Pemetaan waktu aktif belajar pada pembelajaran bola basket di SMPN 11 Malang / Yulia Widarini

Main Author: Widarini, Yulia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/50553/
Daftar Isi:
  • RINGKASANWidariniYulia.2018.PemetaanWaktuAktifBelajarPadaPembelajaranBolabasketdiSMPN11Malang.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)FebritaPaulinaHeynoekS.PdM.Pd(II)FahrialAmiqS.OrM.PdKataKunciWaktuaktifbelajarpembelajaranpendidikanjasmanimateribolabasketIdealnyapembelajaranyangefektifdalampendidikanjasmaniolahragadankesehatandapatdianalisismelaluitingginyarata-ratawaktubelajaryangtepatdandiikutirendahnyawaktumenunggu.PadakenyataannyabahwapembelajaranpendidikanjasmaniolahragadankesehatandiSMPN11Malangbelumpernahdilakukanpengukurantingkatwaktuaktifbelajarpadamateribolabasket.Halinidikarenakangurubelummengetahuitolakukuryangbaikdanbenardalammengukurwaktuaktifbelajarpadamateribolabasket.TujuanpenelitianyaituuntukmengetahuiwaktuaktifbelajardanmengetahuiefektivitaspembelajaranyangdilakukanpadapembelajaranbolabasketdiSMPN11Malang.Jenispenelitianiniadalahpenelitiansurveidenganpendekatandeskriptifkuantitatifdankualitatif.PelaksanaannyadilakukanmelaluitesAcademicLearningTime-PhysicalEducation(ALT-PE).PopulasidalampenelitianiniadalahkelasVIIdanVIIIyangberjumlah16kelas.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwarata-ratatesALT-PEkelasVIIdankelasVIIIdiSMPN11Malangmemperoleh13.02%untukkriteriaactivity(A)4.90%untukkriteriatransition(T)35.14%untukkriteriamanagement(M)16.17%untukkriteriaknowledge(K)15.50%untukkriteriawaiting(W)dan15.27%untukkriteriaofftask(O).SedangkanmenurutpanduantesAcademicLearningTime-PhysicalEducation(ALT-PE)untukkriteriaactivity(A)haruslebihbesardari50%danuntukkriteriaknowledge(K)antara10-25%.Untukkriteriawaiting(W)management(M)transition(T)danofftask(O)harusserendahmungkin.KesimpulannyabahwatingkatwaktuaktifbelajarpadapembelajaranbolabasketdiSMPN11MalangmelaluitesAcademicLearningTime-PhysicalEducation(ALT-PE)dalamkategorikurang.Kurangnyawaktuaktifbelajarpesertadidikdikarenakansebagianbesarwaktuyangdigunakandalamprosespembelajarandihabiskanuntukpengelolaankelas.SelanjutnyadiharapkandenganmenggunakantesALT-PEdijadikanevaluasipembelajaransehinggadapatmeningkatkanevektivitaspembelajaranbolabasket.