Meningkatkan keterampilan memberi dan menerima tongkat dalam pembelajaran lari estafet dengan metode bermainh pada siswa kelas VIII H di SMP Negeri 13 Malang / Errys Nurochman
Main Author: | Nurochman, Errys |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/49724/ |
Daftar Isi:
- KataKunciKetrampilanMemberiDanMenerimaTongkatEstafetMenggunakanMetodeBermain.PembelajrancabangolahragaatletikmulaijenjangSD/MIhinggajenjangSMA/MAmenjadikebutuhandalamKurikulumTingkatSatuPendidikan(KTSP)terutamanomorlariestafet/larisambung.BerdasarkanobservasiawaldiSMPNegeri13Malangpembelajaranlariestafetmenujukkankelemahanpadaperaliantongkatestafetdalamlariestafetdiketahuibahwapadateknikmemberidantongkatmasihkurangoptimal.Melalupembelajaranmetodebermaiandiharapkansiswalebihmeningkatkanteknikmemberidanmenerimatongkat.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatanketrampilanmemberidanmenerimatongkatestafetsetelahmelakukanbermaininstrumenyangdilakukandalampenelitianiniadalahlembarobservasidokumentasidancatatanlapangan.Rancanganpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK).Denganmelaluimetodebermaininidiharapkanakanmemberikansiswamenyenangiolahragakususnyalariestafetpadanomorlari.Dalampenelitianinipenelitiberkolaborasidengangurumerencanakantindakanpembelajaranyangberlangsungselama2siklus1siklus3kalipertemuan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaketrampilanmemberidanmenerimatongkatlariestafetsiswakelasVIIIHSMPNegeri13Malangmengalamipeningkatan.Hasiltindakansiklus1sampaidengansiklus2peningkatanpembelajaranmemberidanmenerimabolalariestafetdalambentukbermainmenggunakanteknikupsweepdandwonsweeppadasiklus1padatehnikupsweepdalammemberibolasebesar15siswaatau3571%menjadi6666%danmenerimasebesar18siswaatau4258menjadi30siswaatau7142%sedangkantehnikdownsweeppadasaatmemberibolasebesar17siswaatau4047%menjadi29siswaatau6904%danmenerimabolasebesar19siswaatau4523%menjadi30siswaatau7142%.Kategoricukupbaiksiklus2mengalamipeningkatandenganskorpadateknikupsweepdalammemberibolasebesar35siswaatu8333%menjadi42siswa100%danmenerimabolasebesar36siswaatu8571%menjadi41siswamenjadi9761%sedangkantehnikdownsweeppadasaatmemberibolasebesar34siswaatau8095%menjadi48siswaatau9523%danmenerimabolasebesar30siswaatau7142%menjadi41siswaatau9761%.Sudahmengalamipeningkatanyangsangatbaikpadasiklus2.BerdasarkanhasilpenelitianbisadisimpulkanbahwapembelajaranmemberidanmenerimatongkatestafetdenganmetodebermaindapatmeningkatkanketrampilanpembelajaransiswakelasVIIIHSMPNegeri13Malang