Peningkatan akurasi pukulan smash untuk pemain tunggal bulutangkis menggunakan karpet sebagai sasaran pada atlet PB Dasa Digdaya Kota Blitar / Krisna Galih Mandala

Main Author: Mandala, Krisna Galih
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/50071/
Daftar Isi:
  • MandalaKrisnaGalih.2014.PeningkatanAkurasiPukulanSmashuntukPemainTunggalBulutangkisMenggunakanMediaKarpetsebagaiSasaranpadaAtletPBDasaDigdayaKotaBlitar.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.OniBagusJanuartoM.Kes.(II)INengahSudjanaS.Pd.M.Pd.KataKunciakurasismashbulutangkisDalampermainanbulutangkisterdapatbeberapapukulanyangharusdikuasaiolehseorangatletsalahsatunyayaitupukulansmash.Pukulansmashdapatdilakukandariataskepalabaikdenganteknikbackhandmaupunforehandtergantungarahdatangnyashuttlecock.Penelitianinimemfokuskanpadapukulanforehandsmash.BerdasarkanhasilobservasiawalyangdilakukanpenelitidiPersatuanBulutangkis(PB)DasaDigdayaKotaBlitardiperolehhasilbahwaakurasipukulansmashpadaatletPBDasaDigdayaKotaBlitarbelummenunjukkanhasilyangoptimalpadasaatsikapawalsikapsaatmemukulsikapakhirdanarahshuttlecockkesasaran.TujuanpenelitianiniadalahuntukmemperbaikipelatihanbulutangkisyangbelumoptimalsehinggadiharapkanbisameningkatkanakurasipukulansmashpadaatletPBDasaDigdayaKotaBlitar.Penelitianinitermasukjenispenelitiantindakanolahragadenganpendekatandeskriptifkuantitatifdandeskriptifkualitatif.Penelitiantindakankelasinidilakukanmelaluiduasiklus.Setiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)Perencanaan(2)Pelaksanaan(3)Observasidan(4)Refleksi.SubjekdalampenelitianiniadalahatletPBDasaDigdayaKotaBlitar.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanobservasi(pengamatan)tesdananalisisdata.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwamelaluitekniklatihansmashdenganmenggunakanmediakarpetsebagaisasaranmampumeningkatkanakurasipukulansmashatletdarisikluskesiklus.Halinibisadilihatdaripersentasekeberhasilanatletdalammelakukanakurasismashsetelahdiberikantindakanpadasiklus1dansiklus2.Hasilnyadari24(80%)atletmenjadi30(100%)atletyangbisamelakukangerakanawaldari22(73%)atletmenjadi28(93%)atletyangbisamelakukangerakansaatmemukuldari26(86%)atletmenjadi30(100%)atletyangbisamelakukangerakanakhirdandari12(40%)atletmenjadi24(80%)yangbisamengarahkanshuttlecockkesasarankarpet.KesimpulandalampenelitianiniyaitupelatihanmenggunakankarpetsebagaisasarandapatmeningkatkanakurasipukulansmashpadaatletPBDasaDigdayaKotaBlitar.Sarandalampenelitianiniyaitupenelitiagarmemilikikepekaanyangtinggiterhadapfenomenayangmunculdilapangandanmampumemecahkanmasalahdengantepatmelaluikegiatanpenelitian.