Pengembangan permainan gerak dasar lokomotor dan manipulatif pada siswa kelas III SDN Bareng 3 Kota Malang / Aimanun Nisa'
Main Author: | Nisa', Aimanun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/50551/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNisaAimanun.2018.PengembanganPermainanGerakDasarLokomotordanManipulatifPadaSiswaKelasIIISDNBareng3KotaMalang.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)FebritaPaulinaHeynoekS.PdM.Pd(2)FahrialAmiqS.OrM.PdKatakunciPermainanGerakLokomotorGerakManipulatifDalammatapelajaranpendidikanjasmaniolahragadankesehatanyangdidalamnyaterdapatmateritentangpermainanberperanuntukmemberikanfasilitasbagisiswauntukmelakukanpermainan-permainanyangdapatmelatihketerampilangerakdasarlokomotordanmanipulatifmenjadilebihbaik.Adabanyakhalyangbisadilakukanpendidikuntukmencapaitujuanyangdiinginkandalampembelajaranbaikdaristrategimetodebahkandalamhalmediayangdigunakan.Berdasarkanpenyebaranangketterhadap30respondenkelas3SDNBareng3KotaMalangsurveimembuktikanbahwasiswamembutuhkanpengembanganpermainanyangbaruuntukbelajaragarpembelajaranmenjadilebihefektifdanefisien.TujuanpenelitianiniadalahmengembangkanpermainangerakdasarlokomotordanmanipulatifuntuksiswakelasIIISDNBareng3KotaMalangyangdiharapkandapatdigunakandalampembelajaranpendidikanjasmaniolahragadankesehatan.DalampenelitianinipenelitimenggunakanmodelpenelitiandanpengembangandariBorgdanGallyangkemudiandimodifikasiolehpenelitisesuaidenganArdhanahanyamenggunakan7langkahuntukpengembanganpermainangerakdasarlokomotordanmanipulatifyaitu1)Analiiskebutuhan2)Pembuatanprodukawal3)Ujicobakelompokkecil4)Revisiprodukawal5)Ujicobakelompokbesar6)Revisiprodukakhir7)Hasilprodukakhir.Berdasarkanhasilanalisisdataujicobakelompokkecildiperolehpersentaserata-rata9604%yangberartibahwapermainanlayakuntukdiujicobakankedalamkelompokbesardankelompokbesardiperolehpersentaserata-rata9597%layakdigunakandalampembelajaransehinggadapatdisimpulkanbahwapermainangerakdasarlokomotordanmanipulatifuntuksiswakelasIIISDNBareng3KotaMalangsangatjelasdanmudahuntukdipraktikkansaatprosespembelajaran.Diharapkanhasilpengembanganinidapatmembantupesertadidiksaatprosespembelajarandandapatmembantupendidikagarmemilikisuatubahanbelajarbaruyaitumacam-macampermainangerakdasarlokomotordanmanipulatifyangakanmembantutercapainyasalahsatutujuanpembelajaran.