Meningkatkan efektivitas pembelajaran meroda dengan menggunakanb part-whole pada siswa kelas X RPL-1 SMK Negeri 5 Malang / Vilan Argo Panatas

Main Author: Panatas, Vilan Argo
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/50167/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPanatasVilanArgo.2015.MeningkatkanEfektivitasPembelajaranMerodadenganMenggunakanMetodePart-WholepadaSiswaKelasXRPL-1SMKNegeri5MalangJurusanPendidikanJasmaniDanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)INengahSudjanaS.PdM.Pd(II)Drs.OniBagusJanuartoM.Kes.KataKuncimetodepart-wholeefektivitasmeroda.Senamlantaimerupakansalahsatumateriyangterdapatdalammatapelajaranpendidikanjasmaniolahragadankesehatan.SalahsatuKompetensidasarkelasXyaitumempraktikkanrangkaiansenamlantaitanpaalatsertanilaipercayadirikerjasamadantanggungjawab.MaterisenamlantaiyangdiajarkanpadasiswakelasXRPL-1SMKNegeri5Malangyaitumeroda.BerdasarkanhasilobservasiawaldanwawancaradikelasXRPL-1SMKNegeri5Malangdiketahuibahwakondisiataurealitagurupendidikanjasmanidalammaterisenamlantaimerodadalamprosesbelajarmengajarkurangmaksimal.Halitudikarenakanmetodeyangdigunakangurudalamprosespembelajaranmenggunakandemonstrasidandril.Sehinggabanyaksiswayangtidakdapatmemahamidanmempraktikkanmateridarigurudenganbaik.Olehkarenaitudiperlukanmetodeyangdapatmemudahkansiswamelakukangerakanmeroda.Danmetodeyangdirasatepatuntukmasalahtersebutadalahdenganmenerapkanmetodepart-whole.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanefektivitaspembelajaranmerodadenganmenggunakanmetodepart-wholepadasiswakelasXRPL-1SMKNegeri5Malang.RancanganpenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitianinidilakukanmelaluiduasikluspadasetiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)pengamatan(observasi)dan(4)refleksi.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasXRPL-1SMKNegeri5Malang.Padasiklus1didapathasilketerampilansiswayaitupadaindikatorsikapawalsebanyak29siswa(9666%)sudahmelakukangerakandenganbenar.Padaindikatorsaatmelakukanyangbenarsudahdilakukanoleh16siswa(5333%).Padaindikatorsikapakhiryangbenarsudahdilakukanoleh25siswa(8333%).Hasilsiklus2diketahuisiswayangbenarmelakukansikapawalsebanyak30siswa(100%)sehinggamasukkategoribaik.Padaindikatorsaatmelakukanyangbenarsudahdilakukanoleh26siswa(8666%)sehinggamasukkategoribaik.Padaindikatorsikapakhiryangbenarsudahdilakukanoleh28siswa(9333%)sehinggamasukkategoribaikdantidakperludiadakantindaklanjutpadasiklusberikutnya.Kesimpulanyangdidapatdaripenelitianiniadalahpenerapanmetodepart-wholedapatmeningkatkanefektivitaspembelajaranmerodapadasiswakelasXRPL-1SMKNegeri5Malang.Saranyangdapatdiberikanyaitumetodepart-wholedapatditerapkanpadakelasyangmengalamipermasalahansamakarenaterbuktidapatmeningkatkanketerampilangeraksiswapenelitiantindakankelasinibisadijadikanreferensibagipenelitiyanglainuntukmeningkatkangerakanmeroda.