Efektivitas waktu pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMPN 11 Malang / Rizki Angga Kusuma

Main Author: Kusuma, Rizki Angga
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/50655/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKKusumaRizkiAngga.2018.EfektivitasWaktuPembelajaranPendidikanJasmaniOlahragadanKesehatandiSMPN11Malang.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.PembimbingProf.Dr.M.EWinarnoM.PdKataKunciEfektivitaswaktubelajarpendidikanjasmaniolahragadankesehatanDalamprosespembelajaranyangdilakukanguruPendidikanJasmaniOlahragadanKesehatansesuaidenganrencanapelaksanaanpembelajaran(RPP)padaalokasiwaktupembelajarankegiatanpendahuluankegiatanintidanpenutupharuslahsesuaidenganRPP.Alokasiwaktupadakegiatanpendahuluanpadapembelajaranyangsudahdilakukanke3gurupendidikanjasmaniolahragadankesehatanalokasiwaktuRPPgurutertuliskan15menituntukkegiatanpendahuluanakantetapisetelahberdasarkanhasildiatasbahwakegiatanpendahuluanmencapaiwaktusekitar20menit.AkibatnyakegiatanintidankegiatanpenutuppadapembelajarangurupendidikanjasmaniolahragadankesehatanSMPN11MalangberkurangalokasiwaktuyangdigunakandankurangsesuaidenganRPP.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiefektivitaswaktupembelajaranpendidikanjasmaniolahragadankesehatandiSMPN11Malang.Penelitianinimerupakanpenelitianevaluatifdenganmenggunakanpendekatandeskriptifkuantitatifdankualitatifdatayangdiperolehdianalisissecarakuantitatifdankualitatif.Teknikpengumpulandatayangdigunakanpadapenelitianiniadalahteknikobservasidenganmelakukanpengamatanterhadapprosespembelajaranyangdilakukangurupendidikanjasmaniolahragadankesehatan.SubyekpenelitianpadapenelitianiniadalahguruPendidikanJasmaniOlahragadanKesehatanSMPN11MalangHasilpenelitianmenunjukkanbahwapersentasetotalkegiatanpembelajaranyangsudahdilakukanketigagurupendidikanjasmaniolahragadankesehatanSMPN11Malangadalahkegiatanpendahuluan18menitdenganpersentasesebesar15%kegiataninti65menitdenganpersentasesebesar54%dankegiatanpenutup17menitdenganpersentaseadalahsebesar14%rata-ratawaktubelajargurumenggunakanwaktusebanyak100menitdenganpersentase83%.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdiperolehbahwaefektivitaswaktubelajarpendidikanjasmaniolahragadankesehatandiSMPN11Malangrata-ratadaritigagurupendidikanjasmaniolahragadankesehatandiperolehwaktu100menitefektivitaswaktupembelajaranmenunjukkanhasilkurangefektif.