Pengembangan model pembelajaran teknik dasar passing bawah bolavoli untuk siswa kelas X SMK Putra Indonesia Malang / Alexandra Rezha Palevi

Main Author: Palevi, Alexandra Rezha
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/49945/
Daftar Isi:
  • PaleviAlexandraRezha.2013.PengembanganModelPembelajaranTeknikDasarPassingBawahBolavoliuntukSiswaKelasXSMKPutraIndonesiaMalang.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.H.M.E.WinarnoM.Pd.(2)Dr.H.RoesdiyantoM.Kes.KataKunciModelpembelajaranteknikdasarpassingbawahbolavoli.SalahsaturuanglingkuppelaksanaanpendidikanjasmanidikelasXSMKPutraIndonesiaMalangyaitupermainandanolahragayangdidalamnyaterdapatpermainanbolabesaryaitupassingbawahbolavoli.Denganmelakukanpenelitianawalyangmenggunakananalisiskebutuhansiswadanwawancaragurupendidikanjasmanipenelitidapatmenyimpulkanbahwadiperlukanpenelitiandenganmengembangkanpembelajaranteknikdasarpassingbawahbolavoliyangdapatmenjadikansiswaaktifsenangdantidakmudahjenuh.PenelitianinibertujuanmengembangkanmodelpembelajaranpassingbawahbolavoliyangmenarikdenganberbagaimodifikasipermainanyangdilaksanakanuntuksiswakelasXSMKPutraIndonesiaMalangdandiharapkansiswadapatmeningkatkansemangatdanmenguasaimateridalampembelajaranpassingbawahbolavoli.Spesifikasiprodukpengembanganmodelpembelajaranteknikdasarpassingbawahbolavoliiniterdiridarienammodelpembelajaranyaitupembelajaranpassingbawahdengantembokpembelajaranpassingbawahdengantembokditandaisasaranpembelajaranpassingbawahkekeranjangpembelajaranmemanggilnamapembelajaranpassingbawahmelewatinetpembelajaranpermainanpassing.Keseluruhanpembelajaranmenarikuntukdilakukansiswapelaksanaanpembelajaranyangamandanmudah.Selainitupembelajaranyangdikembangkanbervariasidanbermanfaatbagisiswa.Prosedurpenelitianinimelaluiberbagaitahapantaralain(1)penelitianawal(analisiskebutuhan)denganterhadapgurupendidikanjasmanidanangketkepadasiswakelasXSMKPutraIndonesiaMalang.(2)perencanaanprodukawal.(3)evaluasiahli.(4)merevisihasilujicobaprodukawal(sesuaihasilevaluasiahli).(5)ujicobakelompokkecilmenggunakan10subyek.(6)ujicobakelompokbesarmenggunakan30subyek.(7)merevisihasilujicobakelompokbesarberdasarkanhasilevaluasiahlisekaligusmenyempurnakanproduk.Darievaluasisatuorangahlipembelajarandenganjumlahinstrumen36pertanyaandiperolehhasil7083%dengankategoribaiksedangkandarievaluasisatuorangahlipermainanbolavolidenganjumlahinstrumen36pertanyaandiperolehhasil7847%dengankategoribaikolehsebabitupengembanganmodelpembelajaranpassingbawahbolavoliinidapatdigunakanuntukkegiatanpembelajaranbolavolidiSMKPutraIndonesiaMalang.Dariujicobakelompokkecilsebanyak10siswadenganjumlahinstrumen30pertanyaandiperolehhasilbaiksekalisehinggamodelpembelajaranpassingbawahdapatdigunakanuntukkegiatanpembelajaranbolavolidiSMKPutraIndonesiaMalang.Dariujicobakelompokbesarsebanyak30siswadenganjumlahinstrumen30pertanyaandiperolehhasilbaiksekalisehinggamodelpembelajaranpassingbawahdapatdigunakanuntukkegiatanpembelajaranbolavolidiSMKPutraIndonesiaMalang.Saranuntukgurupendidikanjasmaniyaknilebihbervariasidalampenyampaianmateridanpenggunaanmodelpembelajaransehinggamenjadikansiswasenangdanaktifbergerak.Saranuntukpenelitianlebihlanjutyaitupembuatanpengembanganmodelpembelajaranlebihbervariasisertadiujikeefektivitasnyaagarproduklebihsempurnadanbermanfaat.