Pengembangan model pembelajaran teknik dasar passing bawah bolavoli untuk siswa kelas X SMK Putra Indonesia Malang / Alexandra Rezha Palevi
Main Author: | Palevi, Alexandra Rezha |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/49945/ |
Daftar Isi:
- PaleviAlexandraRezha.2013.PengembanganModelPembelajaranTeknikDasarPassingBawahBolavoliuntukSiswaKelasXSMKPutraIndonesiaMalang.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.H.M.E.WinarnoM.Pd.(2)Dr.H.RoesdiyantoM.Kes.KataKunciModelpembelajaranteknikdasarpassingbawahbolavoli.SalahsaturuanglingkuppelaksanaanpendidikanjasmanidikelasXSMKPutraIndonesiaMalangyaitupermainandanolahragayangdidalamnyaterdapatpermainanbolabesaryaitupassingbawahbolavoli.Denganmelakukanpenelitianawalyangmenggunakananalisiskebutuhansiswadanwawancaragurupendidikanjasmanipenelitidapatmenyimpulkanbahwadiperlukanpenelitiandenganmengembangkanpembelajaranteknikdasarpassingbawahbolavoliyangdapatmenjadikansiswaaktifsenangdantidakmudahjenuh.PenelitianinibertujuanmengembangkanmodelpembelajaranpassingbawahbolavoliyangmenarikdenganberbagaimodifikasipermainanyangdilaksanakanuntuksiswakelasXSMKPutraIndonesiaMalangdandiharapkansiswadapatmeningkatkansemangatdanmenguasaimateridalampembelajaranpassingbawahbolavoli.Spesifikasiprodukpengembanganmodelpembelajaranteknikdasarpassingbawahbolavoliiniterdiridarienammodelpembelajaranyaitupembelajaranpassingbawahdengantembokpembelajaranpassingbawahdengantembokditandaisasaranpembelajaranpassingbawahkekeranjangpembelajaranmemanggilnamapembelajaranpassingbawahmelewatinetpembelajaranpermainanpassing.Keseluruhanpembelajaranmenarikuntukdilakukansiswapelaksanaanpembelajaranyangamandanmudah.Selainitupembelajaranyangdikembangkanbervariasidanbermanfaatbagisiswa.Prosedurpenelitianinimelaluiberbagaitahapantaralain(1)penelitianawal(analisiskebutuhan)denganterhadapgurupendidikanjasmanidanangketkepadasiswakelasXSMKPutraIndonesiaMalang.(2)perencanaanprodukawal.(3)evaluasiahli.(4)merevisihasilujicobaprodukawal(sesuaihasilevaluasiahli).(5)ujicobakelompokkecilmenggunakan10subyek.(6)ujicobakelompokbesarmenggunakan30subyek.(7)merevisihasilujicobakelompokbesarberdasarkanhasilevaluasiahlisekaligusmenyempurnakanproduk.Darievaluasisatuorangahlipembelajarandenganjumlahinstrumen36pertanyaandiperolehhasil7083%dengankategoribaiksedangkandarievaluasisatuorangahlipermainanbolavolidenganjumlahinstrumen36pertanyaandiperolehhasil7847%dengankategoribaikolehsebabitupengembanganmodelpembelajaranpassingbawahbolavoliinidapatdigunakanuntukkegiatanpembelajaranbolavolidiSMKPutraIndonesiaMalang.Dariujicobakelompokkecilsebanyak10siswadenganjumlahinstrumen30pertanyaandiperolehhasilbaiksekalisehinggamodelpembelajaranpassingbawahdapatdigunakanuntukkegiatanpembelajaranbolavolidiSMKPutraIndonesiaMalang.Dariujicobakelompokbesarsebanyak30siswadenganjumlahinstrumen30pertanyaandiperolehhasilbaiksekalisehinggamodelpembelajaranpassingbawahdapatdigunakanuntukkegiatanpembelajaranbolavolidiSMKPutraIndonesiaMalang.Saranuntukgurupendidikanjasmaniyaknilebihbervariasidalampenyampaianmateridanpenggunaanmodelpembelajaransehinggamenjadikansiswasenangdanaktifbergerak.Saranuntukpenelitianlebihlanjutyaitupembuatanpengembanganmodelpembelajaranlebihbervariasisertadiujikeefektivitasnyaagarproduklebihsempurnadanbermanfaat.