Pengembangan pembelajaran perwasitan pencak silat kategori tanding menggunakan multimedia interaktif / Yunita Ratnasari

Main Author: Ratnasari, Yunita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/49900/
Daftar Isi:
  • RatnasariYunita.2013.PengembanganPembelajaranPerwasitanPencakSilatKategoriTandingMenggunakanMultimediaInteraktif.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.WasisD.DwiyogoM.Pd(2)Dr.EkoHariyantoM.Pd.KataKunciPengembanganPembelajaranPerwasitanPencakSilatKategoriTandingMultimediaInteraktif12288122881228812288BerdasarkanobservasiawaldanwawancarayangdilakukanpenelititerhadapketuadewanwasitjuriIPSIse-MalangRayadiperolehdatabahwapesertapenataranwasitjuribelumsepenuhnyamemahamimateriperwasitankategoritandingyangdiberikan.100%menyatakanbelumpernahmenggunakanmultimediainteraktifperwasitanpencaksilatketuadewanwasitjurise-MalangRayasetujudengandibuatnyamultimediainteraktifpembelajaranperwasitanpencaksilat.Sedangkananaisiskebutuhanmenggunakankuesionerterhadap6wasitjurirandomse-MalangRayamenyatakanbahwa8333%wasitjurikesulitanmemahamimateriyangdiberikandenganmediayangdigunakanpenatar100%menyatakanbahwapenatartidakpernahmenggunakanmultimediainteraktifdalammemberikanmateridankeenamwasitjurimenyatakansetujuuntukdibuatnyamultimediainteraktifpembelajaranperwasitanpencaksilatkategoritanding.12288122881228812288Penelitianinibertujuanuntukmengembangkansebuahsumberbelajarbagiwasitjurikhususnyadanmasyarakatluaspadaumumnyadenganmateriperwasitanpencaksilatkategoritandingmengguanakanmultimediainteraktif.12288122881228812288Terdapat8spesifikasidalampengembanganpembelajaranperwasitanPencakSilatkategoritandinginiantaralain(1)produkinidibuatmenggunakanAutoPlayMediaStudio8PersonalEdition(2)terdapatpanduanpenggunaanproduk(3)referensipenyusunanproduk(4)mengacupadaMUNASIPSIXIIItahun2012(5)terdapatmateri-materiperwasitan(6)berisikanbeberapamateriperwasitanpencaksilatkategoritanding(7)evaluasisebagaifeedbackdan(8)produkdikemasdalambentukCD(CompactDisk).12288122881228812288MetodeyangdigunakanpenelitianiniadalahpengembanganBorgdanGallyangdiadaptasimenjadilebihsederhanayaitu(1)pengumpulaninformasi(2)rancanganprodukawal(3)evaluasiahli(4)revisiI(5)ujicobatahapI(6)revisiIIdanujicobatahapII(7)revisidanprodukakhir.Analisisdatayangdigunakanadalahkuantitatifdankualitatifyangdiperolehdarihasilpenyebarankuesioner.12288122881228812288Berdasarkantinjauan1(satu)ahlimediadiperolehpersentase90%sedangakan3(tiga)ahliperwasitanpencaksilatdiperolehpersentase94%.DarihasilujicobatahapI(kelompokkecil)denganjumlah9wasitjurirandomse-MalangRayadiperolehpersentasedenganrata-rata894%.DariujicobatahapII(kelompokbesar)denganjumlah30wasitjurirandomse-MalangRayadiperolehpersentasedenganrata-rata8804%.12288122881228812288SehinggadapatdisimpulkanbahwaprodukpembelajaranperwasitanpencaksilatkategoritandingmenggunakanmultimediainteraktifinilayakdigunakansebagaisumberbelajarwasitjuridanmasyarakatluasyangawamterhadapperwasitanPencakSilatkategoritanding.