Upaya meningkatkan pembelajaran teknik dasar atletik lanjutan materi lempar lembing melalui penerapan metode play and games siswa kelas VIII D di SMP Negeri 13 Malang / Nur Khoirul Muhaimin

Main Author: Muhaimin, Nur Khoirul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/49718/
Daftar Isi:
  • KataKunciMeningkatkanPembelajaranTeknikdasarAtletikLanjutanLemparLembingGayaCrossstepMetodePlayandGamesPembelajaranpendidikanjasmaniolahragadankesehatandiSMPNegeri13Malangkhususnyateknikdasarlanjutanmaterilemparlembinggayacrossstepbelumsebagaimanayangdiharapkanhalinidisebabkankarenagurupendidikanjasmanibelummenerapkanmetodeyangbervariasiterhadapprosespembelajaran.BerdasarkanobservasiawalpadakelasVIIIDdiSMPNegeri13Malangdiperolehhasilbahwapenguasaangerakpemahamanmateridanpengembangansikapterhadappembelajaranternyatabelumoptimalsehinggaperluditingkatkanmelaluipenerapanmetodeyanglain.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanpembelajaranteknikdasaratletiklanjutanmaterilemparlembinggayacrossstepmelaluipenerapanmetodePlayandgames.Penelitianinimerupakanjenispenelitiantindakankelasdenganpendekatandeskriptifkuantitatifdandiskriptifkualitatif.Pelaksanaantindakankelasinidilakukanmelalui3siklus1siklus1kalipertemuandimanatiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)pengamatan(4)refleksi.Subjekdalampenelitianiniadalah37siswakelasVIIIDdiSMPNegeri13Malang.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanobservasi(pengamatan)dantes.Melaluipenerapanmetodeplayandgamesdiharapkandapatmeningkatkanteknikdasaratletiklanjutanmaterilemparlembinggayacrossstepdarisikluskesiklus.HalinibisadilihatdaripersentasekeberhasilansiswadalammelakukanlemparlembinggayacrossstepsetelahdiberikantindakandarisiklusIdansiklusIIhasilnyaketerampilanpembelajarandarisiklusIsebesar5609%dengankatagorikurangbaikdanpadasiklusIImengalamipeningkatandenganskorketerampilanpembelajaran7521%yangtergolongdalamkatagoricukupdansiklusIIIsebesar8247yangtergolongkatagoribaik.KesimpulanyangdiperolehdaripenelitianiniadalahdenganmenerapkanmetodeplayandgamesdapatmeningkatkanketerampilansiswadalampembelajaranteknikdasaratletiklanjutankhususnyalemparlembinggayacrossstepdiSMPNegeri13Malang.Berdasarkanpenelitianinidisarankanagarpadasekolah-sekolahyanglaindapatmenerapkanmetodeplayandgamespadapembelajarannyasehinggaprosespembelajaranyadapatmenjadilebihoptimal.