Upaya meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran lari sambung (estafet) melalui metode bermain di kelas XI KC SMK Kartika IV-1 Malang / Mohammad Rizal Husein Nur Afdloli
Main Author: | Afdloli, Mohammad Rizal Husein Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/49988/ |
Daftar Isi:
- AfdloliM.RizalHuseinN.2014.UpayaMeningkatkanKeaktifanSiswadalamPembelajaranLariSambung(Estafet)MelaluiMetodeBermaindiKelasXIIKcSMKKartikaIV-1Malang.Skripsi.JurusanPendidikanJasmanidanKesehatan.FakultasIlmuKeolahragaan.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.MardiantoM.Kes(II)Dra.SriPurnamiM.Pd.KataKuncimeningkatkankeaktifanpembelajaranlarisambung(estafet)metodebermain12288122881228812288Larisambung(estafet)adalahsalahsatunomorlombalariyangmenggunakansebuahtongkatyangberukuranpanjangsekitar30cm.Observasiawalyangdiperolehbahwakeaktifansiswadalampembelajaranlarisambung(estafet)masihbelumoptimal.Sebanyak23siswa(71875%)tidakaktifdan9siswa(28125%)kurangaktifmeresponinstruksigurusaatpembelajaransebanyak22siswa(6875%)tidaksenangdan10siswa(3125%)kurangsenangdengankegiatanpembelajaran4)sebanyak22siswa(6875%)tidaktekundan10siswa(3125%)kurangtekundalammengikutiprosespembelajaranlarisambung(estafet).Sehinggaperluadanyasebuahmetodepembelajaranyangharusdiperbaikiagarsiswalebihtermotivasidanaktifdalamproseskegiatanpembelajaranlarisambung(estafet).12288122881228812288Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipeningkatkankeaktifansiswadalampembelajaranlarisambung(estafet)dikelasXIKcSMKKartikaIV-1Malangyangmenggunakanmetodebermain.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahlembarobservasidokumentasidancatatanlapangan.12288122881228812288Rancanganpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK).MelaluiPTKinidilaksanakanpembelajaranlarisambung(estafet)denganmenggunakanmetodebermain.Melaluipermainaninisiswamelakukangerakdasarlarisambung(estafet)sambilbermaindalammelaksanakanpembelajaran.HalinipentingmengingatsiswakelasXIKcSMKKartikaIV-1Malangbelummenunjukkankeaktifandalammelakukankegiatanpembelajaran.Dalampenelitianinipenelitiberkolaborasidengangurumerencanakantindakanpembelajaranyangberlangsungselama2siklus.12288122881228812288Hasilpenelitianmenunjukanbahwakeaktifansiswadalampembelajaranlarisambung(estafet)dikelasXIKcmengalamipeningkatansetelahdiberikanmetodebermain.12288122881228812288Presentasehasilbelajarsiswaadalahsebagaiberikut(1).SiswaAktif2562%menjadi5104%padasiklus1danmenjadi775%padasiklus2dilakukansiswadengankategoribaik.(2).Siswasenang2625%menjadi53125%padasiklus1danmenjadi8167%padasiklus2dilakukansiswadengankategoribaik.(3).Siswatekun2625%menjadi5146%padasiklus1danmenjadi7833%padasiklus2dilakukansiswadengankategoribaik.12288122881228812288Kesimpulanyangdidapatdaripenelitianiniadalahdengandiberikanmetodebermaindapatmeningkatkankeaktifansiswadalampembelajaranlarisambung(estafet)dikelasXIKcSMKKartikaIV-1Malang.