Pengaruh model pembelajaran passing berpasangan dan small sided game terhadap hasil belajar passing pada peserta ekstrakurikuler futsal / Muhammad Septiyan
Main Author: | Septiyan, Muhammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/50583/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKSeptiyanMuhammad.2017.PengaruhModelPembelajaranPassingBerpasangandanSmallSidedGameterhadapHasilBelajarKeterampilanPassingpadaPesertaEkstrakurikulerFutsalSekolahMenengahKejuruanMuhammadiyah1Kepanjen.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.HariyokoM.Pd(II)Dr.EkoHariyantoM.PdKatakuncimodelpembelajaranpassingberpasangansmallsidedgameketerampilanpassingfutsal.futsaladalaholahragapermainansepakboladenganlapangandangawanglebihkecilbiasanyadimainkandidalamruanganbesarmasing-masingtimterdiriataslimaorang.Dalamsuatupermainanfutsalpassingbolamerupakansalahsatuteknikyangharusdimilikikarenamempunyaiperananpentingdalampermainanfutsal.Dalamproseslatihanmenunjukkanadanyamasalahyaitukurangnyaketerampilanpassingbelumdikuasaidenganbaik.Salahsatucarauntukmeningkatkanadalahdenganmenggunakanlatihanpassingberpasangan.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiadatidaknyapengaruhpembelajaranpassingberpasangandansmallsidedgameterhadaphasilbelajarketerampilanpassingfutsal.Rancanganpenelitianyangdipakaiadalahpenelitianeksperimendenganmenggunakansampelpenelitian30siswapesertaekstrakurikulerfutsalSekolahMenengahKejuruanMuhammadiyah1Kepanjen.Sampeldibagidalamduakelompokdengancaraordinalpairingmatching.Instrumenyangdigunakandalampenelitianadalahtespassingbolarendah.HasilanalisisvariansmenggunakanujiFskorketerampilantesawaldengantesakhirkelompokpembelajaranpassingberpasangandiperolehhasilujisignifikasiyaituFhitung56Ftabel00542skorketerampilantesawaldengantesakhirkelompoklatihansmallsidedgamediperolehhasilujisignifikasiyaituFhitung121Ftabel00542danselisihskorketerampilantesakhirmasing-masingkelompoklatihandiperolehhasilujisignifikasiyaituFhitung485Ftabel00542makadariitudapatdisimpulkanbahwatidakadaperbedaanpengaruhyangsignifikanantarakelompokpembelajaranpassingberpasagandengankelompokpembelajaransmallsidedgame.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapembelajarandenganmenggunakanmodelsmall-sidedgamesmemberikanpengaruhyanglebihbaikdibandingkanpembelajaranmenggunakanmodelpassingberpasanganterhadaphasilbelajarpassingfutsalpesertaekstrakurikulerfutsalSMK.SaranyangdapatdiberikankepadapembinaekstrakurikulerfutsalSMKhendaknyamemilihpembelajaranyanglebihbaikuntukmeningkatkanhasilbelajarpassingpesertadidiknyasalahsatunyadenganmetodesmall-sidedgames..