Efektivitas waktu pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMPN 11 Malang / Rizki Angga Kusuma
Main Author: | Kusuma, Rizki Angga |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/50655/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKKusumaRizkiAngga.2018.EfektivitasWaktuPembelajaranPendidikanJasmaniOlahragadanKesehatandiSMPN11Malang.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.PembimbingProf.Dr.M.EWinarnoM.PdKataKunciEfektivitaswaktubelajarpendidikanjasmaniolahragadankesehatanDalamprosespembelajaranyangdilakukanguruPendidikanJasmaniOlahragadanKesehatansesuaidenganrencanapelaksanaanpembelajaran(RPP)padaalokasiwaktupembelajarankegiatanpendahuluankegiatanintidanpenutupharuslahsesuaidenganRPP.Alokasiwaktupadakegiatanpendahuluanpadapembelajaranyangsudahdilakukanke3gurupendidikanjasmaniolahragadankesehatanalokasiwaktuRPPgurutertuliskan15menituntukkegiatanpendahuluanakantetapisetelahberdasarkanhasildiatasbahwakegiatanpendahuluanmencapaiwaktusekitar20menit.AkibatnyakegiatanintidankegiatanpenutuppadapembelajarangurupendidikanjasmaniolahragadankesehatanSMPN11MalangberkurangalokasiwaktuyangdigunakandankurangsesuaidenganRPP.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiefektivitaswaktupembelajaranpendidikanjasmaniolahragadankesehatandiSMPN11Malang.Penelitianinimerupakanpenelitianevaluatifdenganmenggunakanpendekatandeskriptifkuantitatifdankualitatifdatayangdiperolehdianalisissecarakuantitatifdankualitatif.Teknikpengumpulandatayangdigunakanpadapenelitianiniadalahteknikobservasidenganmelakukanpengamatanterhadapprosespembelajaranyangdilakukangurupendidikanjasmaniolahragadankesehatan.SubyekpenelitianpadapenelitianiniadalahguruPendidikanJasmaniOlahragadanKesehatanSMPN11MalangHasilpenelitianmenunjukkanbahwapersentasetotalkegiatanpembelajaranyangsudahdilakukanketigagurupendidikanjasmaniolahragadankesehatanSMPN11Malangadalahkegiatanpendahuluan18menitdenganpersentasesebesar15%kegiataninti65menitdenganpersentasesebesar54%dankegiatanpenutup17menitdenganpersentaseadalahsebesar14%rata-ratawaktubelajargurumenggunakanwaktusebanyak100menitdenganpersentase83%.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdiperolehbahwaefektivitaswaktubelajarpendidikanjasmaniolahragadankesehatandiSMPN11Malangrata-ratadaritigagurupendidikanjasmaniolahragadankesehatandiperolehwaktu100menitefektivitaswaktupembelajaranmenunjukkanhasilkurangefektif.