Upaya peningkatan keterampilan lempar lembing gaya silang menggunakan metode bermain pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 3 Ngunut Kabupaten Tulungagung / Ragil Cipto Yudo
Main Author: | Yudo, Ragil Cipto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/49946/ |
Daftar Isi:
- CiptoyudoRagil.2013.UpayaPeningkatanKeterampilanLemparLembingGayaSilangMenggunakanMetodeBermainPadaSiswaKelasVIIIDSMPNegeri3NgunutKabupatenTulungagung.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)DrsMardiantoM.Kes(II)Dr.EkoHariyantoM.Pd.KatakunciPeningkatanKeterampilanLemparLembingGayaSilangMetodeBermain.Lemparlembingmerupakansalahsatukemampuandalammelemparkanbendaberbentuklembing.LemparlembingmerupakansalahsatumateriatletikyangterdapatdalamstandartkompetensisekolahmenengahpertamakelasVIII.Salahsatukompetensidasarnyayaitumempraktikanvariasidankombinasiteknikdasarlanjutanatletiknomorlempardengankoordinasiyangbaiksertanilaikerjasamatoleransipercayadirikeberanianmenghargailawanbersediaberbagitempatdanperalatan.BerdasarkanobservasiawaldiperolehhasilbahwajumlahsiswakelasVIIIDSMPNegeri3Ngunutadalah32siswa17diantaranyalaki-lakidan15siswaperempuandarihasilobservasiyangtelahdiperolah26siswamengalamikesulitandisebabkanolehpenggunaanmetodemengajargurukurangtepatsehinggasiswatidaktertarikuntukmendengarkanpenjelasandariguru.DenganmelihathaltersebutmakadiperlukanmetodebaruuntukmemperbaikidanmeningkatkanketerampilanlemparlembinggayasilangpadakelasVIIIDyaitudenganmenggunakanmetodebermain(a)Lempartangkapberpasangantailball(b)Lempartailballmelewatitali(c)Lemparparalonmodifikasiketengahlingkaranbanbekas(d)Melemparparalonmodifikasipadabolasasarangunauntukmenghindarkansiswamenjadibosandankurangkreatifdalammenenerimapelajaranagarpembelajarandapatberhasildenganbaikmakaunsur-unsurbermainharusdiperhatikankarenaunsuryangterkandungdalampermainanadalahkegembiraandankeceriaan.Tujuanpenelitianiniuntukmengetahuisejauhmanadampakpembelajarandenganmenggunakanmetodebermain(a)Lempartangkapberpasangantailball(b)Lempartailballmelewatitali(c)Lemparparalonmodifikasiketengahlingkaranbanbekas(d)MelemparparalonmodifikasipadabolasasaranuntukmeningkatkanhasilbelajarlemparlembinggayasilangpadasiswakelasVIIIDSMPNegeri03NgunutkabupatenTulungagung.Penelitianinimerupakanjenispenelitiantindakankelasdenganpendekatandeskriptifkuantitatif.Pelaksanaantindakankelasinidilakukanmelaluiduasiklusdimanatiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)Perencanaan(2)Pelaksanaan(3)Observasi(4)Refleksi.Metodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahmetodebermain.Hasilpenelitianinitelahterbuktimampumeningkatkanketerampilansiswadarisikluskesiklus.PadasiklusIsiswayangpadaawalnya26siswayanghasilbelajarnyabelummemenuhistandartketuntasanminimalangka75berkurangmenjadi15siswayangbelummemenuhistandartketuntasanminimal.Darihasiltersebutmenunjukanpeningkatanterhadappenguasaanketerampilanlemparlembinggayasilangyangterlihatdariperbandinganhasilpre-testyangdilaksanakanpadasaatpratindakandenganhasilpost-testyangdiberikanpadaakhirpenerapan.Untukhasilpost-testsiklusIIjugamenunjukkanpeningkatanpenguasaanketerampilanlemparlembinggayasilang.Dari15siswayangbelummemenuhistandartketuntasanminimalangka75padasiklus2inihanyatinggal3siswasajayangbelummemenuhistandartketuntasanminimal.SelainhaltersebutdiperolehhasilpersentasikeberhasilansebagaiberikutdariaspekawalanBerdirimenghadaparahgerakanlemparansudahdilakukansebanyak32siswadenganpersentase100%.Lembingberadadisampingkepaladenganlenganditekuksudahdilakukansebanyak32siswadenganpersentase100%.Sikutmenghadapkedepandantelapaktanganmenghadapatassudahdilakukansebanyak30siswadenganpersentase9375%.GerakansaatmelemparSikaplangkahsilangberkelanjutanuntukmelemparsudahdilakukansebanyak28siswadenganpersentase8750%.Kakikanandiluruskankebelakangkakikiriberadadidepandanlututditekuksudahdilakukansebanyak26siswadenganpersentase8125%.Sikutanganpembawalembingditekukditeruskanmemutarbadanuntukhasillemparanyangbaiksudahdilakukansebanyak28denganpersentase8750%.Bersamaandenganmemutarbadankesektorlapanganlembingdilemparkandengancepatsudahdilakukansebanyak25denganpersentase7812%.GerakanakhiranSikapbadanmenghadaparahlemparankakikananjatuhkedepansudahdilakukansebanyak32siswadenganpersentase100%.Kakikirikebelakangmenjagakeseimbangantubuhcondongkedepansudahdilakukansebanyak31siswadenganpersentase9687%.Jagakeseimbanganagarbadantidakmelaluigarisbatassudahdilakukansebanyak30siswadenganpersentase9375.Selainhasilpersentasimengenaiteknikdasarlemparlembinggayasilangdiperolehpulahasildaripengamatansikapsiswapadasaatprosespembelajaranpadasiklus1siswayangterlambattidakditegurolehgurusiswayangmenyimpangtidaksegeraditegurolehgurudansiswatidakmemperhatikanpenjelasandarigurusaatgurumenjelaskan.Namunpadasiklus2sudahterlihatpeningkatanyangcukupbaikdibandingkandengansiklus1padasiklus2inigurusudahtegasdalammenegursiswayangmenyimpangmenjadilebihdisiplinsiswamelakukanprosesbelajardenganbaikdansiswasudahmenguasaiketerampilanlemparlembinggayasilangdenganbaikdanbenar.Walaupundalampost-testsiklus2masihterdapatsiswayangbelumtuntasiniadalahwajarkarenacukupsulituntukmencapaitarafkeberhasilan100%siswatuntassemua.DarihasilpenelitianmakadapatdisimpulkanbahwamodelpembelajarandenganmenggunakanmetodebermaindapatmeningkatkanketerampilanlemparlembinggayasilangsiswakelasVIIIDSMPNegeri3Ngunut.Bagigurupendidkanjasmaniolahragadankesehatanmodelpembelajarandenganmetodebermaindapatdigunakansebagaireferensidalammemberikanmaterilemparlembinggayasilangsedangkanbagisiswadigunakansebagaipanduanbelajarpadasaatpembelajaranlemparlembing