Pemetaan waktu aktif belajar pada pembelajaran bola basket di SMPN 11 Malang / Yulia Widarini
Main Author: | Widarini, Yulia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/50553/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANWidariniYulia.2018.PemetaanWaktuAktifBelajarPadaPembelajaranBolabasketdiSMPN11Malang.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)FebritaPaulinaHeynoekS.PdM.Pd(II)FahrialAmiqS.OrM.PdKataKunciWaktuaktifbelajarpembelajaranpendidikanjasmanimateribolabasketIdealnyapembelajaranyangefektifdalampendidikanjasmaniolahragadankesehatandapatdianalisismelaluitingginyarata-ratawaktubelajaryangtepatdandiikutirendahnyawaktumenunggu.PadakenyataannyabahwapembelajaranpendidikanjasmaniolahragadankesehatandiSMPN11Malangbelumpernahdilakukanpengukurantingkatwaktuaktifbelajarpadamateribolabasket.Halinidikarenakangurubelummengetahuitolakukuryangbaikdanbenardalammengukurwaktuaktifbelajarpadamateribolabasket.TujuanpenelitianyaituuntukmengetahuiwaktuaktifbelajardanmengetahuiefektivitaspembelajaranyangdilakukanpadapembelajaranbolabasketdiSMPN11Malang.Jenispenelitianiniadalahpenelitiansurveidenganpendekatandeskriptifkuantitatifdankualitatif.PelaksanaannyadilakukanmelaluitesAcademicLearningTime-PhysicalEducation(ALT-PE).PopulasidalampenelitianiniadalahkelasVIIdanVIIIyangberjumlah16kelas.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwarata-ratatesALT-PEkelasVIIdankelasVIIIdiSMPN11Malangmemperoleh13.02%untukkriteriaactivity(A)4.90%untukkriteriatransition(T)35.14%untukkriteriamanagement(M)16.17%untukkriteriaknowledge(K)15.50%untukkriteriawaiting(W)dan15.27%untukkriteriaofftask(O).SedangkanmenurutpanduantesAcademicLearningTime-PhysicalEducation(ALT-PE)untukkriteriaactivity(A)haruslebihbesardari50%danuntukkriteriaknowledge(K)antara10-25%.Untukkriteriawaiting(W)management(M)transition(T)danofftask(O)harusserendahmungkin.KesimpulannyabahwatingkatwaktuaktifbelajarpadapembelajaranbolabasketdiSMPN11MalangmelaluitesAcademicLearningTime-PhysicalEducation(ALT-PE)dalamkategorikurang.Kurangnyawaktuaktifbelajarpesertadidikdikarenakansebagianbesarwaktuyangdigunakandalamprosespembelajarandihabiskanuntukpengelolaankelas.SelanjutnyadiharapkandenganmenggunakantesALT-PEdijadikanevaluasipembelajaransehinggadapatmeningkatkanevektivitaspembelajaranbolabasket.