Peningkatan hasil belajar gerakan senam guling depan dengan menggunakan metode part-whole pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 5 Kota Probolinggo / Dennis Reza Pahlevin
Main Author: | Pahlevin, Dennis Reza |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/49712/ |
Daftar Isi:
- KataKunciHasilBelajarSenamGulingDepanMetodePart-Whole.SMPNegeri5ProbolinggoadalahsalahsatusekolahunggulandiKotaProbolinggo.Sekolahinimemilikisaranadanprasaranaolahragayanglumayanlengkapsepertiadanyalapanganolahragamatrassertaaulayangbiasanyadigunakanuntukkegiatanolahragaindoor.NamunadasebuahpermasalahanyangterjadipadapembelajaransenamgulingkedepanterutamauntukkelasVII-A.BerdasarkanobservasiawalpenelitidiketahuibahwajumlahsiswauntukkelasVII-Asebanyak28siswadanrata-rataskorkeberhasilansiswadalammenguasaigerakansenamlantaigulingkedepanadalah5417%dengantarafkeberhasilankurangbaik.Untukmengatasipermasalahantersebutpenelitibersamagurupendidikanjasmanisekolahtersebutmelakukanpenelitiantindakankelas.TujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanhasilbelajarsenamlantaigulingdepansiswakelasVII-ASMPNegeri5Probolinggoyangmasihmengalamikesulitandenganmenggunakanmetodepart-whole.Penelitianinimerupakanjenispenelitiantindakankelasdenganpendekatandeskriptifkualitatif.Pelaksanaantindakankelasinidilakukanmelaluiduasiklusdimanatiapsiklusterdiridari4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasi(4)refleksi.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasVII-ASMPNegeri5Probolinggo.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanobservasi(pengamatan)dokumentasites.Hasilpenelitianiniterbuktimampumeningkatkanhasilbelajarsiswadarisikluskesiklus.Halinibisadilihatdaripersentasekeberhasilansiswadalammelakukansenamlantaigulingdepansetelahdiberikantindakandarisiklus1dansiklus2hasilnyahasilbelajardarisiklus1sebesar7321%dengankategoricukupbaikdanpadasiklus2mengalamipeningkatandenganhasilbelajarsebesar9583%dengankategoribaik.Kesimpulanyangdidapatdaripenelitianiniadalahpenggunaanmodelpembelajaranmenggunakanmetodepart-wholedapatmeningkatkanhasilbelajarpadapembelajaransenamgulingdepansiswakelasVII-ASMPNegeri5Probolinggo.Saranberdasarkanpenelitianiniadalahseorangpendidikataugurupendidikanjasmaniharuslebihkreatifdanbervariasidalammemberimateripembelajaranagarsiswatertarikdanmemperhatikanmateripelajaranyangdiberikanmembuatkesepakatandiawalpertemuandanmemberisanksibagiyangmelanggaragarprosespembelajaranbisatetapkondusifdanterkendali.