Pengaruh metode pembelajaran Small Sides Games dan bermain terhadap hasil belajar passing futsal peserta ekstrakurikuler SMA Negeri 7 Malang / Moh. Koko Septianto

Main Author: Septianto, Moh. Koko
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/50691/
Daftar Isi:
  • RINGKASANSeptiantoMohKoko.2018.PengaruhMetodePembelajaranSmallSidesGamesdanBermainterhadapHasilBelajarPassingFutsalPesertaEkstrakurikulerSMANegeri7Malang.Skripsi.JurusanPendidikanJasmanidanKesehatan.FakultasIlmuKeolahragaan.UniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.EkoHariyantoM.Pd.KataKuncifutsalpassingmetodesmallsidesgamesmetodebermain.Metodepembelajaranmerupakansuatustrategimengajardalammodelpembelajaranuntukmeningkatkanhasilbelajardanmempermudahpesertadidikuntukmencapaisuatukompetensitertentu.Motodepembelajaranyangdigunakanolehseoranggurusangatmenentukanefektivitassuatuinformasiyangdisampaikanpadapembelajaranuntukmembuatpesertamudahmemahamisuatuinformasiyangmasuk.Pemberianmetodepembelajaranyangsesuaitargetdapatmenghasilkanpembelajaranyangefektifdandapatmencapaisuatutujuantertentu.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiPengaruhMetodePembelajaranSmallSidesGamesdanBermainTerhadapHasilBelajarPassingPesertaEkstrakurikulerFutsaldiSMANegeri7Malang.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimensesungguhnyadengansubjekpenelitianyangdigunakanadalahpesertaekstrakurikulerfutsaldiSMANegeri7Malangsebanyak20pesertakemudiandibagimenjadiduakelompokyaitukelompokperlakuanmetodesmallsidesgamesberjumlah10pesertadankelompokmetodebermainberjumlah10peserta.Analisisdatadaripenelitianinimenggunakanteknikanalisisvariansatujalurpadatarafsignifikansi005.Darihasilanalisisdatadapatdisimpulkanbahwa(1)pembelajarandenganperlakuanmetodesmallsidesgamesmemberikanpengaruhyangsignifikanterhadaphasilbelajarpassingpesertaekstrakurikulerfutsalSMANegeri7Malang(Fhitung1210Ftabel0054413)(2)pembelajarandenganperlakuanmetodebermainmemberikanpengaruhyangsignifikanterhadaphasilbelajarpassingpesertaekstrakurikulerfutsalSMANegeri7Malang(Fhitung4476Ftabel0054413)(3)adaperbedaanyangsignifikanantarametodepembelajaransmallsidesgamesdanbermainterhadaphasilbelajarpassingpesertaekstrakurikulerfutsal(Fhitung5433Ftabel0054413)berdasarkanrata-ratapeningkatanskorawaldanskorakhirdenganmetodepembelajaransmallsidesgamesmemberikanpengaruhyanglebihbaik.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapembelajarandenganmetodesmallsidesgamesmemberikanpengaruhyanglebihbaikdibandingdenganpembelajaranmetodebermainterhadaphasilbelajarpassingpadapesertaekstrakurikulerSMANegeri7Malang.