Pengembangan model permainan lompat dalam pembelajaran pendidikan jasmani materi lompat jauh gaya menggantung kelas VIII A di SMP Negeri 2 Sutojayan Kabupaten Blitar / Rinaldi Aditya Budhitama
Main Author: | Budhitama, Rinaldi Aditya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/50483/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAdityaRinaldi.2017.PengembanganModelPermainanLompatdalamPembelajaranPendidikanJasmaniMateriLompatJauhGayaMenggantungKelasVIIIAdiSMPNegeri2SutojayanKabupatenBlitar.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SitiNurrochmahM.Kes.(II)Drs.TatokSugiartoS.Pd.M.Pd.KataKuncipengembanganpembelajaranpendidikanjasmanimaterilompatjauhmodelpermainanlompat.LompatjauhgayamenggantungmerupakansalahsatucabangolahragaatletikdimanacabangatletikinidiajarkandalamduniaPendidikanJasmaniOlahragadanKesehatan.Materilompatjauhgayamenggantungdenganmenggunakanmodelpermainanlompatmerupakansalahsatucarauntukmenarikminatdankemampuanpesertadidikpadamaterilompatjauhgayamenggantung.BerdasarkanpengamatandiketahuibahwapesertadidikkelasVIIIAdiSMPNegeri2SutojayanKabupatenBlitarkurangantusiaspadamaterilompatjauhgayamenggantunghalinidikarenakankurangnyabentukmodelpermainanlompatpadamaterilompatjauhgayamenggantung.BerdasarkanpengamatanpenelititersebutmakaperludikembangkanpembelajarandalambentukmodelpermainanlompatuntukmenarikminatsertamenambahkemampuansiswadalammengikutiprosespembelajaranPendidikanJasmaniOlahragadanKesehatankhususnyapadamaterilompatjauhgayamenggantung.TujuandaripenelitiandanpengembanganadalahuntukmengembangkanmodelpermainanlompatpadapesertadidikkelasVIIIAdiSMPNegeri2SutojayanKabupatenBlitaryangdiharapkandapatmenarikminatdankemampuanpesertadidikagarlebihbaikdanbenardalammengikutimaterilompatjauhgayamenggantung.Penelitianinimerupakanjenispenelitiandanpengembanganyangmengacupadateori(ResearchandDivelopment)BorgandGalldariyangsemula10langkahyangdikemukakanolehBorgandGall(1983775)namunpenelitisederhanakanmenjadi7langkahyangmeliputipengumpulaninformasi(2)rancanganprodukawal(3)evaluasiahli(4)revisiIrancanganproduk(5)ujicobakecil(6)revisiIIdanUjicobalapangan(7)revisidanprodukakhir.Hasilevaluasiahlidiperolehahliatletik8467%(cukupvalid)ahlimedia7788%(cukupvalid)ahlipermainan7916%(cukupvalid)danahlipembelajaranatletik7692%(cukupvalid)sehinggasiapuntukdiujicobakan.Untukujicobakelompokkecilsendirimemperolehpresentasesebesar8486%(sangatvalid)danujicobakelompokbesarmemperolehprsentasesebesar8552%(sangatvalid).KesimpulandarihasilpenelitiandanpengembanganmodelpermainanlompatpadapesertadidikkelasVIIIAdiSMPNegeri2Sutojayanbisadigunakandalamprosespembelajaransehinggadapatmenarikminatdanmeningkatkankemampuanpesertadidikdalammengikutiprosespembelajaranpendidikanjasmanimaterilompatjauhgayamenggantung.