Pelatihan tari topeng malangan sebagai media pendidikan karakter di Padepokan Seni Asmara Bangun Kedungmonggo Pakisaji Malang / Nafisah
Main Author: | Nafisah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/5006/ |
Daftar Isi:
- Nafisah.2013.PelatihanTariTopengMalanganSebagaiMediaPendidikanKarakterdiPadepokanSeniAsmoroBangunKedungmonggoPakisajiMalang.SkripsiJurusanPendidikanLuarSekolahFakultasIlmuPendidikanUnversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.M.IshaqM.Pd(II)Drs.ImamHambaliM.Pd.KataKuncipelatihantaritopengmalanganmediapendidikankarakterTaritopengmalanganmerupakansalahsatujeniskesenianJawaTimur.Dalampagelarantaritopengmalanganterdapatnilai-nilaimoralyangdiberikankepadapenontonmisalnyaakhirdariceritaorangyangberperilakujahatakankalahdenganorangyangberperilakubaik.Dewasainipendidikankarakterdibutuhkanolehmasyarakatterbuktidengansemakintingginyatingkatkriminalitasremajaakibatkondisisosialdanpangankarenaitudiperlukanpenelitianmengenaipendidikankarakteryangditanamkanmelaluipelatihantaritopengmalangan.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikantentang(1)sejarahdankondisipadepokan(2)pendidikankarakterdalampelatihantaritopengmalangandan(3)pelatihantaritopengmalangansebagaimediapendidikankarakter.Penelitianinimenggunakanmetodekualitatifyangterjadisecaraalamiahdenganinstrumenpenelitiitusendiri.Datadiperolehdarikata-katainformanpengamatanpenelitidandokumentasiyangdilakukandenganteknikwawancaraobservasidanstudidokumentasi.Informanpenelitianiniadalahpengelolapelatihpesertapelatihandanorangtuapesertapelatihan.Datayangdiperolehdianalisisdengancarareduksidata(datareduction)penyajiandata(datadisplay)sertapenarikankesimpulandanverifikasi(conclucingdrawing/verification).Pengecekankeabsahanpenelitianinidilakukandengancaraperpanjanganpengamatanpeningkatanketekunantriangulasidanmenggunakanbahanreferensi.Hasilpenelitianinimenyatakanbahwalingkunganyangnyamantertibdanbersihdapatmendukungadanyapendidikankarakter.Pendidikankarakteryangdisalurkandaripengeloladanpelatihkepadapesertapelatihanmelaluiprosespelatihanadalahkarakter(1)percayaTuhandanciptaanNyaditanamkandengancaramengajakpesertapelatihanuntukberdoadanmenyiapkansesajisertamemberikanpenjelasanlangsungmengenaimakna-maknayangterkandungsaatpagelaran(2)percayadiridiasahdengancaramengadakanpelatihantaridengancarabersama-samamengadakanpagelaranrutindanmemberikanmotivasikepadapesertapelatihanbahwadirinyamampu(3)tanggungjawabditanamkandengancaramengarahkanpesertapelatihanuntukmenyiapkandanmerapikanperalatanyangdibutuhkansaatpelatihanmenjagalingkungansekitarpadepokandanhadirsaatlatihanmaupunpagelaran(4)toleransiditingkatkandenganadanyaperbedaansepertiperbedaanagamamakapesertapelatihandituntutuntukdapatberadaptasidenganoranglaindan(5)konsekuenditanamkanberdasardaripengalamanyangdiperolehsepertimenaridipundensaattengahmalamdanmenyelesaikanmasalahsecaraterbuka.Pelatihantaritopengmalangansebagaimediapendidikankaraktertampakpadakegiatan(1)persiapanpesertauntukpagelaranyaitusecarafisikberlatihtaridanmentaldenganberpuasahalinimelibatkanbeberapainderapesertapelatihansehinggadapatdijadikansebagaimediapendidikankarakter(2)pra-pagelaranmengasahinderapenglihatandanpenciumanpesertapelatihansehinggadapatdigunakansebagaimediapendidikankarakterkarenasaatprosespelatihantaritopengmalanganpesertapelatihanmelihatbentuktopenglatardansesajisertamenciumaromadupayangberasaldarisesajisehinggamenciptakansuasanasakraldan(3)pagelarantaritopengmalanganmerupakanrangkaiandaripelatihantaritopengmalangandanpesertapelatihanhadirdanikutmenjadibagiandaripagelaranhalinimerangsangpotensiyangdimilikipesertapelatihansehinggapelatihantaritopengmalangandapatdigunakansebagaimediapendidikankarakter.Sejarahdankondisipadepokandarihasilpenelitianinidapatdimanfaatkanpengelolasebagaibahanmotivasidanpelatihhendaknyamenyampaikankepadapesertapelatihan.Melaluipelatihantaritopengmalanganterdapatpendidikankarakteryangdapatdimanfaatkanolehpengelolasebagaibahanevaluasidalammerancangpendidikankarakterdanpelatihsebagaibahanevaluasidalammelaksanakanpendidikankarakter.Kegiatanyangdilaksanakansaatpelatihantaritopengmalangandapatdimanfaatkanpengelolasebagaibahanevaluasipenyusunanmediapendidikankarakterdanpelatihsebagaipenggunaanmediapendidikankarakter.