Meningkatkan efektifitas pembvelajaran variasi gerak dasar ke dalam modifikasi atletik dengan metode bermain pada siswa kelas V SDN Sentul 01 Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan / Yusqunur Risky Aulia

Main Author: Aulia, Yusqunur Risky
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/50016/
Daftar Isi:
  • YusqunurRiskyAulia.2014.MeningkatkanEfektifitasPembelajaranvariasigerakdasarkedalamModifikasiAtletikdenganmetodebermainpadasiswakelasVSDNSentul01KecamatanPurwodadiKabupaenPasuruanSkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.MuArifinM.Pd(II)Drs.TatokSugiartoS.PdM.PdKataKunciMeningkatkanEfektifitasVariasiGerakdasardenganMetodeBermain1228812288122881228812288122881228812288PadamaterivariasigerakdasardiSDNSentul01KecamatanPurwodadiKabupatenPasuruaninimasihdapatdikatakanjauhdarikataEfektif.Halinidisebabkankarenagurupendidikanjasmanibelummenerapkanmetodeyangbervariasiterhadapprosespembelajaran.BerdasarkanobservasiawalpadakelasVSDNSentul01KecamatanPurwosariKabupatenPasuruandiperolehhasilbahwapenguasaantentangvariasigerakdasarterhadappembelajaranternyatabelumoptimalsehinggaperluditingkatkanmelaluipenerapanmetodeyanglain.12288122881228812288PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanpsikomotorvariasigerakdasarmelaluipenerapanmetodeBermain.12288122881228812288Penelitianinimerupakanjenispenelitiantindakankelasdenganpendekatandeskriptifkuantitatifdandiskriptifkualitatif.Pelaksanaantindakankelasinidilakukanmelalui2siklus1siklus3kalipertemuandimanatiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)pengamatan(4)refleksi.Subjekdalampenelitianiniadalah45siswakelasVdiSDNSentul01KecamatanPurwosariKabupatenPasuruandenganrincian14siswaPutridan31siswaPutra.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanobservasi(pengamatan).12288122881228812288Melaluipenerapanmetodebermaindiharapkandapatmeningkatkanvariasigerakdasardarisikluskesiklus.HalinibisadilihatdaripersentasekeberhasilansiswadalammelakukanvariasigerakdasarsetelahdiberikantindakandarisiklusIdansiklusIIhasilnyaEfektifitas(padaaspekPsikomotor)variasigerakdasardarisiklusIpertemuanke1sebesar61.25%dengankatagoricukupdanpertemuanke2sebesar65.25%dengankatagoricukupsertapertemuanketigasebesar75.25%dengankategoricukupdanpadasiklusIIpertemuanke1mengalamipeningkatandenganskor80.5%yangtergolongdalamkatagoribaik.12288122881228812288KesimpulanyangdiperolehdaripenelitianiniadalahdenganmenerapkanmetodebermaindapatmeningkatkanPsikomotorVariasigerakdasarsiswadalampembelajaranPendidikanJasmanidanKesehatandiSDNSentul01KecamatanPurwosariKabupatenPasuruan.Berdasarkanpenelitianinidisarankanagarpadasekolah-sekolahyanglaindapatmenerapkanbermianpadapembelajarannyasehinggaprosespembelajaranyadapatmenjadilebihoptimal.