Meningkatkan keterampilan sepak sila menggunakan variasi latihan bagi peserta ekstrakurikuler sepaktakraw di SMP Negeri 3 Srengat Kabupaten Blitar / Galih Evi Prasetyo
Main Author: | Prasetyo, Galih Evi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/50301/ |
Daftar Isi:
- PrasetyoGalihEvi.2015.MeningkatkanKeterampilanSepakSilaMenggunakanVariasiLatihanbagiPesertaEkstrakurikulerSMPNegeri3SrengatKabupatenBlitar.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.M.E.WinarnoM.Pd(II)Drs.H.SugiyantoM.Pd.KataKuncisepaksilabagianperbagianvariasilatihanpermainansepaktakrawPermainansepaktakrawadalahsuatupermainanbereguyangdilakukanolehtigaorangpemainmasingterdiridaritigaorangpemainyangbertugassebagaitekongberdiripalingbelakangduaoranglainnyamenjadipemaindepanyaituapitkiridanapikkanan.Permainansepaktakrawdilakukandiataslapanganempatpersegipanjangratabaikterbukamaupuntertutupsertabebasdarisemuarintanganyangberukuranempatpersegipanjangdenganukuran1340x610meter.Bolayangdipakaiterbuatdarirotanatauplastik(syntheticfibre)permainaninimenggunakanseluruhbagianbadankecualitanganyangmayoritasmenggunakankaki.Setiapregusalingberhadapandipisahkanolehjaring(net)yangmembentangmembelahlapanganmenjadiduabagiansetinggi155denganlebar72cmdanlubangjaringsekitar4-5cm.Dalampermainansepaktakrawadabeberapateknikdasaryangharusdikuasaisalahsatunyaadalahyaituketerampilansepaksila.TujuanpenelitianadalahuntukmeningkatkanketerampilansepaksilamenggunakanvariasilatihanbagipesertaekstrakurikulersepaktakrawSMPNegeri3SrengatKabupatenBlitar.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakanolahragadenganpendekatandeskriptifkualitatifdandeskriptifkuantitatif.Penelitiantindakankelasinidilakukandenganmenggunakanduasiklusdansetiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)pengamatan(observasi)dan(4)refleksi.Subjekdalampenelitianiniberjumlah29siswaSMPNegeri3SrengatKabupatenBlitar.Hasilpenelitianmenunjukkanterjadipeningkatanketerampilansiswadalammelakukanketerampilansepaksilapermainansepaktakrawsetelahdilakukanlatihandenganmenggunakanvariasilatihansepaksila.PenelitiantidakankelasinidilakukandalamduasiklusyaitutigaminggudenganSembilankalipertemuandisiklus1danduaminggudenganenamkalipertemuandisiklus2tingkatkeberhasilansiswapadasiklus1pertemuan1sampaipertemuan3padaminggupertamapertemuan4sampaipertemuan6padaminggukeduapertemuan7sampaipertemuan9padamingguketigamendapatkanhasilyaitusikapawalanmendapatkanpersentase100%sampaimingguketigatetap100%posisikakidiminggupertamamendapatkanpersentase7241%9310%diminggukeduadan9792%dimingguketigapandanganmatadiminggupertamamendapatkan6931%8206%diminggukeduadan9793%dimingguketiga.Perkenaanbolapadakakimendapatkanpersentase4724%5586%diminggukeduadan6137%dimingguketiga.Padasiklus2jumlahpersentasegerakanyangbenarmulaiminggu1sampaiminggu2ataupertemuan1sampaipertemanan6menunjukkanadanyapeningkatan.Tingkatkeberhasilanmulaidarigerakansikapawalandiminggupertamamendapatkanpersentase100%danminggukeduatetap100%posisikakidiminggupertamamendapatkanpersentase9793%danminggukeduamendapatkanpersentase9758%pandanganmataminggupermatamendapatkanpersentase9586%danminggukeduamendapatkanpersentase100%sedangkanperkenaanbolapadakakimendapatkanpersentase7517%danminggukeduamendapatkanpersentase8310%.KesimpulannyaadalahdenganmenggunakanmetodebagianperbagianmenggunakanvariasilatihandalamlatihandapatmeningkatkanketerampilansepaksilabagipesertaekstrakurikulersepaktakrawSMPNegeri3SrengatKabupatenBlitar.