Pengembangan model latihan fisik di darat untuk body position renang gaya kupu-kupu bagi siswa ekstrakurikuler renang di SMP Negeri 18 Malang / Mukhammad Ainun Najib Masruri
Main Author: | Masruri, Mukhammad Ainun Najib |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/51350/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMasruriMukhammadAinunNajib.2014.PengembanganModelLatihanFisikdiDaratuntukBodyPositionRenangGayaKupu-kupubagiSiswaEkstrakurikulerRenangdiSMPN18Malang.SkripsiJurusanIlmuKeolahragaanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.MulyaniSurendraM.S(II)UsmanWahyudiS.PdM.Pd.KataKuncilatihanfisikdidaratbodypositiongayakupu-kupuBerdasarkanobservasiawalyangdilakukanpenelitipadasiswaekstrakurikulerrenangdiSMPN18Malangsiswamenyatakanbahwalatihanrenanggayakupu-kupukurangbervariasi.Padapenelitianawalmelaluipenyebaranangketanalisiskebutuhan(needassessment)kepada27siswaekstrakurikulerrenangdiSMPN18Malangdenganhasilsebagaiberikutsiswamembutuhkanlatihanfisikdidaratsebagaivariasilatihanrenanggayakupu-kupulatihangayakupu-kupumenekankanpadateknikbodypositionmembutuhkansebuahpanduanlatihanfisikdidaratuntukbodypositionrenanggayakupu-kupudanpanduanyangdigunakanadalahbuku.Penelitianinibertujuanuntukmemecahkanpermasalahanyangadayaitudenganmengembangkanmodellatihanfisikdidaratuntukbodypositionrenanggayakupu-kupu.Diharapkanhasilpengembanganinidapatmenjadisolusidalamlatihanagarsiswatidakbosandenganlatihanrenanggayakupu-kupuyangnantinyabisameningkatkankemampuanuntukmelakukangerakandasarrenanggayakupu-kupu.MetodepenelitianinimengacupadamodelpengembanganresearchanddevelopmentdariBorgdanGall.Sedangkananalisisyangdigunakanyaitukuantitatifdankualitatifuntukmenganalisishasilpengumpulandatadaripenelitianawal(analisiskebutuhan)evaluasiahliujicobakelompokkecildankelompokbesar.Hasilpengembanganmodellatihanfisikdidaratuntukbodypositionrenanggayakupu-kupubagisiswaekstrakurikukulerrenangdiSMPN18Malangdiperolehdatasebagaiberikut(1)justifikasiahlilatihanfisikdiperolehhasilbahwamodel-modellatihandapatdiujicobakanakantetapiadasatulatihanyangmenurutsaranahlilatihantersebuttidakdapatdiujicobakan(2)justifikasipelatihekstrakurikulerrenangdiperolehhasilbahwamodel-modellatihandapatdiujicobakan(3)justifikasiahlimediadiperolehhasilbahwaprodukdapatdiujicobakan(4)ujicobatahapI(ujicobakelompokkecil)sebesar78-86%(baikdansangatbaik)(5)ujicobatahapII(ujicobakelompokbesar)sebesar82-89%(sangatbaik).Hasilpengembangansecarakeseluruhandapatdisimpulkanbahwamodellatihanfisikdidaratuntukbodypositionrenanggayakupu-kupubagisiswaekstrakurikulerrenangdiSMPN18MalangmenarikuntukdilakukanmenyenangkanuntukdilakukanamanuntukdilakukanmudahuntukdilakukansertabermanfaatuntuksiswaekstrakurikulerrenangdiSMPN18Malang.Sarandaripenelitiadalahsebagaiberikut(1)LatihanfisikdidaratdalampengembanganModelLatihanFisikdiDaratuntukBodyPositionRenangGayaKupu-kupubagiSiswaEkstrakurikulerRenangdiSMPN18Malangyangdikembangkaninidiharapkandikembangkanlagisupayalebihbanyakdanlebihvariatifsehinggadapatmencapaitujuanlatihanrenanggayakupu-kupuyangmaksimal(2)UntuksubjekpenelitiandiharapkanlebihluastidakhanyadiekstrakurikulerrenangdiSMPN18Malangsajatetapijugauntuksiswaekstrakurikulerrenangdisekolah-sekolahdiKabupaten/Kotayanglain(3)Hasilpengembanganinihanyasampaitersusunsebuahprodukbelumsampaipadatingkatefektivitasprodukyangdikembangkanjadisebaiknyadilanjutkanpadapenelitianmengenaiefektivitasprodukyangdikembangkan(4)Mengembangkanproduklebihlanjutuntukgaya-gayarenangyanglain.