Peningkatan keterampilan gerak lompat jauh gaya jongkok menggunakan metode bermain pada siswa kelas VII B SMP Negeri 02 Sukodono Lumajang / Andi Eko Prasetyo

Main Author: Prasetyo, Andi Eko
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/49802/
Daftar Isi:
  • KatakunciPeningkatanKeterampilanLompatJauhGayaJongkokMetodeBermain.PadakompetensidasarkelasVIIsemester1yaitumempraktikanketerampilansalahsatunomoratletikdenganmenggunakanperaturanyangdimodifikasisertanilaikerjasamakejujurankerjakerasdanpercayadiri.PadaobservasiawaldiperolehhasilbahwapenguasaanketerampilantekniklompatjauhgayajongkoksiswakelasVIIBSMPNegeri2SukodonoLumajangdarikeempatteknikdasaryangdiamatitingkatkegagalanpadatekinkawalandenganjumlahpersentase4167%tumpuan4222%melayang6944%mendarat50%.Olehkarenaituperluadanyapembaharuanmetodepenyampaianmateriyaitudenganmenggunakanpermainanuntukmenghindarkansiswamenjadibosandankurangkreatif.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuikemampuandanpeningkatanketerampilanlompatjauhgayajongkokpadasiswakelasVIIBSMPNegeri2SukodonoLumajangdenganmenggunakanmetodebermain.Metodepenelitianinimenggunakanmetodepenelitiantindakankelasdenganpendekatandeskriptifkualitatif.Pelaksanaantindakankelasinidilakukanmelaluiduasiklusdimanatiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasi(4)refleksi.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasVIIBSMPNegeri2SukodonoLumajang.Hasilpenelitianinitelahterbuktimampumeningkatkanketerampilansiswasikapsiswadanpengetahuansiswasertakinerjagurudansuasanaakademikdarisikluskesiklus.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapadasiklus1terjadipeningkatanyaitupadateknikawalandari6388%menjadi8333%tumpuan6111%menjadi7778%melayang3611%menjadi5556%mendarat6111%menjadi8056%.Siklus2padateknikawalandari8889%menjadi100%tumpuan8333%menjadi9722%melayang6444%menjadi9167%mendarat8611%menjadi9722%.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwapenggunaanmetodebermaindapatmeningkatkanketerampilanlompatjauhgayajongkoksiswakelasVIIBSMPNegeri2SukodonoLumajang.Selainitudapatjugameningkatkansikapdanpengetahuansiswa.SaranbagiguruPendidikanJasmanidapatmenggunakanpermainanuntukmeningkatkanketerampilanlompatjauh.Bagipenelitiyangakanmelakukanpenelitianyangsamadiharapkandapatmengembangkanlagipermainan-permainanolahragauntukditerapkanpadapembelajaranpendidikanjasmani.