Upaya meningkatkan keaktifan ranah afektif siswa dalam pembelajaran dasar lompat jauh melalui pendekatan bermain pada siswa kelas IV SD Negeri Gondangrejo Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan / Mochamad Fauzi
Main Author: | Fauzi, Mochamad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/49762/ |
Daftar Isi:
- KatakunciKeaktifanLompatPembelajaranBermain.OlahragaatletikadalaholahragayangdiajarkanmulaijenjangSD/MIhinggajenjangSMA/MA.Lompatjauhadalahsalahsatunomerlompatdaricabangatletik.Denganmelaluipembelajaranlompatjauhdiharapkansiswalebihaktifsemangatsenangdantekun.BerdasarkanobservasiawaldiketahuibahwakeaktifanranahafektifsiswapadapembelajaranlompatjauhdiSDNegeriGondangrejoKecamatanGondangwetanmasihbelumtercapai.Siswamasihbanyakyangtidakaktifsemangatsenangdantekundidalampembelajaran.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatankeaktifanranahafektifsiswadalampembelajaranlompatjauhdenganmenggunakanpendekatanbermain.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahlembarobservasidokumentasidancatatanlapangan.Penelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelas(PTK)melaluiPTKinibertujuanuntukmemperbaikidalampembelajaranlompatjauhdenganpendekatanbermain.Denganmenggunakanpendekatanbermainkeaktifansiswadapatditingkatkankeaktifannyadalampembelajaran.Halinisangatpentingmengingattidaksemuasiswamenyenangiolahragaatletik(lompatjauh).Dalammerencanakantindakanpenelitiberkolaborasidengangurulainyangberlangsungselama2siklus.HasilpenelitianinimenunjukanbahwakeaktifansiswadalampembelajaranlompatjauhpadasiswakelasIVSDNegeriGondangrejomengalamipeningkatan.Darihasiltindakansiklus1dariindikatoraktifdalampembelajaran7263%mengalamipeningkatansebesar1579%sehinggamenjadi8842%indikatorsemangatdalampembelajaran6842%mengalamipeningkatansebesar10%sehinggamenjadi7842%indikatorsenangdalampembelajaran7526%mengalamipeningkatan895%sehinggamenjadi8421%indikatortekundalampembelajaran70%mengalamipeningkatan1052%sehinggamenjadi8052%Padasiklus2rata-ratamengalamipeningkatan1132%dari7157%menjadi8289%dengankategoricukupmenjadikategoribaik.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwapembelajaranlompatjauhdenganmelaluipendekatanbermaindapatmeningkatkankeaktifanranahafektifsiswakelasIVSDNegeriGondangrejoKecamatanGondangwetanKabupatenPasuruan.