Pengembangan pembelajaran meroda menggunakan alat bantu dengan part-whole method pada siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Malang / Angga Bramansta Putrantana

Main Author: Putrantana, Angga Bramansta
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/50075/
Daftar Isi:
  • PutrantanaAnggaB.2014.PengembanganPembelajaranMerodaMenggunakanAlatbantudenganPart-WholeMethodpadaSiswaKelasVIIISMPNegeri18Malang.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.HeruWidijotoM.S.(II)Drs.TatokSugiartoS.Pd.M.Pd.KataKuncipengembanganpembelajaranpembelajaranmotorikmerodapart-wholemethod.Merodaadalahsuatugerakankesampingpadasatusaatbertumpuataskeduatangandengankakiterbukalebar/kangkang.Gerakaninimenirukangerakanrodayangberputar.Penelitianinidilaksanakandengantujuanmengembangkanpembelajaranmerodamenggunakanalatbantudenganpart-wholemethodpadasiswakelasVIIISMPNegeri18Malangagargurupendidikanjasmanidankesehatanlebihmudahdalammengajarkanmaterisenamlantaikhususnyameroda.MetodeyangdigunakandalampenelitianinimengacupadamodelpengembanganresearchanddevelopmentBorgandGall.DarisepuluhlangkahpengembanganyangdikemukakanolehBorgandGallnamunpenelititidakmenggunakankeseluruhantetapihanyamenggunakan7langkahyangmeliputi(1)pengumpulaninformasi(2)rancanganprodukawal(3)evaluasiahli(4)ujicobatahapI(5)revisiproduk(6)ujicobatahapII(7)revisidanprodukakhir.Berdasarkanhasilanalisisdatayangdiperolehdariujicobakelompokkeciladalah8917%hasilnyasangatvalidsedangkanujicobakelompokbesaradalah9604%hasilnyasangatvaliddengandemikiandapatdisimpulkanbahwaaktivitasmerodamenggunakanalatbantudenganpart-wholemethodpadaSMPNegeri18Malangdapatdigunakan.Hasilprodukpengembanganpembelajaranmerodamenggunakanalatbantudenganpart-wholemethodantaralain(1)aktivitasmerodamenggunakanalatbantudenganpart-wholemethodinimembuatsiswamenjadisenangdanantusiasdalammengikutipembelajaranmeroda(2)siswalebihmudahdalambelajarsenamlantaigerakanmeroda(3)alatyangdigunakandalamprosespembelajaraniniamandanmenarik.