Peningkatan keterampilan passing sepakbola kaki bagian dalam dengan pendekatan bermain siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Karangjati Kabupaten Ngawi / Andhika Criswan Budhiarta

Main Author: Budhiarta, Andhika Criswan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/49727/
Daftar Isi:
  • KataKuncipeningkatanketerampilanpassingsepakbolakakibagiandalampermainan.OlahragasepakboladiajarkanmulaijenjangSD/MIhinggajenjangSMA/MA.Passingmenggunakankakibagiandalamadalahsalahsatuteknikdasaryangharusdikuasaidalamsepakbola.Melaluipembelajarantolakpassingsepakbolakakibagiandalamdiharapkansiswalebihsenangaktifpahamterhadapmateridanterampil.BerdasarkanobservasiawaldiketahuibahwaketerampilanpassingsepakbolakakibagiandalamdiSMPNegeri2KarangjatiKabupatenNgawimasihbelummemenuhistandarketuntasanminimal.Siswamasihbanyakyangtidaksenangtidakmemperhatikandantidakaktifdidalampembelajaran.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanketrampilanpassingsepakbolakakibagiandalamsiswakelasVIIICSMPNegeri2KarangjatiKabupatenNgawimenggunakanmetodebermain.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahteslembarobservasidokumentasidancatatanlapangan.RancanganpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)denganpendekatandeskriptifkuantitatifdandiskriptifkualitatif.Pelaksanaantindakankelasinidilakukanmelaluiduasiklusdimanatiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasi(4)refleksi.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasVIIICSMPNegeri2KarangjatiKabupatenNgawi.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanobservasi(pengamatan).Dalampenelitianinipenelitiberkolaborasidengangurumerencanakantindakanpembelajaranyangberlangsungselama2siklus.HasilpenelitianmenunjukanbahwaketerampilanpassingsepakbolakakibagiandalamsiswakelasVIIICSMPNegeri2KarangjatiKabupatenNgawimengalamibanyakpeningkatan.HasiltindakansiklusIdiketahuisebagaiberikut(1)pandanganmatakearahboladanselanjutnyakearahsasaranpassingsudahbenardilakukansebanyak19siswaatau68%(2)kakiyanguntukmenendangberadadibelakangbolasudahbenardilakukansebanyak18siswaatau64%(3)kakiyanguntukmenendangberadadibelakangbolasudahbenardilakukansebanyak23siswaatau82%(4)perkenaanboladengankakibagiandalamsudahbenardilakukansebanyak22siswaatau79%(5)perkenaantepatpadatengah-tengahbolasudahbenardilakukansebanyak22siswaatau79%(6)posisitubuhsebidangdenganarahpassingsudahbenardilakukansebanyak19siswaatau68%(7)badancondongkedepansaatmenendangbolasudahbenardilakukansebanyak15siswaatau54%(8)kakiayunyangdigunakanuntukmenendangberadadibelakangbolasudahbenardilakukansebanyak24siswaatau86%(9)ayunankakisearahdenganbidangtubuhsudahbenardilakukansebanyak14siswaatau50%(10)ayunankakitidakditahansudahbenardilakukansebanyak16siswaatau57%.HasiltindakansiklusIIdiketahuisebagaiberikut(1)pandanganmatakearahboladanselanjutnyakearahsasaranpassingsudahbenardilakukansebanyak25siswaatau86%(2)kakiyanguntukmenendangberadadibelakangbolasudahbenardilakukansebanyak23siswaatau79%(3)kakiyanguntukmenendangberadadibelakangbolasudahbenardilakukansebanyak27siswaatau93%(4)perkenaanboladengankakibagiandalamsudahbenardilakukansebanyak28siswaatau97%(5)perkenaantepatpadatengah-tengahbolasudahbenardilakukansebanyak25siswaatau86%(6)posisitubuhsebidangdenganarahpassingsudahbenardilakukansebanyak23siswaatau79%(7)badancondongkedepansaatmenendangbolasudahbenardilakukansebanyak22siswaatau76%(8)kakiayunyangdigunakanuntukmenendangberadadibelakangbolasudahbenardilakukansebanyak29siswaatau100%(9)ayunankakisearahdenganbidangtubuhsudahbenardilakukansebanyak23siswaatau79%(10)ayunankakitidakditahansudahbenardilakukansebanyak24siswaatau83%.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwaketerampilanpassingsepakbolakakibagiandalamdenganmetodebermaindapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIIICSMPNegeri2KarangjatiKabupatenNgawi.