Upaya meningkatkan pembelajaran teknik dasar atletik lanjutan materi lempar lembing melalui penerapan metode play and games siswa kelas VIII D di SMP Negeri 13 Malang / Nur Khoirul Muhaimin
Main Author: | Muhaimin, Nur Khoirul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/49718/ |
Daftar Isi:
- KataKunciMeningkatkanPembelajaranTeknikdasarAtletikLanjutanLemparLembingGayaCrossstepMetodePlayandGamesPembelajaranpendidikanjasmaniolahragadankesehatandiSMPNegeri13Malangkhususnyateknikdasarlanjutanmaterilemparlembinggayacrossstepbelumsebagaimanayangdiharapkanhalinidisebabkankarenagurupendidikanjasmanibelummenerapkanmetodeyangbervariasiterhadapprosespembelajaran.BerdasarkanobservasiawalpadakelasVIIIDdiSMPNegeri13Malangdiperolehhasilbahwapenguasaangerakpemahamanmateridanpengembangansikapterhadappembelajaranternyatabelumoptimalsehinggaperluditingkatkanmelaluipenerapanmetodeyanglain.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanpembelajaranteknikdasaratletiklanjutanmaterilemparlembinggayacrossstepmelaluipenerapanmetodePlayandgames.Penelitianinimerupakanjenispenelitiantindakankelasdenganpendekatandeskriptifkuantitatifdandiskriptifkualitatif.Pelaksanaantindakankelasinidilakukanmelalui3siklus1siklus1kalipertemuandimanatiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)pengamatan(4)refleksi.Subjekdalampenelitianiniadalah37siswakelasVIIIDdiSMPNegeri13Malang.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanobservasi(pengamatan)dantes.Melaluipenerapanmetodeplayandgamesdiharapkandapatmeningkatkanteknikdasaratletiklanjutanmaterilemparlembinggayacrossstepdarisikluskesiklus.HalinibisadilihatdaripersentasekeberhasilansiswadalammelakukanlemparlembinggayacrossstepsetelahdiberikantindakandarisiklusIdansiklusIIhasilnyaketerampilanpembelajarandarisiklusIsebesar5609%dengankatagorikurangbaikdanpadasiklusIImengalamipeningkatandenganskorketerampilanpembelajaran7521%yangtergolongdalamkatagoricukupdansiklusIIIsebesar8247yangtergolongkatagoribaik.KesimpulanyangdiperolehdaripenelitianiniadalahdenganmenerapkanmetodeplayandgamesdapatmeningkatkanketerampilansiswadalampembelajaranteknikdasaratletiklanjutankhususnyalemparlembinggayacrossstepdiSMPNegeri13Malang.Berdasarkanpenelitianinidisarankanagarpadasekolah-sekolahyanglaindapatmenerapkanmetodeplayandgamespadapembelajarannyasehinggaprosespembelajaranyadapatmenjadilebihoptimal.