Pengembangan model pembelajaran teknik dasar tolak peluru gaya menyamping bagi siswa kelas VII di SMPN 12 Malang / Rina Fifit Saputri

Main Author: Saputri, Rina Fifit
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/50220/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSaputriRinaFifit.2015.PengembanganPembelajaranTeknikDasarTolakPeluruGayaMenyampingbagiSiswaKelasVIIdiSMPN12Malang.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.M.E.WinarnoM.Pd.(II)Drs.MulyaniSurendraM.S.KataKunciModelPembelajaranTeknikDasarTolakPeluruBerdasarkanobservasiawalyangdilakukanpenelitidengansiswakelasVIIdiSMPN12Malangpadatanggal08Januari2015pembelajarantolakpelurugayamenyampingbelumpernahmenggunakanvariasipermainanpadasaatprosespembelajaran.Padapenelitianawalmelaluipenyebaranangketanalisiskebutuhan(needassessment)kepada1guruPendidikanJasmaniOlahragaKesehatandan30siswakelasVIIdiSMPN12Malangdiperolehhasilmateriyangpalingsulitdikuasaiolehsiswaadalahtolakpelurugayamenyamping.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengembangkanvariasipermainanpadapembelajarantolakpeluruyanglebihbervariatif.MelaluimodelpembelajaranteknikdasartolakpelurudiharapkanpengembanganinidapatmenjadisolusidalampembelajaranagarsiswadiSMPN12Malanglebihantusiasdansemangatdalammengikutipembelajarantolakpeluru.PenelitianyangdilaksanakanpadasiswakelasVIIdiSMPN12Malanginitermasukpenelitiandanpengembangan(researchanddevelopmet).Dalampenelitianpengembanganiniteknikanalisisdatayangdigunakanadalahteknikanalisisdeskriptifdenganpersentase.Teknikinidigunakanuntukmenganalisisdatayangdiperolehdarihasilpenyebaranangket.Produkpengembanganyangdihasilkanadalahbukupanduanmodelpembelajaranteknikdasartolakpelurugayamenyampingyangterdiridari(1)PermainanTolakanBolaSasaran(2)PermainanTolakanMenyilang(3)PermainanTolakanZigZag(4)PermainanTolakanBolaEstafet(5)PermainanTolakanLingkaran(6)PermainanTolakanBom-boman(7)PermainanTolakanBerburuTikusKucing(8)PermainanTolakanMerahPutih.HasilpengembanganmodelpembelajaranteknikdasartolakpelurugayamenyampingdiSMPN12Malangdiperolehdatasebagaiberikut(1)Hasilevaluasiahliatletik75-93%(dapatdigunakan)(2)Hasilevaluasiahlipembelajaran75-100%(dapatdigunakan)(3)Hasilevaluasiahlipermainan75-78%(dapatdigunakan)(4)Hasilevaluasiahlimedia75-90%(dapatdigunakan)(5)Hasilujicobakelompokkecil8593-8984%(dapatdigunakan)(6)Hasilujicobakelompokbesar8697-9010%(dapatdigunakan)sehinggaprodukpengembanganinilayakdanpraktisuntukdigunakan.HasilpengembanganmodelpembelajaranteknikdasartolakpelurudiSMPN12Malangdapatdisimpulkanbahwamenarikdilakukanolehsiswamodelpembelajaranamandilakukanolehsiswamodelpembelajaranmudahdantepatdilakukanolehsiswasertabermanfaatuntuksiswa.Produkyangdikembangkanmenarikdilakukankarenamodelpembelajaranlebihbervariatif.Modelpembelajaranamandilakukankarenasetiappermainanberkonsepsederhanadanmenariksehinggasiswalebihbersemangatdalammengikutipembelajaran.