Penerapan part-whole methods dalam bentuk bermain untuk meningkatkan keterampilan siswa pada pembelajaran senam lantai guling belakang kelas VII B SMP Negeri 1 Batu / Fajar Tri Hartono

Main Author: Hartono, Fajar Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/49930/
Daftar Isi:
  • HartonoFajarTri.2013.PenerapanPart-WholeMethodsDalamBentukBermainUntukMeningkatkanKeterampilanSiswaPadaPembelajaranSenamLantaiGulingBelakangKelasVIIBSMPNegeri1Batu.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.LokanantaTeguhH.WM.Kes(II)Drs.MardiantoM.Kes.KataKunciPenerapanPart-WholeMethodsBentukBermainMeningkatkanKeterampilanSenamLantaiGulingBelakang.SenamlantaimerupakanbagiandarimatapelajaranPendidikanJasmanidanKesehatanyangdiberlakukanpadaSekolahMenengahPertama.BerdasarkanobservasiyangdilakukanpenelitidenganguruPendidikanJasmaniOlahragadanKesehatansaatpembelajaransenamlantaigulingbelakangyangdilakukanpadasiswakelasVIIBSMPNegeri1Batudidapatkanhasilsenamlantaigulingbelakangmasihkurangoptimaldarikeempatteknikdasaryangdiamatitingkatkegagalanpadasikapawaldenganjumlahpersentase54%sikaptangan64%sikaptungkai68%sikapakhir71%.Olehkarenaituperluadanyapembaharuanmetodepenyampaianmateriyaitudenganpenerapanpart-wholemethodsdalambentukbermainuntukmenghindarkansiswamenjadibosankurangsemangatdanmateriyangdisampaikandapattercapai.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanketerampilansenamlantaigulingbelakangpadasiswakelasVIIBSMPNegeri1Batudenganpenerapanpart-wholemethodsdalambentukbermain.Metodepenelitianinimenggunakanmetodepenelitiantindakankelas(classroomactionresearch)denganpendekatandeskriptifkualitatifdandeskriptifkuantitatif.Pelaksanaantindakankelasinidilakukanmelaluiduasiklusdimanasetiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasi(4)refleksi.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasVIIBSMPNegeri1Batu.Hasilpenelitianinitelahterbuktimampumeningkatkanketerampilansiswasikapsiswadanpengetahuansiswasertakinerjagurudansuasanaakademikdarisikluskesiklus.Hasilpenelitianpenerapanpart-wholemethodsdalambentukbermainuntuksiswakelasVIIBSMPNegeri1Batusetelahdiberikantindakanadalahsebagaiberikut100%siswayangmampumelakukangerakansikapawaldenganbenaryaitudenganposisijongkokkeduatanganluruskedepandankakisedikitrapat.100%siswayangmampumelakukangerakansikaptangandenganbenaryaitukeduatangandisampingtelingadantelapaktanganmenghadapkebagianatas.93%siswamampumelakukangerakansikaptungkaidenganbenaryaituayunantungkaikebelakangmelewatikepaladankeduatungkaidilipatsampaiujungkakimendaratdiatasmatras.896%siswamampumelakukangerakansikapakhirdenganbenaryaitukembalikeposisisikapjongkokdankedualengandidepan.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanpart-wholemethodsdalambentukbermaindapatmeningkatkanketerampilanpembelajaransenamlantaigulingbelakanguntuksiswakelasVIIBSMPNegeri1Batu.SaranberdasarkanpenelitianiniguruPendidikanJasmaniOlahragadanKesehatandiharapkanlebihkreatifdanlebihbervariasilagidalammemberikanmateripembelajaran.