Peningkatan keaktifan siswa pada ranah afektif dalam pembelajaran tolak peluru melalui metode bermain pada siswa kelas VI SDN Cukurgondang I Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan / Khaidar Robbi

Main Author: Robbi, Khaidar
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/49704/
Daftar Isi:
  • KatakuncimetodebermainsiswaaktifpembelajaranTolakPeluruTolakPelurumerupakansalahsatucabangatletikyangdiajarkandisekolahdasar.Berdasarkanhasildataobservasiawalyangdilakukandiperolehdatabahwamasihbanyaksiswayangtidakaktifdalampembelajaran.PembelajaranTolakPelurudiSDNegeriCukurgondangIKecamatanGratiKabupatenPasuruanmasihseringmenggunakanmetodeceramahdandemonstrasiuntukmenyampaikanmaterisertamemberikancontohkepadasiswa.Denganmetodeceramahdandemonstrasibanyaksiswayangtidakseriusdalammengikutipelajaran.Merekakebanyakanasyikbermainsendiritanpamemperhatikanguruyangsedangberceramahdidepankelas.Untukitudalampenelitianiniditerapkanpembelajarandenganmenggunakanmetodebermain.Pembelajarandenganmetodeinimempunyaiciriyaitusiswamerasasenangbersemangatdantekundalammengikutipembelajaran.DenganmetodeinidiharapkansemuasiswadapatlebihaktifdalammengikutipembelajaranTolakPeluru.TujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkankeaktifansiswapadaranahafektifdalammengikutipembelajaranTolakPelurudikelasVISDNegeriCukurgondangI.Dandiharapkanpulapembelajaraniniakanlebihmenarikdandapatberhasildilaksanakanolehpeneliti.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(ClassroomActionResearch).Pelaksanaantindakankelasinidilakukanmelaluiduasiklusdimanatiapsiklusterdiridarisatupertemuandengan4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasi(4)refleksi.SubyekdalampenelitianiniadalahsiswakelasVISDNegeriCukurgondangI.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanobservasidokumentasidancatatanlapangan.HasilobservasiawalpadapenelitianinimenunjukkanketidaktuntasanpadapembelajaranTolakPeluruyangditunjukkandenganindikatorsenang6933%semangat20%dantekunhanya20%.NamunsetelahpertemuanIdanIIdapatdiketahuipeningkatankeaktifanyangsangatberartibagigurupendidikanjasmaniyaituindikatorsenangdari6933%menjadi8266%semangat7066%menjadi80%tekundan7266%menjadi84%.BerdasarkanhasilpenelitianinipenelitimenyarankanbagiguruPendidikanJasmanidiSDbahwametodebermaindapatdijadikanalternatifdalampembelajaranTolakPelurudandapatdisimpulkanbahwadenganmetodebermaindanpenerapanbentuk-bentukpermainandapatmeningkatkankeaktifansiswapadaranahafektifkelasVIdiSDNegeriCukurgondangIKecamatanGratiKabupatenPasuruan.