Pengaruh media pembelajaran passing terhadap hasil belajar keterampilan passing dan kontrol sepakbola peserta ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Wajak / Riski Ika Fahmi
Main Author: | Fahmi, Riski Ika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/50351/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFahmiRiskiika.2016.PengaruhMediaPembelajaranPassingterhadapHasilBelajarKeterampilanPassingdanKontrolSepakbolaPesertaEkstrakurikulerdiSMPNegeri1Wajak.SkripsiPendidikanJasmaniDanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.HariyokoM.Pd(II)Drs.SugiyantoM.Pd.KataKuncimediapembelajaranpassinghasilbelajarketerampilanpassingdankontrolsepakbolaekstrakurikulerSMP.MediaPembelajaranmerupakansuatualatbantudalampembelajaranuntukmenyampaikaninformasikepadasiswadengantujuanuntukmemudahkansiswadalammemahamisuatumaterisehinggaterciptaefektivitaspengajarandanterciptapembelajaranyangmaksimal.MediaPembelajaranyangdipilihgurusangatmenentukanefektivitassuatuinformasiyangdisampaikanpadapembelajaran.Pemberianmediapembelajaranyangtepatdapatmenghasilkanpembelajaranyangefektifdankondusif.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiPengaruhMediaPembelajaranPassingterhadapHasilBelajarKeterampilanPassingdanKontrolSepakbolaPesertaEkstrakurikulerdiSMPNegeri1Wajak.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimendenganmatchingpre-testcontrolcomparisongroupdesign.SubjekpenelitianyangdigunakanadalahpesertaekstrakurikulerSMPNegeri1Wajakyangsebanyak20orangkemudiandibagimenjadiduakelompokmenggunakanteknikordinalpairingmatchingyaitukelompokperlakuanmediaaudio-visualberjumlah10orangdankelompokperlakuanmediavisualberjumlah10orang.Analisisdatadaripenelitianinimenggunakanteknikanalisisvarianssatujalur.Darihasilanalisisdatadapatdisimpulkanbahwa(1)pembelajarandenganperlakuanmediaaudio-visualmemberikanpengaruhyangsignifikanterhadaphasilbelajarketerampilanpassingdankontrolbolapesertaekstrakurikulersepakbolaSMPN1Wajak(Fhitung1738Ftabel441)(2)pembelajaranperlakuanmediavisualmemberikanpengaruhyangsignifikanterhadaphasilbelajarketerampilanpassingdankontrolbolapesertaekstrakurikulersepakbolaSMPNegeri1Wajak(Fhitung1441Ftabel441)(3)tidakadaperbedaanyangsignifikanantarapembelajarandenganperlakuanmediaaudiovisualdanperlakuanmediavisualterhadaphasilbelajarketerampilanpassingdankontrolbolapesertaekstrakurikulersepakbolaSMPNegeri1Wajak(Fhitung153Ftabel441)tetapiberdasarkanrata-rataskorakhirpembelajarandenganperlakuanmediaaudio-visualmemberikanpengaruhyanglebihbaik.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapembelajaranyangdiawalidenganperlakuanmediaaudio-visualmemberikanpengaruhyanglebihbaikdibandingpembelajaranyangdiawalidenganperlakuanmediavisualterhadaphasilbelajarketerampilanpassingdankontrolbolapesertaekstrakurikulersepakbolaSMPNegeri1Wajak.SaranyangdapatdiberikankepadapembinasekaliguspelatihekstrakurikulersepakbolaSMPNegeri1Wajakkarenapembelajarandenganperlakuanmediaaudio-visuallebihmenarik.