Meningkatkan keaktifan aspek afektif siswa dalam pembelajaran gerak dasar lari dengan menggunakan metode bermain pada siswa kelas VI SDN Gondangrejo Kec. Gondangwetan Kab. Pasuruan / Nunik Fariyanti
Main Author: | Fariyanti, Nunik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/49760/ |
Daftar Isi:
- KataKuncikeaktifanpembelajarangerakdasarlaribermainBerdasarKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)Tahun2006yangtelahdisusundanberlakudisekolahmempraktikkangerakdasardalamtekniklarilempardanlompatdenganperaturanyangdimodifikasisertasemangatsportivitaspercayadiridankejujuran.NamunkenyataannyadiSDNegeriGondangrejoKecamatanGondangwetanKab.PasuruanTempatPenelitianPendidikanJasmanidanKesehatan.Padaobservasiawaldiketahuibahwakeaktifanaspekafektifsiswapadapembelajarangerakdasarlaridenganmetodebermainkurangafektiftidakberjalandenganbaikpadaindikatoraktifsemangatsenangdantekun.Olehkarenaitupendidikanjasmanidankesehatandalampembelajarangerakdasarlaridenganmetodebermainakanlebihoptimal.PenelitianTindakanKelasinibertujuanuntukmemperbaikipembelajarangerakdasarlariuntukmeningkatkanaspekafektifdenganmenggunakanmetodebermain.RancanganPenelitianTindakanKelasyangdilakukanolehgurudandilaksanakandalambentuksiklusberulangyangdidalamnyaterdapatempattahapyaituperencanaantindakanpengamatandanrefleksi.MelaluiPTKinidilaksanakanpembelajarangerakdasarlaridenganmetodebermain.Melaluibermaininisiswadapatmeningkatkankeaktifanaspekafektifdalammelaksanakanpembelajaran.Halinipentingmengingattidaksemuasiswamenyenangiolahragaatletik(larilempardanlompat).DalampenelitianinipenelitiberkolaborasidenganguruPendidikanJasmaniDanKesehatanmerencanakantindakanpembelajaranyangberlangsungselama2siklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwakeaktifanpembelajarangerakdasarlarisiswakelasVISDNegeriGondangrejomengalamipeningkatan.Hasiltindakansiklus1mengalamipeningkatandari7395%kategoricukupmenjadi9062kategoribaik.SelainhasilpresentasimengenaikeaktifanaspekafektifsiswadalampembelajaranpadasiklusItidakantusiasdankurangsemangatadasiswayangtidakberpakaianlengkaptidakseriustidakmemperhatikangurupadawaktumenjelaskanmateri.Namunpadasiklus2senangsemangatsiswasudahberpakaianlengkapsemangatmelakukanpemanasandalampembelajaranmemperhatikangurupadawaktumenjelaskanmateri.Halinidalamsudahtermasukdalamkategoricukupbaikpadapelaksanaantindakansiklus2.BerdasarpenelitianmelaluimetodebermaindapatdisimpulkanpembelajarangerakdasarlaridapatmeningkatkankeaktifanaspekafektifpadasiswakelasVISDNegeriGondangKabupatenPasuruan.