Meningkatkan keterampilan passing bawah dengan pendekatan permainan dalam pembelajaran bolavoli di SMP Negeri 16 Malang / Denny Pradana

Main Author: Pradana, Denny
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/50068/
Daftar Isi:
  • PradanaDenny.2014.MeningkatkanKeterampilanPassingBawahDenganPendekatanPermainanDalamPembelajaranBolavoliDiSMPNegeri16Malang.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AgusTomiM.Pd(II)Dra.SriPurnamiM.Pd.KataKunciPassingbawahPermainanBolavoliKeterampilan1228812288PermainanBolavoliadalahpermainanyangdimainkanolehduatimdalamsatulapangandansetiaptimterdiridarienamorangdalammemainkanboladilambungkanmelewatinetsebelummenyentuhtanah.Salahsatuteknikdasaryangseringdigunakanadalahpassingbawah.PadaobservasiawalyangdilakukandikelasVIIIDSMPNegeri16Malangdiketahuibahwaketerampilanpassingbawahsiswamasihkurang.Daridataobservasididapat37%siswasalahdalammelakukansikapawal58%padasikapperkenaandan345%padasikapakhiran.12288122881228812288TujuanpenelitiantindakankelasiniadalahuntukmeningkatkanketerampilanteknikdasarpassingbawahbolavolidalampembelajaranPendidikanJasmanidanKesehatandikelasVIIIDSMPNegeri16Malangdenganmenggunakanmetodebermain.12288122881228812288Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdenganpendekatandeskriftifkuantitatifdankulitatif.Penelitiantindakankelasinidilakukandenganmenggunakanduasiklusdansetiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)pengamatan(observasi)dan(4)refleksi.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasVIIIDSMPNegeri16Malangsebanyak30siswa.12288122881228812288Hasilpenelitianmenunjukkanterjadipeningkatanketerampilansiswadalammelakukanpassingbawahsetelahdilakukanpembelajarandenganmenggunakanpendekatanpermainan.Pembelajarandenganpendekatanpermainandilakukandalamduasiklusyaitutigapertemuandisikluspertamadantigapertemuandisikluskedua.Tingkatkeberhasilansiswapadasikluspertamasebanyak78%padasikluskeduasebanyak87%.12288122881228812288KesimpulanyangdidapatdaripenelitianiniadalahdenganpenerapanpembelajarandenganpendekatanpermainandapatmeningkatkanketerampilanpassingbawahsiswakelasVIIIDSMPNegeri16Malang.Saranyangdapatdilakukansetelahdilakukanpenelitianiniyaitu(1)bagipenelitilainagarmemilikikepekaanterhadapmasalah-masalahyangdapatmenjadikansiswatidakmenyukaipembelajaranPendidikanJasmanidanKesehatansehinggamenjadikanpembelajaranterganggu.(2)bagiguruPendidikanJasmanidanKesehatandiSMPNegeri16Malangdiharapkanagarlebihkreatifdalammelakukanpembelajaranterhadapsiswasehinggasiswalebihantusiasdantertariksetiapmengikutipembelajaranyangdilakukan.1228812288122881228812288122881228812288