaaninstrukturdalammengikutidiklatfungsionaladalahdelapankali.Pendidikannonformaldilihatdaridiklatteknispadaumumnyainstrukturmemilikipengalamanterkaitdengandiklatteknisinstruktur.Rata-ratajumlahkeikutsertaaninstrukturdalammengikutidiklatteknisadalahlimakali.Penguasaanteoriandragogidilihatdarisegi(1)pengetahuaninstrukturtentangkonsepdasarandragogidapatdikatakansangatbaik(2)pengetahuaninstrukturtentangasumsi-asumsiandragogidapatdikatakansangatbaikdan(3)pengetahuaninstrukturtentangmetodedanteknikandragogidapatdikatakansangatbaik.Penerapanandragogidalampraktikpembelajarandisimpulkanbahwa(1)instrukturselalumenerapkanteoriandragogidarisegipenampilaninstruktur(2)instrukturselalumenerapkanteoriandragogidilihatdarisegipengorganisasiandanpenyeleksianmateribelajar(3)instrukturselalumenerapkanteoriandragogidilihatdarisegimetodepembelajaran(4)instrukturselalumenerapkanteoriandragogidilihatdarisegipengelolaanlingkunganbelajar.Darihasilpenelitiandisarankanpada(1)lokasipenelitianhendaknyapihaklembagadapatmempertahankanpredikatkondisipengetahuanteoriandragogiinstrukturyangdisimpulkansangatbaikdanmempertahankanpredikatkondisipenerapaninstrukturterhadapprinsip-prinsipandragogiyangdisimpulkandenganpredikatselalumenerapkansalahsatunyadengancaramemperbanyakmenyelenggarakankegiatandiklat-diklatteknisyangberhubungandenganmateriajardandiklat-diklatfungsionalyangberhubungandenganprofesikeinstrukturanmengingatterdapattemuanpenelitianyangmenyebutkanbahwarata-ratajumlahdiklatfungsionalyangdiikutiinstrukturadalahhanyadelapankalidanrata-ratajumlahdiklatteknisyangdiikutiinstrukturadalahhanyalimakaliterdapatpulasatuinstrukturyangbelumpernahmengikutidiklatfungsionaldanduainstrukturyangbelumpernahmengikutidiklatteknisdan(2)instrukturpelatihandiharapkandapatmempertahankanpredikatkondisipengetahuanteoriandragogiinstrukturyangdisimpulkansangatbaikdanmempertahankanpredikatkondisipenerapaninstrukturterhadapprinsip-prinsipandragogiyangdisimpulkandenganpredikatselalumenerapkandengancaramemperbanyakmengikutikegiatandiklatteknisdandiklatfungsionalyangdiselenggarakanolehpihaklembagamaupundiluarlembagamengingatkemajuanperkembanganilmupengetahuanteknologiyangsemakintahunsemakincanggih.