Pengembangan pembelajaran teknik dasar dribbling, passing, shooting sepakbola kelas VII berbasis multimedia di SMP Negeri 18 Kota Malang / Faris Rama Firmanda

Main Author: Firmanda, Faris Rama
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/50135/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFirmandaFarisRama2015.PengembanganPembelajaranTeknikDasarDribblingPassingShootingSepakbolaKelasVIIBerbasisMultimediadiSMPNegeri18KotaMalang.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)INengahSudjanaS.Pd.M.Pd(II)FahrialAmiqS.Or.M.PdKataKunciPengembanganpembelajaranteknikdasarsepakbolamultimediaPendidikanjasmanimerupakansaranabagipesertadidikuntukmemperolehpengetahuanmengenaipermainandanolahragatanpaadanyasebuahpaksaandanmembuatpesertadidikmerasagembira.Pemberianmateripendidikanjasmanidibagiduayaitusecarapraktikdanteori.Pemberianteoridalamkegiatanpendidikanjasmanisudahharusdikembangkan.Halinibertujuanuntukmeningkatkanketertarikandaripesertadidikdalammengikutikegiatanbelajardanmengajarkhususnyadalampermainansepakbola.TujuanpenelitianiniadalahmengembangkanpembelajaranteknikdasarsepakboladenganmenggunakanmultimediasebagaimediapembelajarandiSMPsehinggapesertadidiktertarikdansenangdandapatmeningkatkankualitaspembelajaran.Metodepenelitianyangdigunakanolehpenelitiyaitumetodepenelitiandanpengembanganyangmerujukpadalangkah-langkahdariBorgandGall.Langkahpengembangandalampenelitianinimenggunakan7langkah.Subjekujicobameliputitigaorangahlipendidikdanpesertadidik.Jenisdatayangdiperolehberbentukdatakualitatifdandatakuantitatifinstrumenyangdigunakanberupaangketdankuesioner.Teknikanalisisdatayangdigunakanberupaanalisisdeskriptifkualitatifdankuantitatif.Berdasarkanhasilanalisisdatayangdiperolehdarihasilanalisiskebutuhan975%pesertadidikmembutuhkanpemberianmateriberupateoriyangmenarikdalammateripendidikanjasmanikhususnyasepakbola.Denganitupenelitimelakukanpenelitiandanpengembangandenganmenggunakanmultimediaflash.Tigaorangahlimenyatakanbahwaprodukdapatdigunakandenganindikatorkejelasanmaterikemenarikanmaterikesesuaianmateridankemudahanmateriuntukdipahami.Hasilujicobakelompokkecil81924%denganindikatorkejelasanmaterikemenarikanmaterikesesuaianmateridankemudahanmateriuntukdipahamihasilnyasangatbaikdandapatdigunakansedangkandariujicobakelompokbesardiperolehhasil7727%denganindikatorkejelasanmaterikemenarikanmaterikesesuaianmateridankemudahanmateriuntukdipahamiartinyabaikdandapatdigunakan.Kesimpulanhasilpenelitianbahwamultimediaflashdapatdigunakandalampembelajaranteknikdasardribblingpassingdanshooting.Adapunsarandaripenelitianinibahwapembelajarandenganmenggunakanmultimediaflashdiharapkandapatdiujicobakanpadakelompokyanglebihluasdandisosialisasikansehinggadapatdigunakansebagaimanamestinya.