Meningkatkan keaktifan aspek afektif siswa dalam pembelajaran gerak dasar lari dengan menggunakan metode bermain pada siswa kelas VI SDN Gondangrejo Kec. Gondangwetan Kab. Pasuruan / Nunik Fariyanti

Main Author: Fariyanti, Nunik
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/49760/
Daftar Isi:
  • KataKuncikeaktifanpembelajarangerakdasarlaribermainBerdasarKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)Tahun2006yangtelahdisusundanberlakudisekolahmempraktikkangerakdasardalamtekniklarilempardanlompatdenganperaturanyangdimodifikasisertasemangatsportivitaspercayadiridankejujuran.NamunkenyataannyadiSDNegeriGondangrejoKecamatanGondangwetanKab.PasuruanTempatPenelitianPendidikanJasmanidanKesehatan.Padaobservasiawaldiketahuibahwakeaktifanaspekafektifsiswapadapembelajarangerakdasarlaridenganmetodebermainkurangafektiftidakberjalandenganbaikpadaindikatoraktifsemangatsenangdantekun.Olehkarenaitupendidikanjasmanidankesehatandalampembelajarangerakdasarlaridenganmetodebermainakanlebihoptimal.PenelitianTindakanKelasinibertujuanuntukmemperbaikipembelajarangerakdasarlariuntukmeningkatkanaspekafektifdenganmenggunakanmetodebermain.RancanganPenelitianTindakanKelasyangdilakukanolehgurudandilaksanakandalambentuksiklusberulangyangdidalamnyaterdapatempattahapyaituperencanaantindakanpengamatandanrefleksi.MelaluiPTKinidilaksanakanpembelajarangerakdasarlaridenganmetodebermain.Melaluibermaininisiswadapatmeningkatkankeaktifanaspekafektifdalammelaksanakanpembelajaran.Halinipentingmengingattidaksemuasiswamenyenangiolahragaatletik(larilempardanlompat).DalampenelitianinipenelitiberkolaborasidenganguruPendidikanJasmaniDanKesehatanmerencanakantindakanpembelajaranyangberlangsungselama2siklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwakeaktifanpembelajarangerakdasarlarisiswakelasVISDNegeriGondangrejomengalamipeningkatan.Hasiltindakansiklus1mengalamipeningkatandari7395%kategoricukupmenjadi9062kategoribaik.SelainhasilpresentasimengenaikeaktifanaspekafektifsiswadalampembelajaranpadasiklusItidakantusiasdankurangsemangatadasiswayangtidakberpakaianlengkaptidakseriustidakmemperhatikangurupadawaktumenjelaskanmateri.Namunpadasiklus2senangsemangatsiswasudahberpakaianlengkapsemangatmelakukanpemanasandalampembelajaranmemperhatikangurupadawaktumenjelaskanmateri.Halinidalamsudahtermasukdalamkategoricukupbaikpadapelaksanaantindakansiklus2.BerdasarpenelitianmelaluimetodebermaindapatdisimpulkanpembelajarangerakdasarlaridapatmeningkatkankeaktifanaspekafektifpadasiswakelasVISDNegeriGondangKabupatenPasuruan.