Hubungan antara latar belakang pendidikan peserta didik dan sosial ekonomi orang tua dengan motivasi belajar peserta mengikuti pelatihan otomotif di UPT-PK Singosari / Inwamarroh Tias Pramudnia

Main Author: Pramudnia, Inwamarroh Tias
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/5074/
Daftar Isi:
  • PramudniaInwamarrohTias.2014.HubunganAntaraLatarBelakangPendidikanPesertaDidikdanSosialEkonomiOrangTuadenganMotivasiBelajarPesertaMengikutiPelatihanOtomotifdiUPT-PKSingosari.SkripsiJurusanPendidikanLuarSekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.M.APrawotoM.Pddan(2)Drs.LasiPurwitoM.S.Katakuncilatarbelakangpendidikansosialekonomiorangtuamotivasibelajar122881228812288Dalampendidikannasionalprosespenyelenggaraanpendidikandapatdilakukanmelalui3jaluryaitujalurpendidikanformalpendidikannonformaldanjalurpendidikaninformal.Salahsatucarauntukmeningkatkankebutuhanpendidikanitudapatdilakukanmelaluijalurpendidikannonformal.122881228812288SalahsatubentukdariPendidikanNonFormaladalahpelatihankarenapelatihanadalahbagiandaripendidikanyangmenyangkutprosesbelajaruntukmemperolehdanmeningkatkanketerampilandiluarsistempendidikanyangberlakudalamwaktuyangrelatifsingkatdandenganmetodeyanglebihmengutamakanpraktekdaripadateori.PelatihanmerupakansalahsatudaribentukPLSkarenadiorganisasidiluarsistempendidikanformal.122881228812288Motivasimenimbulkantingkahlakuyangberanekaragamditempatpelatihanantaraindividuyangsatudenganyanglain.Keragamantersebutakanmempengaruhisikapmentalpesertadalammenyerapmateripelatihanyangpadaakhirnyaakanberakibatpadaprestasibelajarnya.122881228812288Kondisiekonomimenentukanperkembanganpendidikananakdisampingsebagaifaktorpentingbagikesejahteraankeluarga.Latarbelakangkeluargabiasanyaberkaitandenganstatussosialdanekonomikeluarga.Statussosialdanekonomiinibiasanyadipergunakanindikatorpendidikanstatussosialpekerjaandanpenghasilanorangtua.122881228812288PenelitianinibertujuanuntukmengetahuifaktoryangmempengaruhimotivasibelajarpesertapelatihandiUPT-PKSingosariatarafaktorlatarbelakangpendidikanatausosialekonomiorangtuanyatersebut.122881228812288Pengaruhdarilatarbelakangpendidikandenganmotivasibelajarcukupbaiksebesar5000%pengaruhdarisosialekonomiorangtuadenganmotivasibelajartergolongtinggisebesar5600%danhalinifaktoryangpalingberpengaruhdalammotivasibelajarpesertapelatihantersebutadalahdarisosialekonomiorangtuanyatersebut.122881228812288Jadipadakesimpulannyaadalah(1)Sosialekonomiorangtuamempunyaihubunganyangsignifikanterhadapmotivasibelajar(2)Latarbelakangpendidikanmempunyaihubunganyangsignifikanterhadapmotivasibelajar(3)Perubahanlatarbelakangpendidikanpesertadansosialekonomiorangtuasecaraserentak(simultan)berpengaruhsecarasignifikanterhadapperubahanmotivasibelajar.122881228812288PadapernyataandiataspenelitimemberikansarankepadaorangtuapesertapelatihanpesertapelatihandiUPT-PKSingosarilembagaUPT-PKSingosaridanpenelitiselanjutnya.