Upaya meningkatkat kemenarikan pembelajaran passing bola voli dengan metode bermain pada siswa kelas V SDN Jimbaran II Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan / Muhammad Sahlan
Main Author: | Sahlan, Mohammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/49765/ |
Daftar Isi:
- KatakunciMetodebermainkemenarikanpembelajaranpassingbolavoli.Bolavolimerupakansalahsatucabangolahragayangdiajarkandisekolahdasar.Berdasarkanhasilobservasiawalyangdilakukandiperolehinformasibahwamasihbanyaksiswayangtidakaktifdalampembelajaran.PembelajaranpendidikanjasmanidankesehatandiSDNJimbaranIIKecamatanPuspoKabupatenPasuruanmasihseringmenggunakanmetodeceramahuntukmenyampaikanmateridanmodellinguntukmemberikancontohkepadasiswa.Penelitimenyadariadanyaperbedaantingkatpemahamandantingkatpenerapaninformasipadasetiapsiswayangnantinyaakanmempengaruhihasilbelajarsiswa.Olehkarenaitudalampenelitianiniditerapkanpembelajarandenganmenggunakanmodel-modelpermainan.Salahsatuciripembelajarandenganmenggunakanmodel-modelpermainanadalahsiswasenangdanbanyakbergerak.Denganprosespembelajarantersebutsiswadiharapkandapatlebihaktifsenangdansemangatdalampembelajaranpassingbolvolisehinggahasilbelajarmeningkat.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswadalampembelajaranpassingbolavolikelasVSDNJimbaranIIKecamatanPuspoKabupatenPasuruandenganmodel-modelpermainan.RancanganpenelitianinimenggunakanPenelitianTindakanKelas(PTK)dengan4tahapyangterdiridariperencanaantindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksiyangdilakukansecarakolaborasiantarapenelitiahlipembelajaranPendidikanJasmaniguruPendidikanJasmanilaindansiswa.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapadasiklus1persentasesiswa56%atau14siswayangtidakaktif60%atau15siswayangtidaksemangat52%atau13siswatidakmenarikpadapembelajaran.Padasiklus2siswayangtidakaktifturunmenjadi4%atau1siswayangtidaksenangpadapembelajaranturunmenjadi4%atau1siswadanuntukpersentasesiswasemangatpadapembelajaranturunmenjadi4%atau1siswa.Sehinggasiswamengalamipeningkatandalamaspekkeaktifankesenangandansemangatdalammengikutipembelajaran.Olehkarenaitudapatdisimpulkanbahwamodel-modelpermainandanvariasipembelajaranyangdiberikanolehgurudalampenelitianinidapatmeningkatkankemenarikansiswadalampembelajaranpassingbolavolipadakelasVSDNJimbaranIIKecamatanPuspoKabupatenPasuruan.