Studi tentang persepsi siswa terhadap kompetensi guru Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Malang (UM) di SMP Negeri se Kecamatan Klojen Malang / Andung Sukoco
Main Author: | Sukoco, Andung |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/49846/ |
Daftar Isi:
- Katakuncipersepsipedagogikkepribadiansosialprofesional.GuruPPLmerupakanguruyangbarumelaksanakanpraktekdalammenjadigurupengajardisekolah.SetiaptahunFakultasIlmuKeolahragaanmengirimkanmahasiswajurusanpendidikanjasmanidankesehatan(PJK)untukmengikutiPPLkesekolah-sekolah.BerdasarkanpengalamanpenelitipadawaktuPPLsiswacenderungtidakmemperhatikanguruPPLpendidikanjasmaniketikadiajar.SiswaseringtidakmaumengikutiintruksidariguruPPLketikadiajar.TetapipadasaatgurupendidikanjasmanimengawasiprosesbelajarmengajarsiswamenjadipatuhdanmengikutiintruksidariguruPPL.MelihatkenyataanyangadatimbulpertanyaanbesarbagipenelitimengapasiswaSMPcenderungmeremehkanguruPPLpendidikanjasmani.MakapermasalahannyaadalahapasebenarnyapersepsisiswaterhadapkompetensiguruPPLPendidikanJasmanidilihatdari4kompetensidasarmengajarguru.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipersepsisiswaterhadapkompetensiGuruPPLPendidikanJasmaniUMdiSMPNegerise-KecamatanKlojenMalang.PenelitianinidilaksanakanpadabulanApril-Mei2012disekolahyangditempatiPPLMahasiswaPendidikanJasmanidanKesehatansemestergenaptahun2011-2012yaituSMP5SMP9SMP19KlojenMalang.Penelitianinitermasukpenelitiandeskriptifkuantitatifinstrumenyangdigunakandalampenelitianiniberupainstrumenangketdananalisisdatayangdigunakanadalahteknikanalisispersentase.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswaSMPse-KecamatanKlojenMalangdenganjumlah100responden.HasilpenelitianyangtelahdilakukanmenunjukkanbahwapersepsisiswaterhadapkompetensiguruPPLPendidikanJasmaniuntukaspekpedagogikadalah77%kepribadian81%sosial69%profesional60%.KompetensiguruPPLPenjaskesdiSMPN5Malanguntukaspekpedagogikadalah69%kepribadian74%sosial66%profesional57%.SMPN9Malanguntukaspekpedagogikadalah83%kepribadian84%sosial74%profesional67%.SMPN19Malanguntukaspekpedagogikadalah78%kepribadian83%sosial66%profesional57%.SMPN5SMPN9SMPN19untukaspekpedagogikadalah70%83%78%kepribadian74%84%83%sosial57%64%57%profesional49%57%49%.BerdasarkanpenelitianinidapatdisimpulkanbahwasebenarnyakompetensiyangdimilikiguruPPLPenjaskesUMcukupbaikhanyasajaperlusedikittambahansepertiguruPPLpenjaskesagarmempersiapkandirisebelummelaksanakanprosesbelajarmengajardanlebihmemahamitentangkompetensimengajar.