Peningkatan akurasi pukulan smash untuk pemain tunggal bulutangkis menggunakan karpet sebagai sasaran pada atlet PB Dasa Digdaya Kota Blitar / Krisna Galih Mandala
Main Author: | Mandala, Krisna Galih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/50071/ |
Daftar Isi:
- MandalaKrisnaGalih.2014.PeningkatanAkurasiPukulanSmashuntukPemainTunggalBulutangkisMenggunakanMediaKarpetsebagaiSasaranpadaAtletPBDasaDigdayaKotaBlitar.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.OniBagusJanuartoM.Kes.(II)INengahSudjanaS.Pd.M.Pd.KataKunciakurasismashbulutangkisDalampermainanbulutangkisterdapatbeberapapukulanyangharusdikuasaiolehseorangatletsalahsatunyayaitupukulansmash.Pukulansmashdapatdilakukandariataskepalabaikdenganteknikbackhandmaupunforehandtergantungarahdatangnyashuttlecock.Penelitianinimemfokuskanpadapukulanforehandsmash.BerdasarkanhasilobservasiawalyangdilakukanpenelitidiPersatuanBulutangkis(PB)DasaDigdayaKotaBlitardiperolehhasilbahwaakurasipukulansmashpadaatletPBDasaDigdayaKotaBlitarbelummenunjukkanhasilyangoptimalpadasaatsikapawalsikapsaatmemukulsikapakhirdanarahshuttlecockkesasaran.TujuanpenelitianiniadalahuntukmemperbaikipelatihanbulutangkisyangbelumoptimalsehinggadiharapkanbisameningkatkanakurasipukulansmashpadaatletPBDasaDigdayaKotaBlitar.Penelitianinitermasukjenispenelitiantindakanolahragadenganpendekatandeskriptifkuantitatifdandeskriptifkualitatif.Penelitiantindakankelasinidilakukanmelaluiduasiklus.Setiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)Perencanaan(2)Pelaksanaan(3)Observasidan(4)Refleksi.SubjekdalampenelitianiniadalahatletPBDasaDigdayaKotaBlitar.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanobservasi(pengamatan)tesdananalisisdata.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwamelaluitekniklatihansmashdenganmenggunakanmediakarpetsebagaisasaranmampumeningkatkanakurasipukulansmashatletdarisikluskesiklus.Halinibisadilihatdaripersentasekeberhasilanatletdalammelakukanakurasismashsetelahdiberikantindakanpadasiklus1dansiklus2.Hasilnyadari24(80%)atletmenjadi30(100%)atletyangbisamelakukangerakanawaldari22(73%)atletmenjadi28(93%)atletyangbisamelakukangerakansaatmemukuldari26(86%)atletmenjadi30(100%)atletyangbisamelakukangerakanakhirdandari12(40%)atletmenjadi24(80%)yangbisamengarahkanshuttlecockkesasarankarpet.KesimpulandalampenelitianiniyaitupelatihanmenggunakankarpetsebagaisasarandapatmeningkatkanakurasipukulansmashpadaatletPBDasaDigdayaKotaBlitar.Sarandalampenelitianiniyaitupenelitiagarmemilikikepekaanyangtinggiterhadapfenomenayangmunculdilapangandanmampumemecahkanmasalahdengantepatmelaluikegiatanpenelitian.