Pengaruh media pembelajaran passing terhadap hasil belajar keterampilan passing dan kontrol sepakbola peserta ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Wajak / Riski Ika Fahmi

Main Author: Fahmi, Riski Ika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/50351/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFahmiRiskiika.2016.PengaruhMediaPembelajaranPassingterhadapHasilBelajarKeterampilanPassingdanKontrolSepakbolaPesertaEkstrakurikulerdiSMPNegeri1Wajak.SkripsiPendidikanJasmaniDanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.HariyokoM.Pd(II)Drs.SugiyantoM.Pd.KataKuncimediapembelajaranpassinghasilbelajarketerampilanpassingdankontrolsepakbolaekstrakurikulerSMP.MediaPembelajaranmerupakansuatualatbantudalampembelajaranuntukmenyampaikaninformasikepadasiswadengantujuanuntukmemudahkansiswadalammemahamisuatumaterisehinggaterciptaefektivitaspengajarandanterciptapembelajaranyangmaksimal.MediaPembelajaranyangdipilihgurusangatmenentukanefektivitassuatuinformasiyangdisampaikanpadapembelajaran.Pemberianmediapembelajaranyangtepatdapatmenghasilkanpembelajaranyangefektifdankondusif.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiPengaruhMediaPembelajaranPassingterhadapHasilBelajarKeterampilanPassingdanKontrolSepakbolaPesertaEkstrakurikulerdiSMPNegeri1Wajak.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimendenganmatchingpre-testcontrolcomparisongroupdesign.SubjekpenelitianyangdigunakanadalahpesertaekstrakurikulerSMPNegeri1Wajakyangsebanyak20orangkemudiandibagimenjadiduakelompokmenggunakanteknikordinalpairingmatchingyaitukelompokperlakuanmediaaudio-visualberjumlah10orangdankelompokperlakuanmediavisualberjumlah10orang.Analisisdatadaripenelitianinimenggunakanteknikanalisisvarianssatujalur.Darihasilanalisisdatadapatdisimpulkanbahwa(1)pembelajarandenganperlakuanmediaaudio-visualmemberikanpengaruhyangsignifikanterhadaphasilbelajarketerampilanpassingdankontrolbolapesertaekstrakurikulersepakbolaSMPN1Wajak(Fhitung1738Ftabel441)(2)pembelajaranperlakuanmediavisualmemberikanpengaruhyangsignifikanterhadaphasilbelajarketerampilanpassingdankontrolbolapesertaekstrakurikulersepakbolaSMPNegeri1Wajak(Fhitung1441Ftabel441)(3)tidakadaperbedaanyangsignifikanantarapembelajarandenganperlakuanmediaaudiovisualdanperlakuanmediavisualterhadaphasilbelajarketerampilanpassingdankontrolbolapesertaekstrakurikulersepakbolaSMPNegeri1Wajak(Fhitung153Ftabel441)tetapiberdasarkanrata-rataskorakhirpembelajarandenganperlakuanmediaaudio-visualmemberikanpengaruhyanglebihbaik.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapembelajaranyangdiawalidenganperlakuanmediaaudio-visualmemberikanpengaruhyanglebihbaikdibandingpembelajaranyangdiawalidenganperlakuanmediavisualterhadaphasilbelajarketerampilanpassingdankontrolbolapesertaekstrakurikulersepakbolaSMPNegeri1Wajak.SaranyangdapatdiberikankepadapembinasekaliguspelatihekstrakurikulersepakbolaSMPNegeri1Wajakkarenapembelajarandenganperlakuanmediaaudio-visuallebihmenarik.