Survei kondisi sarana dan prasarana pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan tingkat SMP negeri di Kabupaten Blitar / Galih Candra Aji
Main Author: | Aji, Galih Candra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/50606/ |
Daftar Isi:
- vRINGKASANAjiGalihCandra.2019.SurveiKondisiSaranadanPrasaranaPembelajaranPendidikanJasmanidanKesehatanTingkatSMPNegeriDiKabupatenBlitar.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.TatokSugiartoS.Pd.M.Pd.(2)FebritaPaulinaHeynoekS.Pd.M.Pd.KataKuncisurveisaranadanprasaranaSMPNegeriBlitar.Peningkatanmutupendidikanmerupakansalahsatuwacanapentingdalampenyelenggaraansistempendidikannasional.UntukdapatmencapaitujuantersebutpemerintahtelahmenyusunkurikulumdanmenentukanmatapelajaransalahsatunyaPendidikanJasmanidanKesehatan.Pendidikanjasmanimempunyaiperananpentingdalamkegiatanpembelajarandisekolahyaitumemberikankesempatankepadasiswauntukterlibatlangsungdalamberbagaipengalamanbelajarmelaluiaktifitasjasmani.Agarpembelajaranpendidikanjasmanidapatberjalandenganbaikdiperlukansaranadanprasaranayangbaikdansesuaidenganstandar.Belumadanyadatayangakuratmengenaikondisisaranadanprasaranamendorongpenelitiuntukmenelitihaltersebut.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuikeadaankondisidanjumlahsaranadanprasaranapendidikanjasmanidankesehatantingkatSekolahMenengahPertamadiKabupatenBlitar.DiharapkandenganpenelitianinidapatmemberimasukanpadapihaktertentusepertisekolahdanDinasPendidikansetempat.Penelitianinimerupakanjenispenelitiansurveidenganmenggunakanteknikanalisisdeskriptifkuantitatif.Penelitianinimenggunakantekniksamplingwilayah(areasampling)membagiwilayahKabupatenBlitarmenjadi4bagian.Adapunprosespengumpulandatapadapenelitianiniterdapatduatahapyaitu1)persiapandan2)pelaksanaan.BerdasarkanhasilpenelitianyangtelahdilakukandiperolehhasilbahwaketersediaansaranadanprasaranadiSMPNegeri2Wlingimemperolehhasil485%ketersediaansaranadanprasaranadiSMPNegeri1Talunmemperolehhasil648%ketersediaansaranadanprasaranadiSMPNegeri1Kesambenmemperolehhasil62%ketersediaansaranadanprasaranadiSMPNegeri1Binangunmemperolehhasil307%ketersediaansaranadanprasaranadiSMPNegeri1Sutojayanmemperolehhasil509%ketersediaansaranadanprasaranadiSMPNegeri2Sutojayanmemperolehhasil456%ketersediaansaranadanprasaranadiSMPNegeri1Sanankulonmemperolehhasil316%ketersediaansaranadanprasaranadiSMPNegeri1Ponggokmemperolehhasil525%.Darihasilanalisistersebutberdasarkanskorsertakategorikelayakandiketahuibahwasebanyak625%sekolahdiKabupatenBlitartermasukdalamkategoriKurangLayakdansebanyak375%masukdalamkategoriCukupLayakuntukkategoriTidakLayaksebanyak0%begitujugauntukKategoriLayaksebanyak0%.JadidapatdisimpulkanbahwasaranadanprasaranayangtersediapadaSMPNegeridiKabupatenBlitarmendapatkanskor4835%dantermasukdalamkategoriKurangLayak.