Pengembangan model permainan pada pembelajaran gerak dasar lokomotor dalam bentuk buku panduan untuk siswa kelas III SDN Lumbangsari 02 Kecamatan Bululawang / Sandika Hari Mukti

Main Author: Mukti, Sandika Hari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/50364/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMuktiSandikaHari.2017.PengembanganModelPermainanPadaPembelajaranGerakDasarLokomotorDalamBentukBukuPanduanuntukSiswaKelasII1SDNLumbangsari02KecamatanBululawang.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SitiNurrochmahM.Kes(II)UsmanWahyudiS.Pd.M.Pd.KatakunciPengembanganModelPermainanPembelajaranGerakDasarLokomotorKelasIII.Pendidikanjasmanimerupakansuatuprosespendidikanyangmemanfaatkanaktivitasjasmaniyangdirencanakansecarasistematisbertujuanuntukmengembangkanaspekkesehatanaspekkebugaranjasmaniketerampilangerakketerampilanberfikirkritisstabilitasemosionaltindakanmoraldanpenalaran.Tujuanyangingindicapaimelaluipendidikanjasmanimencakuppengembanganindividusecaramenyeluruh.BerdasarkanpengamatanpenelitipadasiswakelasIIIdiSDNLumbangasari02KecamatanBululawangsiswalebihsenangbermaindalamprosespembelajaranpenjaskhususnyapadamaterigerakdasarhalinidikarenakankurangnyamateripembelajaranpenjaskhususnyapadamaterigerakdasardalambentukperrmainan.Berdasarkanpengamatanpenelititersebutmakaperludikembangkanpembelajarandalambentukpermainanuntukmembantusiswadalamprosespembelajaranpenjaskhusunyapadamaterigerakdasar.TujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahuntukmengembangkanmodelpermainangerakdasarlokomotorpadasiswakelasIIISDNLumbangsari02KecamatanBululawangyangdiharapkandapatmembantumenumbuhkanrasaantusiasdansenangterhadapmaterigerakdasarLokomotor.MetodeyangdigunakandalampenelitianinimengacupadamodelpengembanganresearchanddevelopmentBorgandGall.DarisepuluhlangkahpengembanganyangdikemukakanolehBorgandGallpenelititidakmenggunakankeseluruhantetapihanyamenggunakan7langkahyangmeliputi(1)pengumpulaninformasi(2)rancanganprodukawal(3)evaluasiahli(4)revisiIrancanganproduk(5)ujicobatahapI(6)revisiIIdanujicobatahapII(7)revisidanprodukakhir.Berdasarkanhasilanalisisdatayangdiperolehdariujicobakelompokkeciladalah8774%hasilnyabaiksekalisedangkanujicobakelompokbesaradalah8816%hasilnyabaiksekalidengandemikiandapatdisimpulkanbahwamodelpermainangerakdasarlokomotoruntuksiswakelasIIISDNLumbangsari02KecamatanBululawangdapatdigunakan.KesimpulandaripenelitiandanpengembanganmodelpermainangerakdasarlokomotoruntuksiswakelasIIISDNLumbangsari02KecamatanBululawangdapatdigunakandalamprosespembelajaran.Saranpemanfaatandalammenggunakanprodukinisiswadalammelakukanpermainandidampingiolehguruperaturanpermainanharusdisampaikandenganjelasagardapatmenggunakanmodelpermaianangerakdasarlolokomotor.Saranadanprasaranajugaharustersedia.