Meningkatkan keterampilan passing bawah dengan pendekatan permainan dalam pembelajaran bolavoli di SMP Negeri 16 Malang / Denny Pradana
Main Author: | Pradana, Denny |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/50068/ |
Daftar Isi:
- PradanaDenny.2014.MeningkatkanKeterampilanPassingBawahDenganPendekatanPermainanDalamPembelajaranBolavoliDiSMPNegeri16Malang.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AgusTomiM.Pd(II)Dra.SriPurnamiM.Pd.KataKunciPassingbawahPermainanBolavoliKeterampilan1228812288PermainanBolavoliadalahpermainanyangdimainkanolehduatimdalamsatulapangandansetiaptimterdiridarienamorangdalammemainkanboladilambungkanmelewatinetsebelummenyentuhtanah.Salahsatuteknikdasaryangseringdigunakanadalahpassingbawah.PadaobservasiawalyangdilakukandikelasVIIIDSMPNegeri16Malangdiketahuibahwaketerampilanpassingbawahsiswamasihkurang.Daridataobservasididapat37%siswasalahdalammelakukansikapawal58%padasikapperkenaandan345%padasikapakhiran.12288122881228812288TujuanpenelitiantindakankelasiniadalahuntukmeningkatkanketerampilanteknikdasarpassingbawahbolavolidalampembelajaranPendidikanJasmanidanKesehatandikelasVIIIDSMPNegeri16Malangdenganmenggunakanmetodebermain.12288122881228812288Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdenganpendekatandeskriftifkuantitatifdankulitatif.Penelitiantindakankelasinidilakukandenganmenggunakanduasiklusdansetiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)pengamatan(observasi)dan(4)refleksi.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasVIIIDSMPNegeri16Malangsebanyak30siswa.12288122881228812288Hasilpenelitianmenunjukkanterjadipeningkatanketerampilansiswadalammelakukanpassingbawahsetelahdilakukanpembelajarandenganmenggunakanpendekatanpermainan.Pembelajarandenganpendekatanpermainandilakukandalamduasiklusyaitutigapertemuandisikluspertamadantigapertemuandisikluskedua.Tingkatkeberhasilansiswapadasikluspertamasebanyak78%padasikluskeduasebanyak87%.12288122881228812288KesimpulanyangdidapatdaripenelitianiniadalahdenganpenerapanpembelajarandenganpendekatanpermainandapatmeningkatkanketerampilanpassingbawahsiswakelasVIIIDSMPNegeri16Malang.Saranyangdapatdilakukansetelahdilakukanpenelitianiniyaitu(1)bagipenelitilainagarmemilikikepekaanterhadapmasalah-masalahyangdapatmenjadikansiswatidakmenyukaipembelajaranPendidikanJasmanidanKesehatansehinggamenjadikanpembelajaranterganggu.(2)bagiguruPendidikanJasmanidanKesehatandiSMPNegeri16Malangdiharapkanagarlebihkreatifdalammelakukanpembelajaranterhadapsiswasehinggasiswalebihantusiasdantertariksetiapmengikutipembelajaranyangdilakukan.1228812288122881228812288122881228812288