Peningkatan pembelajaran keterampilan senam lantai guling ke belakang melalui penerapan part-whole methods pada siswa kelas VIII-I SMP Negeri 1 Batu / Mat Wajib
Main Author: | Wajib, Mat |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/49827/ |
Daftar Isi:
- KatakunciPeningkatanketerampilansenamlantaigulingkebelakangpart-wholemethodsdanKKM.SenamlantaimerupakanbagiandarimatapelajaranPendidikanJasmaniOlahragadanKesehatanyangdiberlakukandiSekolahMenengahPertama.BerdasarkanobservasiyangdilakukanpenelitidengangurupendidikanjasmanisaatpembelajaransenamlantaigulingkebelakangyangdilakukanterhadapsiswakelasVIII-IdiSMPNegeri01BatudidapatkanhasilpenguasaansenamlantaigulingkebelakangkurangmemenuhiKKM(KriteriaKetuntasanMinimal).KKMyangdiberlakukandisekolahyaitu80%.Sedangkandarihasilobservasiparasiswahanyamendapatkannilai50-70%inidibuktikanolehhasilobservasiawalyaitu(1)6316%atau12siswamelakukankesalahanpadatekniksikapawalan(2)7368%atau14siswapadaposisitangan(3)6842%atau13siswapadaposisitungkai(4)5263%atau10siswapadasikapakhiran.Halitutentunyamenuntutpeningkatanketerampilanlebihditingkatkanlagiuntukmemenuhihasilbelajaryanglebihbaiklagiditerapkanpart-wholemethods.Tujuanpenelitianiniadalahadalahuntukmeningkatanketerampilansenamlantaigulingkebelakangmelaluipenerapanpart-wholemethodspadasiswakelasVIII-IdiSMPNegeri01Batu.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(classroomactionresearch)denganpendekatanpenelitiandeskriptifkuantitatif.Pelaksanaantindakankelasinidilakukandengan2siklusdimanatiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)Perencanaan(2)Pelaksanaan(3)Observasi(4)Refleksi.PadasiklusIada3kalipertemuandan2kalipertemuanpadasiklusII.PenelitiberkolaborasidenganBapakImamBukhoriselakugurupendidikanjasmaniolahragadankesehatandalammelaksanakanperencanaankegiatanbelajarpembelajaran.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasVIII-Iyangberjumlah19siswadiSMPNegeri01Batu.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwamelaluipenerapanpart-wholemethodspadasiswakelasVIII-IdiSMPNegeri01Batuterjadipeningkatanhasilpadaketerampilangulingkebelakangsiswasaatmengikutipembelajaransenamlantaigulingkebelakangdarisikluskesiklus.PadasiklusIpertemuan1dataobservasisetelahtindakantingkatkebenaransiswapadasenamlantaigulingbelakangyaitu(1)7368%atau14siswamelakukankebenaranpadatekniksikapawalan(2)6316%atau12siswapadaposisitangan(3)6316%atau12siswapadaposisitungkai(4)6342%atau13siswapadasikapakhiranmeningkatpadasiklusIIpertemuan2menjadi(1)100%atau19siswamelakukankebenaranpadatekniksikapawalan(2)9474%atau18siswapadaposisitangan(3)9474%atau18siswapadaposisitungkai(4)100%atau19siswapadasikapakhiran.SimpulanpelaksanaanPenelitianTindakanKelasmelaluipenerapanpart-wholemethodsdiSMPNegeri01BatupadasiswakelasVIII-Idapatmeningkatkanketerampilansenamlantaigulingkebelakang.SarandaripenelitianiniadalahbagiguruPendidikanJasmanidanKesehatandiharapkantepatdalammenerapkanmetodepembelajaransehinggatujuanyangdiharapkandapattercapai.PenelitianTindakanKelasinihendaknyadikembangkanpadapembelajarandanpadacabangolahragayanglainsebagaiupayapeningkatankualitaspembelajaranpendidikanjasmani.DanbagimahasiswajurusanPendidikanJasmanidanKesehatanyanginginmelakukanpenelitianyangsamahendaknyadengansubjekdanobjekberbeda.