Peningkatan hasil belajar gerakan senam guling depan dengan menggunakan metode part-whole pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 5 Kota Probolinggo / Dennis Reza Pahlevin

Main Author: Pahlevin, Dennis Reza
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/49712/
Daftar Isi:
  • KataKunciHasilBelajarSenamGulingDepanMetodePart-Whole.SMPNegeri5ProbolinggoadalahsalahsatusekolahunggulandiKotaProbolinggo.Sekolahinimemilikisaranadanprasaranaolahragayanglumayanlengkapsepertiadanyalapanganolahragamatrassertaaulayangbiasanyadigunakanuntukkegiatanolahragaindoor.NamunadasebuahpermasalahanyangterjadipadapembelajaransenamgulingkedepanterutamauntukkelasVII-A.BerdasarkanobservasiawalpenelitidiketahuibahwajumlahsiswauntukkelasVII-Asebanyak28siswadanrata-rataskorkeberhasilansiswadalammenguasaigerakansenamlantaigulingkedepanadalah5417%dengantarafkeberhasilankurangbaik.Untukmengatasipermasalahantersebutpenelitibersamagurupendidikanjasmanisekolahtersebutmelakukanpenelitiantindakankelas.TujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanhasilbelajarsenamlantaigulingdepansiswakelasVII-ASMPNegeri5Probolinggoyangmasihmengalamikesulitandenganmenggunakanmetodepart-whole.Penelitianinimerupakanjenispenelitiantindakankelasdenganpendekatandeskriptifkualitatif.Pelaksanaantindakankelasinidilakukanmelaluiduasiklusdimanatiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasi(4)refleksi.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasVII-ASMPNegeri5Probolinggo.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanobservasi(pengamatan)dokumentasites.Hasilpenelitianiniterbuktimampumeningkatkanhasilbelajarsiswadarisikluskesiklus.Halinibisadilihatdaripersentasekeberhasilansiswadalammelakukansenamlantaigulingdepansetelahdiberikantindakandarisiklus1dansiklus2hasilnyahasilbelajardarisiklus1sebesar7321%dengankategoricukupbaikdanpadasiklus2mengalamipeningkatandenganhasilbelajarsebesar9583%dengankategoribaik.Kesimpulanyangdidapatdaripenelitianiniadalahpenggunaanmodelpembelajaranmenggunakanmetodepart-wholedapatmeningkatkanhasilbelajarpadapembelajaransenamgulingdepansiswakelasVII-ASMPNegeri5Probolinggo.Saranberdasarkanpenelitianiniadalahseorangpendidikataugurupendidikanjasmaniharuslebihkreatifdanbervariasidalammemberimateripembelajaranagarsiswatertarikdanmemperhatikanmateripelajaranyangdiberikanmembuatkesepakatandiawalpertemuandanmemberisanksibagiyangmelanggaragarprosespembelajaranbisatetapkondusifdanterkendali.