Pengaruh model pembelajaran passing berpasangan dan small sided game terhadap hasil belajar passing pada peserta ekstrakurikuler futsal / Muhammad Septiyan

Main Author: Septiyan, Muhammad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/50583/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKSeptiyanMuhammad.2017.PengaruhModelPembelajaranPassingBerpasangandanSmallSidedGameterhadapHasilBelajarKeterampilanPassingpadaPesertaEkstrakurikulerFutsalSekolahMenengahKejuruanMuhammadiyah1Kepanjen.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.HariyokoM.Pd(II)Dr.EkoHariyantoM.PdKatakuncimodelpembelajaranpassingberpasangansmallsidedgameketerampilanpassingfutsal.futsaladalaholahragapermainansepakboladenganlapangandangawanglebihkecilbiasanyadimainkandidalamruanganbesarmasing-masingtimterdiriataslimaorang.Dalamsuatupermainanfutsalpassingbolamerupakansalahsatuteknikyangharusdimilikikarenamempunyaiperananpentingdalampermainanfutsal.Dalamproseslatihanmenunjukkanadanyamasalahyaitukurangnyaketerampilanpassingbelumdikuasaidenganbaik.Salahsatucarauntukmeningkatkanadalahdenganmenggunakanlatihanpassingberpasangan.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiadatidaknyapengaruhpembelajaranpassingberpasangandansmallsidedgameterhadaphasilbelajarketerampilanpassingfutsal.Rancanganpenelitianyangdipakaiadalahpenelitianeksperimendenganmenggunakansampelpenelitian30siswapesertaekstrakurikulerfutsalSekolahMenengahKejuruanMuhammadiyah1Kepanjen.Sampeldibagidalamduakelompokdengancaraordinalpairingmatching.Instrumenyangdigunakandalampenelitianadalahtespassingbolarendah.HasilanalisisvariansmenggunakanujiFskorketerampilantesawaldengantesakhirkelompokpembelajaranpassingberpasangandiperolehhasilujisignifikasiyaituFhitung56Ftabel00542skorketerampilantesawaldengantesakhirkelompoklatihansmallsidedgamediperolehhasilujisignifikasiyaituFhitung121Ftabel00542danselisihskorketerampilantesakhirmasing-masingkelompoklatihandiperolehhasilujisignifikasiyaituFhitung485Ftabel00542makadariitudapatdisimpulkanbahwatidakadaperbedaanpengaruhyangsignifikanantarakelompokpembelajaranpassingberpasagandengankelompokpembelajaransmallsidedgame.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapembelajarandenganmenggunakanmodelsmall-sidedgamesmemberikanpengaruhyanglebihbaikdibandingkanpembelajaranmenggunakanmodelpassingberpasanganterhadaphasilbelajarpassingfutsalpesertaekstrakurikulerfutsalSMK.SaranyangdapatdiberikankepadapembinaekstrakurikulerfutsalSMKhendaknyamemilihpembelajaranyanglebihbaikuntukmeningkatkanhasilbelajarpassingpesertadidiknyasalahsatunyadenganmetodesmall-sidedgames..