Upaya meningkatkan pembelajaran lompat jauh gaya mengantung menggunakan metode bermain siswa kelas IX G SMP Negeri 02 Talun Kabupaten Blitar / Arie Bagus Prasetya
Main Author: | Prasetya, Arie Bagus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/50096/ |
Daftar Isi:
- BagusArie.2014.UpayameningkatkanpembelajaranlompatjauhgayamenggantungmenggunakanmetodebermainsiswakelasIXGSMPNegeri02TalunKabupatenBlitarSkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AgusTomiM.Pd(II)Drs.MardiantoM.Kes.KatakunciPeningkatanPsikomotorLompatJauhGayaMenggantungMetodeBermainMelewatiRintangan.Siswadapatmelakukanketrampilanlompatjauhgayamenggantungdenganbenarmenggunakanmetodebermain.KarenaberdasarkanhasilobservasiawaldiperolehhasilbahwapenguasaanketerampilanlompatjauhgayamenggantungsiswakelasIXGSMPNegeri02TalunKabupatenBlitardapatdikatakankurangbaikkarenadarikeempatteknikdasaryangdiamatisepertiawalantumpuansaatmelayangdansaatmendaratpersentasekesalahanterlihatpadateknikawalanrata-ratasebanyak15(3947%)siswatumpuanrata-ratasebanyak26(6842%)siswamelayangrata-ratasebanyak28(7368%)siswadanmendaratrata-ratasebanyak24(6447%)siswa.Denganpenerapanmetodebermainsiswatidakakancepatbosandanbiaslebihkreatifdalammenerimapelajaran.12288122881228812288Penelitianinimerupakanjenispenelitiantindakankelasdenganpendekatandeskriptifkuantitatifdankualitatif.Pelaksanaantindakankelasinidilakukanmelaluiduasiklusdimanatiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasi(4)refleksi.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasIXGSMPNegeri02TalunKabupatenBlitar.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanobservasi(pengamatan)dokumentasitesketerampilancatatanlapangan.Hasilpenelitianinitelahterbuktimampumeningkatkanketerampilansiswadarisikluskesiklus.Untukhasilpost-testsiklusIImenunjukkanpeningkatanpenguasaanketerampilanlompatjauhgayamenggantungdenganmasing-masingpersentasekeberhasilandariteknikawalanyangbenarsudahdilakukandenganpersentasekeberhasilansebanyak9736%daritekniktumpuanyangbenarsudahdilakukandenganpersentasekeberhasilan8289%dariteknikmelayangyangbenarsudahdilakukandenganpersentasekeberhasilan8157%daritenikmendaratyangbenarsudahdilakukanpersentasekeberhasilan8289%.Kesimpulanpenelitianinibahwapenggunaanmetodebermainlompatmelewatirintangandapatmeningkatkanpsikomotor(keterampilan)lompatjauhgayamenggantungsiswakelasIXGSMPNegeri02TalunKabupatenBlitar.12288122881228812288BerdasarkanhasilpenelitianinipenelitimenyarankanbagiguruPendidikanJasmaniagardapatmenggunakanmetodebermainuntukmeningkatkanpsikomotor(keterampilan)lompatjauhgayamenggantung.Bagipenelitiyangakanmelakukanpenelitianyangsamadiharapkandapatmengembangkanlagipermainan-permainanolahragauntukditerapkanpadapembelajaranpendidikanjasmani.