Pengembangan model permainan pasing bawah bolavoli untuk siswa kelas X MM 2 SMK Negeri 12 Malang / Rizal Dwi Putra
Main Author: | Putra, Rizal Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/50614/ |
Daftar Isi:
- PutraRizalDwi.2013.PengembanganModelPermainanPasingBawahBolavoliTanpaBolauntukSiswaKelasXSMKNegeri12Malang.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.RoPutraRizalDwi.2013.PengembanganModelPermainanPasingBawahBolavoliTanpaBolauntukSiswaKelasXSMKNegeri12Malang.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.RoesdiyantoM.Kes(2)Drs.SetyoBudiwantoM.Kes.KataKunciPengembanganPermainanPasingBawahBolavoliPembelajaranpendidikanjasmaniolahragadankesehatandiSMKNegeri12Malangkhususnyamateribolavolikurangmaksimaldalampelaksanaannya.Halinidisebabkanolehkurangnyavariasidalampembelajaranbolavoliyangdiberikanolehgurunya.PadapenelitianawalpenelitimelakukanwawancaradengangurupendidikanjasmaniSMKNegeri12Malang.Berdasarkananalisiskebutuhandenganwawancarakepadagurupendidikanjasmanidiketahuibahwasiswakurangberminatdalammenerimadanmempraktikkanmateribolavolimulaidaripemanasanintibahkansaatevaluasi.Selanjutnyapenelitimelakukananalisiskebutuhandalambentukangketkepada35siswayangterdiridari9siswalaki-lakidan26siswiperempuanyangtelahdiberikanpadahariKamis4Oktober2012.HasildarianalisiskebutuhanterhadapsiswakelasXMM2SMKNegeri12Malangmenyatakansetujuapabiladiberikanpengembanganmodelpermainanpasingbawahbolavoli.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanmodelpermainanpasingbawahbolavoliuntuksiswakelasXMM2SMKNegeri12Malangdenganharapandapatmeningkatkanmotivasibelajardankeaktifansiswadalammempraktikkanberbagaivariasidankombinasimateribolavolikhususnyateknikdasarpasingbawah.PenelitianyangdilaksanakandiSMKNegeri12MalanginimenggunakanmodelpengembanganyangmengacupadamodelpengembanganolegBorgGallyangmemilikitahapansebagaiberikut(1)penelitianawal(analisiskebutuhan)terhadap35siswakelasXMM2SMKNegeri12Malang.(2)perencanaanprodukawal.(3)evaluasiahli.(4)merevisihasilujicobaprodukawal(sesuaihasilevaluasiahli).(5)ujicobakelompokkecilmenggunakan10subyek.(6)ujicobakelompokbesarmenggunakan25subyek.(7)merevisihasilujicobakelompokbesarberdasarkanhasilevaluasiahlisekaligusmenyempurnakanproduk.Darihasilanalisisvalidasiahlipembelajarandiperolehhasil70%danahlibolavolidiperolehhasil76%makaprodukpengembanganlayakdigunakansebagaimediapembelajaranpadakegiatanpembelajaranbolavolidiSMKNegeri12Malang.Darihasilujicoba(kelompokkecil)diperolehpersentasesebesar865%danpadaujilapangan(kelompokbesar)diperolehpersentasesebesar8704%sehinggaprodukpengembangandapatdigunakan.Berdasarkanhasilujiahlidanujilapangandapatdisimpukanbahwapengembanganmodelpermainanpasingbawahbolavoliinimemilikikategoribaikdandapatdigunakanuntukkegiatanpembelajaran.Denganadanyapengembanganmodelpermainanpasingbawahbolavoliinidiharapkandapatmeningkatkanmotivasibelajardankeaktifansiswadalammempraktikkanmateribolavolikhususnyateknikdasarpasingbawahbolavoli.esdiyantoM.Kes(2)Drs.SetyoBudiwantoM.Kes.KataKunciPengembanganPermainanPasingBawahBolavoliPembelajaranpendidikanjasmaniolahragadankesehatandiSMKNegeri12Malangkhususnyamateribolavolikurangmaksimaldalampelaksanaannya.Halinidisebabkanolehkurangnyavariasidalampembelajaranbolavoliyangdiberikanolehgurunya.PadapenelitianawalpenelitimelakukanwawancaradengangurupendidikanjasmaniSMKNegeri12Malang.Berdasarkananalisiskebutuhandenganwawancarakepadagurupendidikanjasmanidiketahuibahwasiswakurangberminatdalammenerimadanmempraktikkanmateribolavolimulaidaripemanasanintibahkansaatevaluasi.Selanjutnyapenelitimelakukananalisiskebutuhandalambentukangketkepada35siswayangterdiridari9siswalaki-lakidan26siswiperempuanyangtelahdiberikanpadahariKamis4Oktober2012.HasildarianalisiskebutuhanterhadapsiswakelasXMM2SMKNegeri12Malangmenyatakansetujuapabiladiberikanpengembanganmodelpermainanpasingbawahbolavoli.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanmodelpermainanpasingbawahbolavoliuntuksiswakelasXMM2SMKNegeri12Malangdenganharapandapatmeningkatkanmotivasibelajardankeaktifansiswadalammempraktikkanberbagaivariasidankombinasimateribolavolikhususnyateknikdasarpasingbawah.PenelitianyangdilaksanakandiSMKNegeri12MalanginimenggunakanmodelpengembanganyangmengacupadamodelpengembanganolegBorgGallyangmemilikitahapansebagaiberikut(1)penelitianawal(analisiskebutuhan)terhadap35siswakelasXMM2SMKNegeri12Malang.(2)perencanaanprodukawal.(3)evaluasiahli.(4)merevisihasilujicobaprodukawal(sesuaihasilevaluasiahli).(5)ujicobakelompokkecilmenggunakan10subyek.(6)ujicobakelompokbesarmenggunakan25subyek.(7)merevisihasilujicobakelompokbesarberdasarkanhasilevaluasiahlisekaligusmenyempurnakanproduk.Darihasilanalisisvalidasiahlipembelajarandiperolehhasil70%danahlibolavolidiperolehhasil76%makaprodukpengembanganlayakdigunakansebagaimediapembelajaranpadakegiatanpembelajaranbolavolidiSMKNegeri12Malang.Darihasilujicoba(kelompokkecil)diperolehpersentasesebesar865%danpadaujilapangan(kelompokbesar)diperolehpersentasesebesar8704%sehinggaprodukpengembangandapatdigunakan.Berdasarkanhasilujiahlidanujilapangandapatdisimpukanbahwapengembanganmodelpermainanpasingbawahbolavoliinimemilikikategoribaikdandapatdigunakanuntukkegiatanpembelajaran.Denganadanyapengembanganmodelpermainanpasingbawahbolavoliinidiharapkandapatmeningkatkanmotivasibelajardankeaktifansiswadalammempraktikkanmateribolavolikhususnyateknikdasarpasingbawahbolavoli.