Meningkatkan efektivitas pembelajaran meroda dengan menggunakanb part-whole pada siswa kelas X RPL-1 SMK Negeri 5 Malang / Vilan Argo Panatas
Main Author: | Panatas, Vilan Argo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/50167/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPanatasVilanArgo.2015.MeningkatkanEfektivitasPembelajaranMerodadenganMenggunakanMetodePart-WholepadaSiswaKelasXRPL-1SMKNegeri5MalangJurusanPendidikanJasmaniDanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)INengahSudjanaS.PdM.Pd(II)Drs.OniBagusJanuartoM.Kes.KataKuncimetodepart-wholeefektivitasmeroda.Senamlantaimerupakansalahsatumateriyangterdapatdalammatapelajaranpendidikanjasmaniolahragadankesehatan.SalahsatuKompetensidasarkelasXyaitumempraktikkanrangkaiansenamlantaitanpaalatsertanilaipercayadirikerjasamadantanggungjawab.MaterisenamlantaiyangdiajarkanpadasiswakelasXRPL-1SMKNegeri5Malangyaitumeroda.BerdasarkanhasilobservasiawaldanwawancaradikelasXRPL-1SMKNegeri5Malangdiketahuibahwakondisiataurealitagurupendidikanjasmanidalammaterisenamlantaimerodadalamprosesbelajarmengajarkurangmaksimal.Halitudikarenakanmetodeyangdigunakangurudalamprosespembelajaranmenggunakandemonstrasidandril.Sehinggabanyaksiswayangtidakdapatmemahamidanmempraktikkanmateridarigurudenganbaik.Olehkarenaitudiperlukanmetodeyangdapatmemudahkansiswamelakukangerakanmeroda.Danmetodeyangdirasatepatuntukmasalahtersebutadalahdenganmenerapkanmetodepart-whole.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanefektivitaspembelajaranmerodadenganmenggunakanmetodepart-wholepadasiswakelasXRPL-1SMKNegeri5Malang.RancanganpenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitianinidilakukanmelaluiduasikluspadasetiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)pengamatan(observasi)dan(4)refleksi.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasXRPL-1SMKNegeri5Malang.Padasiklus1didapathasilketerampilansiswayaitupadaindikatorsikapawalsebanyak29siswa(9666%)sudahmelakukangerakandenganbenar.Padaindikatorsaatmelakukanyangbenarsudahdilakukanoleh16siswa(5333%).Padaindikatorsikapakhiryangbenarsudahdilakukanoleh25siswa(8333%).Hasilsiklus2diketahuisiswayangbenarmelakukansikapawalsebanyak30siswa(100%)sehinggamasukkategoribaik.Padaindikatorsaatmelakukanyangbenarsudahdilakukanoleh26siswa(8666%)sehinggamasukkategoribaik.Padaindikatorsikapakhiryangbenarsudahdilakukanoleh28siswa(9333%)sehinggamasukkategoribaikdantidakperludiadakantindaklanjutpadasiklusberikutnya.Kesimpulanyangdidapatdaripenelitianiniadalahpenerapanmetodepart-wholedapatmeningkatkanefektivitaspembelajaranmerodapadasiswakelasXRPL-1SMKNegeri5Malang.Saranyangdapatdiberikanyaitumetodepart-wholedapatditerapkanpadakelasyangmengalamipermasalahansamakarenaterbuktidapatmeningkatkanketerampilangeraksiswapenelitiantindakankelasinibisadijadikanreferensibagipenelitiyanglainuntukmeningkatkangerakanmeroda.