Pengaruh gaya mengajar komando dan gaya mengajar resiprokal terhadap hasil belajar keterampilan passing peserta didik ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 6 Malang / Gilang Arief Ramadhan
Main Author: | Ramadhan, Gilang Arief |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/50387/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAriefRamadhanGilang.2017.PengaruhGayaMengajarKomandodanGayaMengajarResiprokalterhadapHasilBelajarKeterampilanPassingPesertaEkstrakurikulerSepakboladiSMPNegeri6Malang.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.HariyokoM.Pd.(II)Dra.SriPurnamiM.Pd.KataKuncigayamengajarkomandogayamengajarresiprokalketerampilanpassing.Sepakbolaadalahsuatupertandinganyangdimainkan2timyangmasing-masingberanggotakan11orangpemainmasing-masingmempertahankansebuahgawangdanmenjebolgawanglawan.Dalampermainansepakbolasalahsatuteknikpentingyangharusdikuasaiadalahpassing.Dalampermainansepakbolasalahsatuteknikpentingyangharusdikuasaiadalahpassing.Passingmerupakanupayamemberikanbolakepadatemanuntukmenguasaipermainandapatdilakukandenganseluruhanggotabadankecualitangan.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhgayamengajarkomandodangayamengajarresiprokalterhadaphasilbelajarketerampilanpassingpadapesertaekstrakurikulersepakboladiSMPNegeri6Malang.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimendenganmatchingpretest-posttestcomparisongroupdesign.SubjekpenelitianyangdigunakanadalahpesertaekstrakurikulerSMPNegeri6Malangyangsebanyak20orangkemudiandibagimenjadiduakelompokmenggunakanteknikordinalpairingmatchingyaitukelompokperlakuangayamengajarkomandoberjumlah10orangdankelompokperlakuangayamengajarresiprokalberjumlah10orang.Analisisdatadaripenelitianinimenggunakanteknikanalisisvarianssatujalur.Darihasilanalisisdatadapatdisimpulkanbahwa(1)pembelajarandenganperlakuangayamengajarkomandomemberikanpengaruhyangsignifikanterhadaphasilbelajarketerampilanpassingpesertaekstrakurikulersepakbolaSMPNegeri6Malang(Fhitung1321Ftabel441)(2)pembelajaranperlakuangayamengajarresiprokalmemberikanpengaruhyangsignifikanterhadaphasilbelajarketerampilanpassingpesertaekstrakurikulersepakbolaSMPNegeri6Malang(Fhitung1665Ftabel441)(3)tidakadaperbedaanyangsignifikanantarapembelajarandenganperlakuangayamengajarkomandodanperlakuangayamengajarresiprokalterhadaphasilbelajarketerampilanpassingpesertaekstrakurikulersepakbolaSMPNegeri6Malang(Fhitung028Ftabel441)tetapiberdasarkanrata-rataskorakhirpembelajarandenganperlakuangayamengajarresiprokalmemberikanpengaruhyanglebihbaik.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwagayamengajarresiprokalmemberikanpengaruhyanglebihbaikdibandinggayamengajarkomandountukmeningkatkanhasilbelajarketerampilanpassingsepakbolapesertaekstrakurikulerSMPNegeri6Malang.SaranyangdapatdiberikanpenelitikepadapelatihekstrakurikulersepakbolaSMPNegeri6Malangsebaiknyamenggunakangayamengajarresiprokalsebagaibentukpembelajaranuntukmeningkatkanhasilbelajarketerampilanpassingsepakbola.