Pengembangan model-model permainan passing dalam pembelajaran sepakbola bagi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Jabing Kabupaten Malang / Yoga Ringga Pradana

Main Author: Pradana, Yoga Ringga
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/50178/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPradanaYogaRingga.2015.PengembanganModel-modelPermainanPassingDalamPembelajaranSepakbolaBagiSiswaKelasVIISMPNegeri2JabungKabupatenMalang.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)INengahSudjanaS.PdM.Pd.(2)Drs.TatokSugiartoS.Pd.M.PdKataKuncipengembanganModel-modelPermainanPassingPembelajaranSepakbolaKompetensidasarsepakbolamerupakansalahsatubagiandarimatapelajaranpendidikanjasmanivavoritbagisiswakarenadidalamnyabanyakunsurbermainyangdigemariolehsiswa.namundalamaplikasinyaseringkalidijumpaisiswakurangantusiassaatmengikutimaterikompetensidasarsepakbolayangdikarenakankurangsesuainyametodeyangdigunakanataupunkurangnyavariasipembelajaranyangmenarikuntukmateritersebut.DarimunculnyapermasalahantersebutmakapenelitiberusahauntukmencobamemecahkanmasalahyangadadenganmelakukanpenelitianPengembanganModel-modelPermainanPassingDalamPembelajaranSepakbolaBagiSiswaKelasVIISMPNegeri2JabungKabupatenMalang.Tujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahmengembangkanmodel-modelpermainandalampembelajaransepakbolamateripassingdenganharapandapatmeningkatkanminatdankeaktifansiswasertamemberipengalamanbelajaryangmenyenangkandansesuaibagisiswadalampembelajaranpendidikanjasmaniyangdilakukandiSMPNegeri2jabungKabupatenMalang.DalampenelitianinipenelitimenggunakanmodelpengembangandariBorgandGall(1983775)berupa10langkahyangkemudiandisederhanakanmenjadi7langkahmerujukdariArdhana(20029)langkah-langkahtersebutadalah(1)melakukanAnalisiskebutuhan(2)perencanaanpenelitian(3)MenyusunprodukawalberupamodelpermainanmodifikasiProdukyangsudahterbentukkemudiandievaluasiolehahli(4)ujicobakelompokkecil(5)revisiproduk(6)ujicobalapanganatauujicobakelompokbesar(7)revisiprodukberdasarkanujicobalapangan.Instrumenyangdigunakanadalahberupakuisionerberisitentangprodukyangtelahdibuat.Model-modelpermainanpassingdalampembelajaransepakbolainidikembangkanmelaluisarandanevaluasiparaahliyaitu1ahlipembelajaranpendidikanjasmani1ahlipermainandan1ahlimediakemudiandarihasilujicobakelompokkecildiperolehpersentasesebanyak7835%sedangkanuntukhasilujicobakelompokbesardiperolehpersentasesebanyak8898%yangmenyatakanbahwaprodukmenarikmenyenangkanamanmudahdansesuai.Pengembanganmodel-modelpermainandalampembelajaransepakbolainimudahdilakukansiswasertadapatmeningkatkanminatsiswadalampembelajaransepakbola.Penelitianlebihlanjutperludikembangkangunamengetahuitingkatefektifitasprodukpengembanganmodel-modelpermainanpasingdalampembelajaransepakbolaini.