Meningkatkan keaktifan pembelajaran lari sprint menggunakan metode pembelajaran kooperatif model TGT (Team Games Turnament) untuk siswa kelas V SDN Wonorejo 02 Kabupaten Blitar / Prima Romadhoni

Main Author: Romadhoni, Prima
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/49832/
Daftar Isi:
  • KataKuncikaktifanpembelajaranlarisprintkooperatifmodelTGT(TeamGameTurnament)OlahragaatletikdiajarkanmulaijenjangSD/MIhinggajenjangSMA/MA.LarisprintmerupakansalahsatucabangatletikyangdiajarkandiSDNWonorejo02khususnyapadasiswakelasVdiharapkandalampembelajaraninisiswabisaikutberperanaktifdalampembelajarantetapidalamkenyataanyangadadilapanganditemuifaktabahwasiswatidaksenangdankurangaktifdalampelaksanaanpembelajaranlarisprint.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatankeaktifanpembelajaranlarisprintsetelahmengunakanpendekatanpembelajarankooperatifmodelTGT.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahrancanganpenelitiantindakankelaslembarobservasiwawancaradokumentasidancatatanlapangan.MelaluiPTKinidilaksanakanpembelajaranlarisprintmengunakanpendekatankooperatifmodelTGT.MelaluipembelajarankooperatifmodelTGTinisiswamelakukanlarisprintdalambentukpermaianandanperlombaandalammelaksanakanpembelajaran.Halinipentingmengingattidaksemuasiswamenyenangiolahragalarisprint.Dalampenelitianinipenelitiberkolaborasidengangurumerencanakantindakanpembelajaranyangberlangsungselama2siklus.HasilpenelitianmenunjukanbahwakeaktifanpembelajaranmengunakanpendekatankooperatifmodelTGTpadasiswakelasVSDNWonorejo02mengalamipeningkatan.Hasiltindakansiklus1dan2dariAktifmeresponinstruksigurusebesar68%93%2)Giatdalamupayamenguasimaterisebesar73%95%3)Tanpadisuruhaktifmenjalankantugas76%95%4)Siswaberusahamenciptakansuasanapembelajaranyangkondusifdankonstruktif(dinamismeriahdanmenyenangkan)sebesar72%97%.5)Mendengarkanpenjelasangurumengenaimaterimaterilarisprintsebesar80%98%6)Mengamatitemanyangmelakukanmaterilarisprintsebesar77%95%7)Berperanaktifdalampembelajaranmaterilarisprintsebesar73%97%8)Ikutdalampembelajaranmaterilarisprintsebesar70%95%BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapembelajaranlarisprintdenganpendekatankooperatifmodelTGTdapatmeningkatkankeaktifanpembelajaransiswakelasVSDNWonorejo02KabupatenBlitar.