Upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran teknik dasar atletik lanjutan (jalan, lari, lompat dan lempar) siswa kelas VIII-B SMP Negeri 10 Malang dengan metode bermain / Eris Bentar R.

Main Author: Bentar R., Eris
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/49954/
Daftar Isi:
  • ErisBentar.2013.UpayaPeningkatanEfektivitasPembelajaranTeknikDasarAtletik(JalanLariLompatdanLempar)SiswaKelasVIII-BSMPNegeri10MalangdenganMetodeBermain.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.MuarifinM.Pd(II)Dra.SulistyoriniM.Pd.KataKunciUpayaMeningkatkanEfektivitasPembelajaranTeknikDasarAtletikLanjutan(JalanLariLompatdanLempar)MetodeBermainAtletikmerupakansuatucabangolahragatertuadanjugadianggapsebagaiindukdarisemuacabangolahraga.Atletiksejakjamandulusecaratidaksadartelahdilakukanorangsepertiberjalanberlarimelompatmenombaksaatberburudalamkehidupansehari-hari.Metodebermainadalahsalahsatupendekatanpembelajarandalampendidikanjasmaniolahragadankesehatanyangterpusatpadapermainandansiswauntukpembelajarantentangpermainanyangberhubunganeratdenganolahragadengansifatpembelajaranyangkonstruktif.Metodebermainsangatpentinguntukditerapkandalampembelajaranpendidikanjasmanikarenaselaindapatmengembangkankemampuanmotoriksiswadapatjugamenanamkannilai-nilaisosialsepertikerjasamakejujurankedisiplinandanmenghargaiteman.Penerapanmetodebermaindapatmeningkatkanefektivitaspembelajaranteknikdasaratletiklanjutan(jalanlarilompatdanlempar)kelasVIIIBSMPNegeri10Malang.Peningkatanhasilketerampilanteknikdasaratletiklanjutan(jalanlarilompatdanlempar)dapatdilihatpadasiklusIdiantaranyateknikjalanyangdilakukandenganbenarolehsiswaadalahsebanyak23siswaatau5897%dansikapsalahadalahsebanyak16siswaatau4103%sehinggamasukkategoricukupbaik.Padatekniklariyangdilakukandenganbenarolehsiswaadalahsebanyak29siswaatau7436%dansikapsalahadalahsebanyak10siswaatau2564%sehinggamasukkategoribaik.Padatekniklompatyangdilakukandenganbenarolehsiswaadalahsebanyak30siswaatau7692%dansikapsalahadalahsebanyak9siswaatau2308%sehinggamasukkategoricukupbaik.PelaksanaansiklusIIketerampilansiswadalammelakukanteknikdasaratletiklanjutanjugamengalamipeningkatan.Peningkatanhasilketerampilanteknikdasaratletiklanjutan(jalanlarilompatdanlempar)dapatdilihatpadateknikjalanyangdilakukandenganbenarolehsiswamengalamipeningkatandari23siswaatau5897%menjadi9423%padatekniklarimeningkatdari29siswaatau7436%menjadi9230%padatekniklompatmeningkatdari30siswaatau7692%dantekniklemparyangdilakukandenganbenarolehsiswaadalahsebanyak35siswaatau8974%.