Pengembangan model pembelajaran teknik dasar sepakbola untuk siswa kelas VII dalam bentuk video di SMP Katolik Mardiwiyata Kota Malang / Angga Mahardika
Main Author: | Mahardika, Angga |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/50498/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMahardikaAngga.2017.PengembanganModelPembelajaranTeknikDasarSepakbolaDalamBentukVideoUntukSiswaKelasVIIdiSMPKatolikMardiwiyataKotaMalang.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)FahrialAmiqS.Or.M.Pd(2)FebritaPaulinaHeynoekS.Pd.M.PdKataKuncipenelitianpengembangansepakbolapembelajaranteknikdasar.Sepakbolaadalaholahragayangmembutuhkankerjasamatim.Dalamolahragasepakbolamembutuhkanpenguasaanteknikpengolahanboladanpengertianantarapemainsatudenganpemainlainnya.BerdasarkanhasilobservasidanwawancaradenganguruPendidikanJasmanidiSMPKatolikMardiwiyataKotaMalangdibutuhkansuatuvariasimodelpembelajaranbagisiswa.Setelahdilakukananalisiskebutuhandiperolehdata35%siswasangattertarikdan375%siswatertarikterhadapolahragasepakbola875%siswakesulitandalampenguasaanmateriyangdiberikantentangsepakbola90%menyatakansiswamembutuhkanmodelpembelajaranyangbervariasi.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengembangkanpembelajaranteknikdasarsepakboladalambentukvideountuksiswakelasVIIdiSMPKatolikMardiwiyataKotaMalang.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianpengembanganyangmengacupadateoriResearchandDevelopmentBorgdanGallyangtelahdimodifikasidisesuaikandengankeadaandilapanganmengacuteoriArdhana.Dari10langkahpengembanganyangdikemukakanBorgdanGallpenelitimenggunakan7langkahsajadikarenakanketerbatasanwaktutenagasertabiaya.Penelitianinimelaluibeberapatahapantaralain1)evaluasiprodukdari1ahlisepakbola1ahlikepelatihansepakbola1ahlimedia2)ujicobakelompokkecildanujicobalapangankelompokbesar3)tahappengolahandata.Berdasarkanevaluasi1ahlisepakboladiperolehhasil7625%1ahlipembelajarandiperolehhasil80%dan1ahlimediadiperolehhasil75%sehinggaprodukdinyatakanlayakuntukdiujicobakanpadakelompokkecil.Berdasarkanujikelompokkecilyangdilakukanoleh10siswakelasVIIdiSMPKatolikMardiwiyataKotaMalangdiperolehhasil8475%sedangkandariujilapangan(kelompokbesar)yangdilakukanoleh40siswakelasVIIdiSMPKatolikMardiwiyataKotaMalangdiperolehhasil8721%.sehinggaprodukpengembanganmodelpembelajaranteknikdasarsepakbolayangdikemasdalambentukvideodinyatakanlayakdigunakansebagaimodelpembelajaranteknikdasarsepakbolauntuksiswakelasVIIdiSMPKatolikMardiwiyataKotaMalang.Denganadanyaprodukpengembanganmodel-modelpembelajaranteknikdasarsepakboladalambentukvideoinidiharapkandapatmembantusiswa-siswakelasVIIdalamupayamempelajarimaterimatapelajaranPendidikanJasmaniOlahragadanKesehatantentangsepakbolayangdiharapkansiswatuntasdalammelakukanpembelajaran.Pengembanganmodelpembelajaranteknikdasarsepakbolainidiharapkandapatdikembangkanlagisupayalebihvariatifsehinggasiswatidakmengalamikebosanandenganmodelpembelajaranyangada.ABSTRACTMahardikaAngga.2017.DevelopmentofLearningModelofBasicTechniqueofFootballinVideoForStudentVIIGradeChatolicJuniorHighSchoolMardiwiyataMalang.ThesisDepartmentofPhysicalEducationandHealthSportScienceFacultyStateUniversityofMalang.Counselor(I)FahrialAmiqS.Or.M.Pd(2)FebritaPaulinaHeynoekS.Pd.M.PdKeywordresearchanddevelopmentfootballlearningbasictechnicFootballisasportthatrequiresteamwork.Herethissportsrequiresmasteryofballprocessingtechniquesandunderstandingbetweenplayersonewithotherplayers.BasedontheobservationsandinterviewswithphysicaleducationandhealthteacherinChatolicJuniorHighSchoolMardiwiyataMalangrequiredavarietyoflearningmodelsforstudents.Afterdonetheneedsanalysis35%ofthestudentswereveryinterestedand37.5%ofthestudentswereinterestedinfootball87.5%ofstudentshaddifficultiesinmasteringthematerialgivenaboutfootball90%statedthatstudentsneedavariedlearningmodel.ThisresearchwaspurposedwiththeaimtodeveloplearningfootballbasictechniqueintheformofvideoforVIIgradestudentsinChatolicJuniorHighSchoolMardiwiyataMalang.ThisresearchusesadevelopmentresearchdesignthatreferstothetheoryofResearchandDevelopmentBorgandGallthathasbeenmodifiedwithsituationinthefieldreferstotheArdhanastheory.From10developmentstepsproposedbyBorgandGalltheresearcheruses7stepsonlybecauseoftimepowerandcost.Thisresearchisconductedthroughseveralstages1)productevaluationfrom1soccerexpert1soccercoachand1mediaexpert2)smallgrouptrialandlargegroupfieldtrials3)dataprocessingstage.Theinstrumentsusedinthisstudywerequestionnairesduringsmallgrouptrialsandlargegrouptrials.Fromtheevaluationof1soccerexpertobtained76.25%results1expertlearningobtained80%resultsand1mediaexpertobtainedresults75%sotheproductdeclaredeligibletobepilotedonsmallgroupswithlittleminorrevisions.Fromthesmallgrouptestconductedby10studentsofgradeVIIinChatolicJuniorHighSchoolMardiwiyataMalangwiththenumberofinstrumentsforsmallgrouptestobtainedtheresultof84.75%whilefromthefieldtest(largegroup)by40studentsofgradeVIIinChatolicJuniorHighSchoolMardiwiyataMalangMalangobtained87.21%.sothattheproductdevelopmentoflearningmodeloffootballbasictechniquewhichispackagedintheformofvideodeclaredeligibletobeusedasamodeloflearningbasicsoccertechniqueforgradeVIIstudentsinChatolicJuniorHighSchoolMardiwiyataMalang.WithexistencemodelsresearchanddevelopmentproductthelearningofbasictechnicfromfootballinvideoformitshopecanhelpgradeVIIstudentsinaattempttolearningphysicaleducationandhealthsubjectsaboutfootballstudentsareexpectedtocompleteinlearning.Researchanddevelopmentproductthelearningofbasictechnicfromfootballisexpectedcandevelopedagaintobemorevariedsothestudentsdontexperienceboredomwithexistinglearningmodels.