Pengembangan latihan teknik guntingan kategori tanding pada siswa ekstrakurikuler pencak silat di SMA Negeri 5 kediri / Yosi Amura Hasikin
Main Author: | Hasikin, Yosi Amura |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/50461/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHasikinYosiAmura.2016.PengembanganLatihanTeknikGuntinganKetegoriTandingPadaSiswaEkstrakurikulerPencakSilatdiSekolahMenengahAtasNegeri5KediriMenggunakanMediaVCD.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.EkoHariyantoM.Pd(II)FebritaPaulinaHS.PdM.PdKataKuncipencaksilatmediapembelajaranlatihanguntingan.BerdasarkanobservasiawalyangdilakukanpenelitidiSekolahMenengahAtasNegeri5Kedirisebagianbesarsiswaseringmelakukankesalahanpadasaatmelakukanteknikguntingankarenapadasaatlatihanpelatihhanyamemberikanlatihanglobal(menyeluruh)kepadasiswa.Padapenelitianawalmelaluipenyebaranangketanalisiskebutuhankepada20siswadapatdisimpulkanbahwa100%siswatidakpernahmendapatkanlatihanteknikjatuhanmenggunakanseranganbawah(guntingan)denganmediaVCD.OlehkarenaituperluadanyavariasailatihanmenggunakanmediaVCDuntukmempermudahproseslatihan.PenelitianinibertujuanuntukmengembangkanlatihanteknikguntinganmenggunakanmediaVCDuntuksiswaekstrakurikulerdiSekolahMenengahAtasNegeri5Kediriuntukmembantudalammempercepatpemahamankonsepteknikguntingan.Sepuluhlangkahmodelpengembanganyangtidakharusditerapkansecarakeseluruhantetapipengembangdapatmemilihdanmenentukanlangkah-langkahyangpalingtepatdenganmenyesuaikankondisikhususyangdihadapidalamprosespengembangan.Olehkarenaitupenelititidakmenggunakanmetodepengembangantersebutsecarakeseluruhanakantetapipenelitihanyamenggunakanlangkah-langkahberdasarkanpertimbangankebutuhanuntukmenghasilkanprodukpengembanganlatihanteknikguntingan.Antaralain1)Observasidananalisiskebutuhan2)Evaluasiahlimediadanahlipencaksilat3)Ujicobakelompokkecil4)Ujicobakelompokbesar5)Revisiproduk.Berdasarkanhasilanalisisdataujicobakelompokkecildiperolehpersentasesebanyak91875%gerakanvariasilatihansesuai96875%rangkaianvariasilatihanmenarikdan7685%gerakanvariasilatihanjelas.Ujicobakelompokbesardiperolehpersentasesebanyak76875%gerakanvariasilatihansesuai975%rangkaianvariasilatihanmenarikdan7545%gerakanvariasilatihanjelas.Dapatdisimpulkanbahwapengembanganmediapembelajaraninidapatdigunakandalampembelajaranekstrakurikulerpencaksilat.PengembanganvideopembelajaranlatihanguntinganpadaekstrakurikulerpencaksilatdiSekolahMenengahAtasNegeri5KediriyangdikemasdalambentukVCDyangnantinyadapatberjalandisemuakomputerdengansajianvideodanaudiosekaliguspenjelasanyangterperincisehinggamembuatpenggunalebihtertarikdalammempelajarinya.ABTRACTHasikinYosiAmura.2016.DevelopmentofUnderAttackCutoutTechniqueTrainingUsingVCDforExtracurricularMaterialArtatSeniorHighSchool5ofKediri.ThesisDepartmentOfPhysicalEducationAndHealthFacultyOfSportSciencesStateUniversityOfMalang.Advisor(I)Dr.EkoHariyantoM.Pd(II)FebritaPaulinaHS.PdM.PdKeywordmaterialartinstructionalmediaexerciseunderattactcutoutBasedonpreliminaryobservationsconductedbyresearchersatSeniorHighSchool5Kediri.Moststudentsoftenmakemistakeswhendoingcutoutstechniquebecauseatthetimeofexercisetrainingtrainersonlyprovideglobal(overall)tostudents.Atthebeginningofthestudythroughneedsassessmentto20studentsitwasfoundthat100%ofstudentsnevergottechnicaltrainingunderattackdown(cutouts)withmediaVCDThereforeitisnecessarytousetheexercisewithVCDmediatofacilitatethetrainingprocess.ThisstudyintendedtodevelopaexerciseunderattactcutoutusingmediaVCDforextracurricularmaterialartatSeniorHighSchool5Kediriforassistinacceleratingtheunderstandingofconceptsunderattackcutoutstechnique.TheResearchanddevelopmentusethemethodologyofresearchanddevelopmentshouldfromtotenstepsbutdeveloperscanpickandchoosethemeasuresmostappropriatetoadjustthespecialconditionsencounteredinthedevelopmentprocess.Thereforeresearchersarenotusingthedevelopmentasawholebuttheresearchersonlyusethestepsbasedonrequirementstoproducetheproductdevelopmentengineeringexercisecutouts.Consistingof(1)Observationandassesment(2)Evaluationoftheexpertconsistingofthefirstisexpertofthemediaandthesecondisintheexpertofmaterialart(3)Preparationoftestingofsmallgroups(4)Thetestingoffield(largegroups)(5)Revisionoftestingofproduct.Resultsofanalysisdataofsmallgroupshavebeenmetthecriteriathatis91875%movementexercisevariationsappropriate96875%aseriesofinterestingexercisevariationsand7685%movementexercisevariationsclear.Fromtheresultsofthefieldtest(largegroups)76875%movementexercisevariationsappropriate975%aseriesofinterestingexercisevariationsand7545%movementexercisevariationsclear.InconclusionthedevelopedproductintheformofDevelopmentofUnderAttackCutoutTechniqueTrainingUsingVCDforExtracurricularMaterialArtatSeniorHighSchool5ofKedirihasbeenappropriatetouseforextracurricularmaterialart.Thesuggestionsinthisdevelopmentconsistoftheuseoftheproductrecommendedusingcomputerwithvideopresentationsandaudioatthesameexpositionitismakingtheusermoreinterestedforlearning.